Roboguru

Identifikasilah lima faktor pendukung terbentuknya hubungan sosial positif!

Pertanyaan

Identifikasilah lima faktor pendukung terbentuknya hubungan sosial positif! space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan interaksi sosial dan poin yang ditanyakan adalah faktor pendorong interaksi sosial.

Interaksi sosial dimaknai sebagai hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan memiliki tujuan yang jelas. Interaksi sosial merupakan proses yang cukup kompleks dan dilandasi oleh beberapa faktor sebagai berikut.

  1. Imitasi.Tindakan meniru pada diri orang lain secara sebagian misalnya dalam bentuk tingkah laku, gaya bicara, kebiasaan, maupun pola pikir. Sebelum meniru orang lain diawali dengan adanya sikap menerima, mengagumi sesuatu yang akan ditiru. Imitasi memiliki peran penting dalam interaksi sosial karena mendorong seseorang mematuhi nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
  2. Sugesti. Tindakan memberi pandangan atau sikap yang dianut agar diterima orang lain. Sugesti biasanya berasal dari orang yang berwibawa, memiliki pengaruh kuat, dan memiliki kedudukan yang tinggi dari orang yang diberi sugesti.
  3. Identifikasi. Tindakan meniru orang lain secara keseluruhan sehingga individu yang meniru bisa sama persis dengan orang yang ditiru. Identifikasi merupakan imitasi yang mendalam dan membentuk kepribadian seseorang.
  4. Simpati. Ketertarikan seseorang kepada orang lain di mana seseorang menempatkan dirinya seperti kondisi yang dialami, dipikirkan,dan dirasakan orang lain. Contoh: ketika ada saudara kita yang tertimpa musibah, kita ikut merasakan sedih.
  5. Empati. Simpati yang mendalam yang mempengaruhi kondisi fisik dan psikis seseorang. Contoh: seorang ibu yang melihat anaknya berada di daerah bencana kemudian memikirkan hal tersebut hingga jatuh sakit. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interaksi sosial!

Pembahasan Soal:

Pada poin ini yang ditanyakan adalah faktor-faktor penyebab terjadinya interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Terdapat beberapa faktor pendorong terjadinya interaksi sosial, yaitu : 

  1. Imitasi, adalah suatu proses belajar dengan cara meniru atau mengikuti perilaku orang lain.
  2. Identifikasi, adalah suatu dorongan untuk menjadi identik (sama) dengan orang lain. Proses identifikasi memerlukan suatu figur yang ideal bagi pelakunya.
  3. Sugesti, adalah suatu pendapat, pandangan, dan sikap yang diberikan pada orang lain dan diterima oleh pihak lain sehingga orang tersebut mengikuti pandangan/pengaruh tersebut.
  4. Simpati, Merupakan rasa tertarik pada orang lain yang seolah-olah berada dalam keadaan orang lain yang dapat memunculkan perasaan emosional tertentu (sedih, senang).
  5. Empati, adalah kepeduliaan terhadap orang lain atau kelompok lain yang ditandai dengan tindakan nyata.space space space space 
Roboguru

Perhatikan tabel di bawah ini!  Yang merupakan faktor interaksi sosial ditunjukkan nomor... .

Pembahasan Soal:

Menurut ahli Sosiologi Soerjono Soekanto, terdapat beberapa faktor yang mendasari interaksi sosial, yaitu:

  1. Imitasi adalah tindakan meniru orang lain, baik sikap, tingkah laku, maupun penampilan fisiknya.
  2. Sugesti adalah pengaruh atau pandangan yang diberikan satu pihak kepada pihak lain, sehingga ada proses saling mempengaruhi dan menerima pandangan tersebut secara ataupun tidak, tanpa berpikir panjang.
  3. Identifikasi yaitu kecenderungan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain, umumnya orang yang diidolakan. Identifikasi adalah bentuk lanjutan dari proses imitasi dan sugesti yang memiliki pengaruh yang sangat kuat. 
  4. Simpati adalah suatu proses dimana seseorang merasa tertarik dengan orang lain sehingga ingin mengerti pihak lain untuk semakin memahaminya. 
  5. Empati mirip dengan simpati. Namun, pada empati kita benar-benar merasakan hal yang sama dengan apa yang dirasakan orang lain.space 
  6. Motivasi mirip dengan sugesti namun lebih rasional. Motivasi memberikan pengaruh kepada orang lain namun tetap dapat diterima secara lebih kritis, rasional dan bertanggung jawab. 

Jadi, berdasarkan penjelasan diatas maka jawaban yang tepat terkait faktor-faktor yang mendasari interaksi sosial berdasarkan tabel dalam soal adalah nomor 1, 2, 3 dan 5.  

Roboguru

Pemerintah daerah melakukan relokasi penduduk yang ada di daerah rawan bencana ke tempat yang lebih aman. Untuk itu pemerintah daerah setempat melakukan dialog dengan para warga yang akan dipindah aga...

Pembahasan Soal:

Pemeritah daerah setempat yang melakukan dialog dengan para warga menunjukkan telah terjadinya interaksi sosial di antara kedua pihak. Faktor pendorong interaksi yang terjadi berdasarkan pernyataan pada soal berupa motivasi. Adapun pengertian dari motivasi adalah dorongan yang diberikan oleh individu/kelompok kepada individu/kelompok lain. Motivasi dapat mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu bersama dengan sikap kritis dan akal budinya. Dialog yang dilaksanakan bertujuan untuk memindahkan warga (relokasi) ke tempat yang lebih aman. Tujuan tersebut menjadi faktor pendorong terjadinya interaksi sosial antara pemerintah daerah dengan para warga.

Roboguru

Perbedaan imitasi dengan identifikasi adalah ....

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah faktor-faktor pendorong interaksi sosial

Identifikasi adalah kecenderungan yang ada dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain, sedangkan  Imitasi adalah suatu proses belajar dengan cara meniru atau mengikuti perilaku orang lain. Pada proses imitasi peniruan dilakukan tidak sampai mendalam hanya pada saat tertentu dan bersifat tidak tetap, sedangkan pada proses identifikasi peniruan berlangsung secara mendalam karena individu ingin persis sama dengan idolanya, sehingga identifikasi berlangsung secara permanen

Jadi jawaban yang tepat adalah identifikasi berlangsung permanen sedangkan imitasi bersifat sementaraspace space(D)

Roboguru

Bacalah kedua potongan berita berikut!   BERITA 1 JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengata...

Pembahasan Soal:

Dalam berita 1 dijelaskan bahwa BNPB memberikan bantuan dari dana siap pakai sebesar Rp2,25 miliar untuk penanganan banjir dan longsor di Provinsi Bengkulu. Bantuan diberikan kepada BPBD kabupaten/kota sesuai tingkat kerusakan akibat bencana. Hal tersebut menunjukkan faktor empati, yaitu kepedulian yang diberikan oleh seseorang/kelompok terhadap seseorang/kelompok lain yang ditandai dengan tindakan nyata dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh orang lain.

Dalam berita 2 dijelaskan bahwa pemerintah Indonesia menyampaikan rasa duka cita mendalam kepada Menlu Tiongkok, Wang Yi, atas bencana gempa di Provinsi Yunnan, Tiongkok. Hal tersebut menunjukkan faktor simpati, yaitu kondisi menempatkan dirinya dalam keadaan orang lain dan merasakan apa yang dialami, dipikirkan, atau dirasakan orang lain.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved