Roboguru

Pertanyaan

Bacalah Teks Ulasan berikut ini!


Judul: Hujan

Penulis: Tere Liye

Tahun Terbit: Januari 2016

Jumlah halaman: 320 Halaman

Genre/kategori: Drama
 

Novel merupakan salah satu bentuk sastra yang telah hadir dari masa ke masa dan belum tergantikan oleh media lain yang lebih canggih. Hal ini wajar karena media seperti film akan tetap bergantung pada teks dalam pembuatannya.

Kemudian, teks yang baik masih ditulis dalam wujud prosa seperti novel terlebih dahulu sebelum dijadikan skenario film. Salah satu novel yang berhasil menyentuh hati masyarakat adalah Novel Hujan karya Tere Liye.

Novel ini menceritakan kisah cinta, persahabatan, sekaligus dilema dalam perpisahan dan perpecahannya pula. Hujan adalah sub-tema yang menyelubungi keseluruhan isi dari novel; ungkapan yang disisipkan melalui majas alegori yang apik.

Pembaca akan merasakan banyak keterkaitan dengan novel ini. Bagaimana masalah terus menerpa dan harus dilalui secara seksama dan bersama-sama. Cinta, marah, suka dan duka terpancar dari kisah keseharian yang terjadi di dalamnya.

Novel ini memiliki jumlah tokoh yang singset namun kuat. Tokoh utamanya merupakan seorang perempuan yang menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal dalam bencana alam. Bahkan Lail yang merupakan tokoh utama tersebut menyaksikan sendiri bagaimana ibunya tidak selamat dari kejamnya bencana itu.

Dari sinilah cerita ini dimulai. Lail kemudian memiliki motivasi lebih agar bisa membantu menyelamatkan orang lain. Profesi yang dipilihnya adalah menjadi perawat. Seperti novel Tere Liye yang lain novel ini juga penuh kejutan dari pemutarbalikan alur (plot twist) yang khas.

Pemutarbalikan alur khas ala Tere Liye masih menjadi aspek unggulannya dalam novel ini. Kebanyakan pembaca tidak akan menduga berbagai plot twist di dalamnya Ceritanya sangat menarik dan cenderung mudah dipahami oleh pembaca. Bahasa yang digunakan sederhana namun tetap indah.

Beberapa peristiwa terlalu terkesan dipaksakan. Salah satu contohnya adalah ketika terjadi bencana alam yang besar ternyata masih ada bangunan yang tidak rusak dan utuh. Padahal rasanya kejadian itu tidak mungkin terjadi karena skala bencana yang sangat besar tersebut.

Cerita dalam buku ini sangatlah menarik. Ditambah dengan penokohan yang kuat dan terfokus akan membuat pembacanya semakin terkait dan terhanyut oleh ceritanya. Belum lagi melalui plot-twist khas Tere Liye, pembaca akan dibuat berdebar-debar dan penasaran untuk mengetahui akhir kisahnya.space 

Identifikasilah strukturnya ke dalam tabel berikut ini!


space 

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya seperti film, drama, atau sebuah buku. 

Struktur teks ulasan adalah sebagai berikut.

  • Identitas karya, yaitu bagian yang memaparkan identitas karya yang diulas seperti judul, pengarang, tahun terbit, genre, dan sebagainya.
  • Orientasi, yaitu bagian  yang menjelaskan tentang gambaran umum sebuah karya baik film, drama maupun sebuah buku yang akan diulas. 
  • Sinopsis, yaitu ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi karya yang diulas.
  • Analisis, yaitu  penjabaran keberadaan unsur-unsur cerita seperti tema, penokohan, dan alur.
  • Evaluasi, yaitu berupa penjabaran tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya. Pada bagian ini, pengulas mengevaluasi atau mengungkapkan pandangannya terhadap hasil karya yang diulas. Pengulas mengevaluasi bagian yang mempunyai nilai dan bagian yang kurang.

Dengan demikian, struktur identitas karya pada soal di atas adalah sebagai berikut.

undefined 

10

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Identitas karya perlu ditulis dalam teks ulasan ...

164

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia