Roboguru

Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah....

Pertanyaan

Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah....space

Pembahasan Soal:

Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan utama. Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok.

Kalimat utama sendiri adalah sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok, ataupun ide utama pada suatu paragraf. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir.

Ada beberapa cara menemukan ide pokok dalam paragraf, yaitu:

  1. Baca seluruh paragraf dengan cermat.
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir.
  3. Baca tiap kalimatnya
  4. Tandai ide pokok
  5. Tandai info penting

Berikut ini adalah analisis kalimat utama dan ide pokok pada paragraf di atas, yaitu:

  • Kalimat utamanya terdapat pada awal kalimat yang berbunyi "Bahan koleksi perpustakaan dikelompokkan berdasarkan fungsinya".
  • Berdasarkan kalimat utama di atas, maka ide pokoknya adalah "Pengelompokkan koleksi perpustakaan berdasarkan fungsinya".


Dengan demikian, ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah "Pengelompokkan koleksi perpustakaan berdasarkan fungsinya".space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ide pokok bacaan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. 

Langkah-langkah menentukan ide pokok:

  1. Baca seluruh paragraf dengan cermat.
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir.
  3. Baca kalimat demi kalimat hingga menemukan ide pokok paragraf.
  4. Tandai ide pokok setiap paragraf.
  5. Tandai info penting dalam setiap paragraf.

Ide pokok paragraf dapat terletak pada awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.

Ide pokok paragraf pada teks tersebut terdapat pada awal paragraf, yaitu “Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan.”


Dengan demikian, ide pokok bacaan tersebut adalah “Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan.”space  

0

Roboguru

Apa ide pokok pada paragraf pertama?

Pembahasan Soal:

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok berupa gagasan utama dari sebuah topik yang dapat dikembangkan dalam kalimat penjelas. Ide pokok terletak di kalimat pertama, terakhir, atau pertama dan akhir.
Paragraf pertama pada teks adalah Burung termasuk jenis unggas. Burung memiliki ciri-ciri yang sama hewan unggas lainnya. Ciri-ciri burung adalah permukaan kulitnya ditutupi bulu, memiliki paruh, memiliki sepasang kaki, dan sepasang sayap.
Ide pokok paragraf tersebut terletak pada kalimat pertama yaitu burung termasuk jenis unggas. Kalimat selanjutnya yaitu Burung memiliki ciri-ciri yang sama hewan unggas lainnya. Ciri-ciri burung adalah permukaan kulitnya ditutupi bulu, memiliki paruh, memiliki sepasang kaki, dan sepasang sayap termasuk penjelasan.

Dengan demikian, ide pokok pada paragraf pertama adalah burung termasuk jenis unggas.space

0

Roboguru

Ide pokok yang terdapat dalam paragraf ketiga adalah ....

Pembahasan Soal:

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Berikut adalah cara untuk menemukan ide pokok:

  • Membaca seluruh teks dengan cermat
  • Mencermati kalimat pertama hingga akhir
  • Membaca tiap kalimatnya
  • Menemukan kalimat utama setiap paragraf
  • Menandai ide pokok pada setiap paragraf
  • Menandai info penting setiap paragraf

Paragraf ketiga teks di atas memiliki ide pokok prestasi dapat diraih melalui perjuangan, ketekunan, dan kemauan kuat. Hal ini berdasarkan kalimat utama pada paragraf ketiga, yaitu "Semua prestasi yang diraih Ahmad tersebut tentu saja diperoleh melalui perjuangan dan ketekunan."

Dengan demikian, ide pokok yang terdapat dalam paragraf ketiga adalah prestasi dapat diraih melalui perjuangan, ketekunan, dan kemauan kuat.space 

0

Roboguru

Apa kalimat utama yang terdapat pada paragraf ketiga?

Pembahasan Soal:

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama/gagasan pokok pada suatu paragraf. Gagasan utama biasanya permasalahan atau topik yang dapat dikembangkan secara rinci dalam kalimat penjelas. Kalimat utama terletak di kalimat pertama, terakhir, atau pertama dan akhir.
Berdasarkan teks, paragraf ketiga adalah Ada beberapa jenis burung yang tidak dapat terbang. Misalnya, burung unta dan penguin. Kedua jenis burung tersebut tidak menggunakan sayapnya untuk terbang. Burung unta lebih sering menggunakan kaki untuk berlari saat berada dalam bahaya, sedangkan penguin menggunakan kakinya untuk membantunya berenang dan menyelam di dalam air ketika mencari makan. Kalimat utama paragraf tersebut adalah ada beberapa jenis burung yang tidak dapat terbang. Kalimat selanjutnya Misalnya, burung unta dan penguin. Kedua jenis burung tersebut tidak menggunakan sayapnya untuk terbang. Burung unta lebih sering menggunakan kaki untuk berlari saat berada dalam bahaya, sedangkan penguin menggunakan kakinya untuk membantunya berenang dan menyelam di dalam air ketika mencari makan termasuk kalimat penjelasan.

Dengan demikian, kalimat utama yang terdapat pada paragraf ketiga adalah Ada beberapa jenis burung yang tidak dapat terbang.space

0

Roboguru

Apa ide pokok yang terdapat pada paragraf kedua dan ketiga?

Pembahasan Soal:

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok berupa gagasan utama dari sebuah topik yang dapat dikembangkan dalam kalimat penjelas. Ide pokok terletak di kalimat pertama, terakhir, atau pertama dan akhir.
Berdasarkan teks, paragraf kedua adalah Beberapa jenis burung dapat terbang menggunakan sayapnya. Pada tulang sayap burung terdapat rongga yang memudahkannya untuk terbang. Saat terbang burung menggerakkan otot sayapnya untuk mengepakkan sayap. Otot-otot tersebut yang menjadi tenaga pendorong untuk dapat terbang ke angkasa. Ide pokok paragraf tersebut adalah beberapa burung terbang dengan sayap. Kalimat selanjutnya tentang cara sayap burung untuk dapat terbang termasuk gagasan penjelas.
Berdasarkan teks, paragraf ketiga adalah Ada beberapa jenis burung yang tidak dapat terbang. Misalnya, burung unta dan penguin. Kedua jenis burung tersebut tidak menggunakan sayapnya untuk terbang. Burung unta lebih sering menggunakan kaki untuk berlari saat berada dalam bahaya, sedangkan penguin menggunakan kakinya untuk membantunya berenang dan menyelam di dalam air ketika mencari makan. Ide pokok paragraf tersebut adalah ada beberapa burung tidak dapat terbang. Kalimat selanjutnya tentang jenis burung unta dan penguin yang tidak bisa terbang termasuk gagasan penjelas.

Dengan demikian, ide pokok paragraf kedua adalah beberapa burung dapat terbang menggunakan sayap dan ide pokok paragraf ketiga adalah beberapa burung tidak dapat terbang.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved