Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ikan, rumput laut, energi gelombang, menurut tempatnya termasuk sumber daya ...

Ikan, rumput laut, energi gelombang, menurut tempatnya termasuk sumber daya ...

  1. akuatik

  2. teristis

  3. dapat diperbarui

  4. hayati

  5. hewani

Iklan

E. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Sumber daya alam akuatikmerupakan sumber daya alam perairan atau sumber daya alam yang berhubungan dengan laut, danau, sungai, rawa, air hujan, air tanah, dan lain sebagainya.Berikut ini merupakan macam macam sumber daya alam akuatik: a. Ikan Ikan adalah contoh sumber daya alam yang paling mudah dan sering kita jumpai. Ikan dikatakan sebagai sumber daya alam karena memang kegunaannya atau manfaatnya banyak sekali. Ikan selain sebagai sumber makanan bagi manusia, juga merupakan makanan bagi jenis binatang laut lainnya. b. Rumput laut Jenis sumber daya alam akuatik yang selanjutnya adalah rumput laut. Rumput laut merupakan salah satu jenis tumbuhan yang hidup di laut. Rumput laut ini sangat berguna karena bisa dimanfaatkan menjadi beberapa jenis makanan dan bisa pula dikonsumsi secara langsung. c. Mutiara Sumber daya alam akuatik selanjutnya adalah mutiara. Seperti halnya rumput laut, mutiara ini juga dapat kita dapatkan di lautan. Sebenarnya untuk mendapatkan rumput laut ini haruslah melalui kerang terlebih dahulu, karena memang mutiara berasal dari kerang. d. Gelombang Energi yang dihasilkan dari gelombang mampu dijadikan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik tenaga gelombang (PLTGL). Gerakan gelombang yang pasang surut inilah yang nanti mampu memutarkan turbin untuk menghasilkansumberlistrik.

Sumber daya alam akuatik merupakan sumber daya alam perairan atau sumber daya alam yang berhubungan dengan laut, danau, sungai, rawa, air hujan, air tanah, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan macam macam sumber daya alam akuatik:

a. Ikan

Ikan adalah contoh sumber daya alam yang paling mudah dan sering kita jumpai. Ikan dikatakan sebagai sumber daya alam karena memang kegunaannya atau manfaatnya banyak sekali. Ikan selain sebagai sumber makanan bagi manusia, juga merupakan makanan bagi jenis binatang laut lainnya.

b. Rumput laut

Jenis sumber daya alam akuatik yang selanjutnya adalah rumput laut. Rumput laut merupakan salah satu jenis tumbuhan yang hidup di laut. Rumput laut ini sangat berguna karena bisa dimanfaatkan menjadi beberapa jenis makanan dan bisa pula dikonsumsi secara langsung.

c. Mutiara

Sumber daya alam akuatik selanjutnya adalah mutiara. Seperti halnya rumput laut, mutiara ini juga dapat kita dapatkan di lautan. Sebenarnya untuk mendapatkan rumput laut ini haruslah melalui kerang terlebih dahulu, karena memang mutiara berasal dari kerang.

d. Gelombang

Energi yang dihasilkan dari gelombang mampu dijadikan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik tenaga gelombang (PLTGL). Gerakan gelombang yang pasang surut inilah yang nanti mampu memutarkan turbin untuk menghasilkan sumber listrik.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ikan, rumput laut, energi gelombang, menurut tempatnya termasuk sumber daya....

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia