Roboguru

Identifikasi perlawanan rakyat Indonesia yang dise...

Identifikasi perlawanan rakyat Indonesia yang disebabkan oleh faktor agama, sosial, dan ekonomi!

Jawaban:

Perlawanan rakyat Indonesia yang disebabkan oleh faktor agama dianataranya adanya Perang Padri (1803-1838) dan Perlawanan Rakyat Batak (1979-1907). Perang Padri diawali dengan konflik antara Kaum Padri dengan Kaum Adat. Kaum Padri yang terdiri dari para ulama mengingnkan adanya pembaruan agama Islam di Minangkabau. Mereka ingin mengubah kebiasaan rakyat seperti mabuk-mabukan, berjudi, bahkan ingin menghapus sistem garis keturunan berdasarkan ibu (matrilineal). Kaum Adat yang tidak menerima adanya pembaruan tersebut berseteru dengan Kaum Padri. Kondisi tersebut lalu dimanfaatkan Belanda untuk bekerja sama dengan Kaum Adat guna melawan Kaum Padri. Perlawanan rakyat Batak di latarbelakangi oleh bangsa Belanda yang berusaha menguasai seluruh tanah Batak dan disertai dengan penyebaran agama Kristen.

Perlawanan rakyat Indonesia yang disebabkan faktor sosial adalah Pemberontakan Petani Banten pada tahun 1888. Pemberontakan ini dilatarbelakangi oleh kondisi rakyat Banten yang menderita akibat kebijakan kolonial, dan adanya ramalan sosok ratu adil yang hendak mengubah nasib mereka. Rakyat Banten dipimpin oleh para haji menyerang para pejabat Belanda dan pejabat lokal yang dianggap telah merugikan mereka.

Perlawanan rakyat Indonesia yang disebabkan faktor ekonomi diantaranya adalah Perang Patimura (1817). Penyebab dari perang ini adalah Belanda berusaha menguasai Maluku dengan monopoli perdagangan serta diberlakukan kembali sistem penyerahan wajib dan kerja wajib. Rakyat Maluku yang dipimpin Thomas Matulessy (Pattimura) menolaknya dan melakukan perlawanan terhadap Belanda. Pertempuran sengit terjadi di benteng Duurstede, Saparua.


Dengan demikian Perlawanan rakyat Indonesia yang disebabkan oleh faktor agama, sosial, dan ekonomi diantaranya Perang Padri dan Perlawanan Rakyat Batak, Pemberontakan Petani Banten, dan Perang Patimura.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved