Pertanyaan

Identifikasi reaksi yang merupakan reaksi redoks dan reaksi yang bukan redoks. Jika reaksi redoks, tentukan apakah reaksi tersebut yang merupakan reaksi auto redoks. PbS ( s ) + 4 H 2 ​ O 2 ​ ( aq ) → PbSO 4 ​ ( aq ) + 4 H 2 ​ O ( l )

Identifikasi reaksi yang merupakan reaksi redoks dan reaksi yang bukan redoks. Jika reaksi redoks, tentukan apakah reaksi tersebut yang merupakan reaksi auto redoks.

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Reaksi tersebut termasuk reaksi redoks namun tidak termasuk autoredoks. Reaksi oksidasi adalah reaksi yang mengalami peningkatan bilangan oksidasi, sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi yang mengalami penurunan bilangan oksidasi. Reaksi autoredoks (disproporsionasi) adalah reaksi redoks dengan zat yang mengalami oksidasi sama dengan yang mengalami reduksi. Sedangkan reaksi antiautoredoks (konproporsionasi) adalah reaksi redoks dengan zat hasil oksidasi sama dengan zat hasil reduksi. Pada soal: Biloks Spada PbS yaitu -2menjadi +6pada PbSO 4 ​ (oksidasi) Biloks O pada H 2 ​ O 2 ​ yaitu -1menjadi -2pada H 2 ​ O (reduksi) Berdasarkan penjelasan tersebut, tidak ada zat yang mengalami reaksi reduksi dan oksidasi sekaligus, sehingga reaksi tersebut termasuk reaksi redoks namun bukan termasuk autoredoks.

Reaksi tersebut termasuk reaksi redoks namun tidak termasuk autoredoks.

Reaksi oksidasi adalah reaksi yang mengalami peningkatan bilangan oksidasi, sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi yang mengalami penurunan bilangan oksidasi.

Reaksi autoredoks (disproporsionasi) adalah reaksi redoks dengan zat yang mengalami oksidasi sama dengan yang mengalami reduksi. Sedangkan reaksi antiautoredoks (konproporsionasi) adalah reaksi redoks dengan zat hasil oksidasi sama dengan zat hasil reduksi. Pada soal:

  • Biloks S pada yaitu -2 menjadi +6 pada (oksidasi)
  • Biloks O pada yaitu -1 menjadi -2 pada (reduksi)

Berdasarkan penjelasan tersebut, tidak ada zat yang mengalami reaksi reduksi dan oksidasi sekaligus, sehingga reaksi tersebut termasuk reaksi redoks namun bukan termasuk autoredoks.

22

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Identifikasi reaksi yang merupakan reaksi redoks dan reaksi yang bukan redoks. Jika reaksi redoks, tentukan apakah reaksi tersebut yang merupakan reaksi auto redoks. 4 CuS ( s ) + 2 CuO ( s ) → 3 C...

27

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia