Roboguru

Ide pokok paragraf kedua terdapat pada kalimat angka ...

Pertanyaan

Ide pokok paragraf kedua terdapat pada kalimat angka ...undefined 

  1. 1)undefined 

  2. 2)undefined 

  3. 3)undefined 

  4. 4)undefined 

  5. 5)undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi dari redaksi terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu bisa meliputi masalah politik, masalah sosial, juga masalah ekonomi. Dalam penulisan teks editorial terdapat ide pokok yang melandasi ide atau topik yang disampaikan dalam teks.

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok terletak di kalimat utama dalam paragraf. Kalimat utama pada paragraf dua ialah KPK dianggap belum mampu menjangkau kasus-kasus korupsi politik yang melibatkan para petinggi negeri.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 20 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Carilah ide pokok tiap paragraf dalam teks editorial tersebut!

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu atau masalah aktual. 

Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. 

Langkah-langkah menentukan ide pokok:

  1. Baca seluruh paragraf dengan cermat.
  2. Cermati kalimat pertama hingga akhir.
  3. Baca kalimat demi kalimat hingga menemukan ide pokok paragraf. Dalam suatu paragraf, ide pokok biasanya terletak di awal, akhir, atau awal dan akhir paragraf.
  4. Tandai ide pokok setiap paragraf.
  5. Tandai info penting dalam setiap paragraf.
  • Ide pokok paragraf pertama:

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Banjir wisatawan di sejumlah objek wisata di DIY selama libur Lebaran menyisakan banyak masalah, terutama berkaitan dengan penanganan sampah.” Berdasarkan kalimat tersebut, ide pokok paragraf pertama adalah  banjir wisatawan di DIY selama libur Lebaran menyisakan masalah penanganan sampah. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

  • Ide pokok paragraf kedua:

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Masalah penanganan sampah selama libur Lebaran, hampir selalu terjadi tiap tahun.” Berdasarkan kalimat tersebut, ide pokok paragraf kedua adalah masalah penanganan sampah selama libur Lebaran terjadi setiap tahun. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

  • Ide pokok paragraf ketiga:

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Dari berbagai kajian, pokok masalah terletak pada kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah di tempatnya.” Berdasarkan kalimat tersebut, ide pokok paragraf ketiga adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah di tempatnya. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

  • Ide pokok paragraf keempat:

​​​​Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Berbagai upaya penyadaran masyarakat dengan terus mengimbau agar para wisatawan membuang sampah pada tempatnya, juga menjadi terobosan yang harus terus ditingkatkan.”  Berdasarkan kalimat tersebut, ide pokok paragraf keempat adalah upaya penyadaran masyarakat dengan mengimbau para wisatawan membuang sampah pada tempatnya harus terus ditingkatkan. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

  • Ide pokok paragraf kelima:

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Pemerintah sebagai pemangku kebijakan juga harus membuat aturan tegas tentang pengelolaan sampah, baik dalam hal pengelolaannya maupun sanksi bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan.” Berdasarkan kalimat tersebut, ide pokok paragraf kelima adalah pemerintah harus membuat aturan tegas tentang pengelolaan sampah. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

  • Ide pokok paragraf keenam:

Pada paragraf tersebut terdapat kalimat, “Dalam hal pengelolaan sampah, masyarakat Indonesia harus banyak belajar kepada masyarakat di Jepang.” Berdasarkan kalimat tersebut, ide pokok paragraf keenam adalah masyarakat Indonesia harus banyak belajar kepada masyarakat di Jepang dalam hal pengelolaan sampah. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf, sedangkan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

Dengan demikian, ide pokok tiap paragraf dalam teks editorial tersebut:

  • Ide pokok paragraf pertama: Banjir wisatawan di DIY selama libur Lebaran menyisakan masalah penanganan sampah.space 
  • Ide pokok paragraf kedua: Masalah penanganan sampah selama libur Lebaran terjadi setiap tahun.
  • Ide pokok paragraf ketiga: Masalah penanganan sampah selama libur Lebaran terjadi setiap tahun.
  • Ide pokok paragraf keempat: Upaya penyadaran masyarakat dengan mengimbau para wisatawan membuang sampah pada tempatnya harus terus ditingkatkan.
  • Ide pokok paragraf kelima: Pemerintah harus membuat aturan tegas tentang pengelolaan sampah.
  • Ide pokok paragraf keenam: Masyarakat Indonesia harus banyak belajar kepada masyarakat di Jepang dalam hal pengelolaan sampah.space 

0

Roboguru

Ide pokok pada paragraf di atas adalah….

Pembahasan Soal:

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Ide pokok suatu paragraf dapat ditemukan dalam kalimat utama.

Ide pokok berita pada paragraf di atas adalah rencana pelaksanaan SIAK. Gagasan tersebut dapat dilihat pada kalimat utama paragraf pertama. Kalimat utama dari paragraf pertama adalah "SIAK yang akan diterapkan di Jakarta uji coba dari program pemerintah pusat untuk menciptakan suatu nomor identitas tunggal untuk semua keperluan."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Ide pokok paragraf kedua teks editorial tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial mengungkapkan visi dan pandangan redaksi atas topik atau masalah yang dibahas. Ragam informasi atau permasalahan dalam teks editorial dapat diketahui dengan membaca secara intensif. Ide pokok terdapat dalam kalimat utama sebuah paragraf, kalimat utama paragraf kedua ialah "Pemerintah telah memulai proses vaksinasi terhadap para tenaga pendidik." Dengan demikian ide pokok paragraf kedua ialah proses vaksinasi tenaga pendidik.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 

0

Roboguru

Gagasan utama teks tersebut terdapat pada kalimat ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah jenis teks yang berisi pendapat penulis terhadap sebuah isu aktual yang terjadi, teks editorial dapat ditemukan di surat kabar.

Gagasan utama adalah ide pokok yang mendasari pegembangan dari sebuah paragraf. Setiap paragraf memiliki satu gagasan utama yang terletak pada kalimat utama dan beberapa gagasan penjelas yang mendukung gagasan utama.

Kalimat utama dari teks di atas adalah kalimat nomor 1, yaitu Rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta, diwajibkan menjalankan fungsi sosial dengan memberikan fasilitas pelayanan pasien tidak mampu atau miskin serta pelayanan gawat darurat, tanpa uang muka. Kemudian dijelaskan oleh kalimat nomor 2, 3, 4, 5, dan 6 mengenai pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), ketentuan yang tercantum dalam undang-undang, serta realitas yang terjadi di masyarakat.

Maka, gagasan utama teks tersebut terdapat pada kalimat rumah sakit menjadi bagian dari fungsi sosial sebagai bagian dari fasilitas kesehatan masyarakat.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Perhatikan tajuk rencana berikut!     Keberadaan infrastruktur suatu daerah bertalian erat dengan pertumbuhan ekonomi daerah itu. Jika infrastrukturnya mumpuni, daerah tersebut akan menjadi magnet l...

Pembahasan Soal:

Ide pokok paragraf kedua tajuk rencana tersebut adalah upaya Pemerintah membangun berbagai infrastruktur vital di Lampung patut diapresiasi.


Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved