Pertanyaan

Perhatikan bacaan berikut!


Drs. H. Mohammad Hatta


    Drs. H. Mohammad Hatta lahir di Fort de Kock, Sumatra Barat, 12 Agustus 1902. Beliau merupakan seorang pejuang, negarawan, dan juga Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Beliau mundur dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956. Hatta dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Bandar Udara Internasional Jakarta menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasanya sebagai salah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia.

    Bung Hatta adalah nama salah seorang dari beribu pahlawan yang pernah memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan Indonesia. Sosok Bung Hatta telah menjadi begitu dekat dengan hati rakyat Indonesia karena perjuangan dan sifatnya yang begitu merakyat. Bung Hatta mendapat predikat sebagai "The Founding Father's of Indonesia" karena besarnya peran beliau dalam perjuangan negeri ini.

    Berbagai tulisan dan kisah perjuangan Mohammad Hatta telah ditulis dan dibukukan, mulai dari masa kecil, remaja, dewasa dan perjuangan beliau untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Bung Hatta wafat di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun.space 


Sumber: diolah dari http://www.biografiku.com/2009/08/biografi-mohammad-hatta.html

Identifikasilah struktur teks biografi tersebut!

Identifikasilah struktur teks biografi tersebut!space 

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

identifikasilah struktur teks biografi tersebut:

identifikasilah struktur teks biografi tersebut:

Pembahasan

Teks biografi adalah teks yang berisikan tentang cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, baik berupa masalahnya ataupun kelebihannyayang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut dapat diteladani orang banyak. Teks biografi memiliki struktur teks tersendiri yang membedakannya dengan teks lain. Struktur teks biografi: Orientasi (pengenalan tokoh) Peristiwa penting (perjalanan penting hidup tokoh) Reorientasi (penutup, cerita akhir yang terdapat pendapat penulis) Berdasarkan pengertian tersebut, struktur teks biografi Drs. H. Mohammad Hatta: Orientasi (pengenalan tokoh): Paragraf 1 karena berisi pengenalan tokoh Drs. H. Mohammad Hatta berupa tanggal lahir, jabatan, dan penggunaan nama Drs. H. Mohammad Hatta sebagai penghormatan terhadap jasanya. Hal ini dapat dilihat pada salah satu kalimat, yaitu “Drs. H. Mohammad Hatta lahir di Fort de Kock, Sumatra Barat, 12 Agustus 1902. Peristiwa penting (perjalanan penting hidup tokoh): Paragraf 2 karena berisi perjalanan penting tokoh berupa predikat “The Founding Father's of Indonesia" karena peran beliau dalam perjuangan negeri ini. Hal ini terdapat pada kalimat, “Bung Hatta mendapat predikat sebagai "The Founding Father's of Indonesia" karena besarnya peran beliau dalam perjuangan negeri ini. Reorientasi (penutup, cerita akhir yang terdapat pendapat penulis): Paragraf 3 karena berisi akhir biografi tokoh, yaitu tanggal Bung Hatta wafat. Hal ini dapat dilihat pada kalimat, “Bung Hatta wafat di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun.” Dengan demikian, identifikasilah struktur teks biografi tersebut: Struktur orientasi terdapat pada paragraf 1 karena berisi pengenalan tokoh Drs. H. Mohammad Hatta berupa tanggal lahir, jabatan, dan penggunaan nama Drs. H. Mohammad Hatta sebagai penghormatan terhadap jasanya. Hal ini dapat dilihat pada salah satu kalimat, yaitu “Drs. H. Mohammad Hatta lahir di Fort de Kock, Sumatra Barat, 12 Agustus 1902. " Strukturperistiwa penting terdapat pada paragraf 2 karena berisi perjalanan penting tokoh berupa predikat “The Founding Father's of Indonesia" karena peran beliau dalam perjuangan negeri ini. Hal ini terdapat pada kalimat, “Bung Hatta mendapat predikat sebagai "The Founding Father's of Indonesia" karena besarnya peran beliau dalam perjuangan negeri ini. Struktur reorientasi terdapat pada paragraf 3 karena berisi akhir biografi tokoh, yaitu tanggal Bung Hatta wafat. Hal ini dapat dilihat pada kalimat, “Bung Hatta wafat di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun.”

Teks biografi adalah teks yang berisikan tentang cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, baik berupa masalahnya ataupun kelebihannya yang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut dapat diteladani orang banyak.

Teks biografi memiliki struktur teks tersendiri yang membedakannya dengan teks lain.

Struktur teks biografi:

  • Orientasi (pengenalan tokoh)
  • Peristiwa penting (perjalanan penting hidup tokoh)
  • Reorientasi (penutup, cerita akhir yang terdapat pendapat penulis)

Berdasarkan pengertian tersebut, struktur teks biografi Drs. H. Mohammad Hatta:

  • Orientasi (pengenalan tokoh): Paragraf 1 karena berisi pengenalan tokoh Drs. H. Mohammad Hatta berupa tanggal lahir, jabatan, dan penggunaan nama Drs. H. Mohammad Hatta sebagai penghormatan terhadap jasanya. Hal ini dapat dilihat pada salah satu kalimat, yaitu “Drs. H. Mohammad Hatta lahir di Fort de Kock, Sumatra Barat, 12 Agustus 1902.
  • Peristiwa penting (perjalanan penting hidup tokoh): Paragraf 2 karena berisi perjalanan penting tokoh berupa predikat “The Founding Father's of Indonesia" karena peran beliau dalam perjuangan negeri ini. Hal ini terdapat pada kalimat, “Bung Hatta mendapat predikat sebagai "The Founding Father's of Indonesia" karena besarnya peran beliau dalam perjuangan negeri ini.
  • Reorientasi (penutup, cerita akhir yang terdapat pendapat penulis): Paragraf 3 karena berisi akhir biografi tokoh, yaitu tanggal Bung Hatta wafat. Hal ini dapat dilihat pada kalimat, “Bung Hatta wafat di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun.”

 


Dengan demikian, identifikasilah struktur teks biografi tersebut:

  • Struktur orientasi terdapat pada paragraf 1 karena berisi pengenalan tokoh Drs. H. Mohammad Hatta berupa tanggal lahir, jabatan, dan penggunaan nama Drs. H. Mohammad Hatta sebagai penghormatan terhadap jasanya. Hal ini dapat dilihat pada salah satu kalimat, yaitu “Drs. H. Mohammad Hatta lahir di Fort de Kock, Sumatra Barat, 12 Agustus 1902."
  • Struktur peristiwa penting terdapat pada paragraf 2 karena berisi perjalanan penting tokoh berupa predikat “The Founding Father's of Indonesia" karena peran beliau dalam perjuangan negeri ini. Hal ini terdapat pada kalimat, “Bung Hatta mendapat predikat sebagai "The Founding Father's of Indonesia" karena besarnya peran beliau dalam perjuangan negeri ini.
  • Struktur reorientasi terdapat pada paragraf 3 karena berisi akhir biografi tokoh, yaitu tanggal Bung Hatta wafat. Hal ini dapat dilihat pada kalimat, “Bung Hatta wafat di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun.”space 

2rb+

5.0 (2 rating)

Alyssa J Purba

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat di atas merupakan salah satustruktur autobiografi bagian ...

489

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia