Iklan

Iklan

Pertanyaan

Identifikasi reaksi berikut ke dalam reaksi reduksi atau oksidasi! 2 Cu + O 2 ​ → 2 CuO (Reaksi .....) Fe 2 ​ O 3 ​ → 2 Fe + 2 3 ​ O 2 ​ (Reaksi .....) Fe 2 + → Fe 3 + + e (Reaksi .....) Cl 2 ​ + 2 e → 2 Cl − (Reaksi .....) MnO 4 − → Mn 2 + (Reaksi .....)

Identifikasi reaksi berikut ke dalam reaksi reduksi atau oksidasi!

  1.  (Reaksi .....)
  2.  (Reaksi .....)
  3.  (Reaksi .....)
  4.  (Reaksi .....)
  5.  (Reaksi .....)

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Reaksi redoks merupakan reaksi reduksi dan oksidasi yang berkaitan dengan 3hal: Pengikatan dan pelepasan oksigen. Reaksi oksidasi adalah reaksi pengikatan oksigen, sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi pelepasan oksigen. Penangkapan dan pelepasan elektron. Reaksi oksidasi adalah reaksi pelepasan elektron, sedangkan reaksi reduksi adalah penangkapan elektron. Kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi. Reaksi oksidasi adalah reaksi yang spesi nya mengalami kenaikan biloks, sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi spesi nya yang mengalami penurunan biloks. Berdasarkan penjelasan di atas. Jenis reaksi berikut adalah merupakan reaksi oksidasi karena logam tembaga mengikat oksigen dan membentuk senyawa tembaga (II) oksida. merupakan reaksi reduksi karena logam besi (III) oksida melepaskan oksigen menjadi logam besi. merupakan reaksi oksidasi karena Besi (II) melepas elektron. merupakan reaksi reduksi karena gas klorin mengikat elektron. merupakan reaksi reduksi karena biloks Mangan turun dari +7 menjadi +2. Jadi, jawaban yang benar adalah sesuai pernyataan di atas.

Reaksi redoks merupakan reaksi reduksi dan oksidasi yang berkaitan dengan 3 hal:

  1. Pengikatan dan pelepasan oksigen. Reaksi oksidasi adalah reaksi pengikatan oksigen, sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi pelepasan oksigen. 
  2. Penangkapan dan pelepasan elektron. Reaksi oksidasi adalah reaksi pelepasan elektron, sedangkan reaksi reduksi adalah penangkapan elektron.
  3. Kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi. Reaksi oksidasi adalah reaksi yang spesi nya mengalami kenaikan biloks, sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi spesi nya yang mengalami penurunan biloks.

Berdasarkan penjelasan di atas. Jenis reaksi berikut adalah

  1.  begin mathsize 14px style 2 Cu and O subscript 2 yields 2 Cu O end style merupakan reaksi oksidasi karena logam tembaga mengikat oksigen dan membentuk senyawa tembaga (II) oksida.
  2. begin mathsize 14px style Fe subscript 2 O subscript 3 yields 2 Fe and 3 over 2 O subscript 2 end style merupakan reaksi reduksi karena logam besi (III) oksida melepaskan oksigen menjadi logam besi.
  3. begin mathsize 14px style Fe to the power of 2 plus sign yields Fe to the power of 3 plus sign and e end style merupakan reaksi oksidasi karena Besi (II) melepas elektron.
  4. begin mathsize 14px style Cl subscript 2 and 2 e yields 2 Cl to the power of minus sign end style merupakan reaksi reduksi karena gas klorin mengikat elektron.
  5. begin mathsize 14px style Mn O 4 to the power of minus sign yields Mn to the power of 2 plus sign end style merupakan reaksi reduksi karena biloks Mangan turun dari +7 menjadi +2.

Jadi, jawaban yang benar adalah sesuai pernyataan di atas.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

96

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengertian reaksi redoks menurut tiga konsep perkembangannya!

7

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia