Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ibu Tati akan membuka usaha minuman dalam berbagai rasa dari buah-buahan segar. Ia memakai gelas dengan corak yang lucu-lucu agar konsumen tertarik dengan minuman kemasan yang bagus. Berdasarkan ilustrasi di atas, masalah pokok ekonomi yang di hadapi Ibu Tati adalah ....

Ibu Tati akan membuka usaha minuman dalam berbagai rasa dari buah-buahan segar. Ia memakai gelas dengan corak yang lucu-lucu agar konsumen tertarik dengan minuman kemasan yang bagus.
Berdasarkan ilustrasi di atas, masalah pokok ekonomi yang di hadapi Ibu Tati adalah ....

  1. barang apa yang diproduksi

  2. dimana barang akan diproduksi

  3. kapan barang akan diproduksi

  4. bagaimana cara memproduksi

  5. untuk siapa barang diproduksi

Iklan

A. Syarif

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Padang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Soal tersebut berkaitan dengan masalah ekonomi modern. Adapun masalah-masalah tersebut sebagai berikut: Barang dan Jasa Apa yang Diproduksi dan Seberapa Banyak ( what? ) :Masalah pokok pertama yang penting dalam ekonomiadalah bagaimana produsen dapat menentukan barang dan jasa apa yang diproduksi. Bagaimana Cara Memproduksi Barang Tersebut ( how? ) :Setelah barang dan jasa sudah ditentukan jenis dan jumlahnya, maka masalah selanjutnya adalah teknik produksinya. Dengan sumberdaya yang ada, produsen harus bisa menentukan teknik produksi yang paling efisien untuk mereka. Untuk Siapa Barang Tersebut Diproduksi? ( for whom?) :Masalah ini menyangkut soal siapa yang memerlukan barang/jasa, dan, siapa saja yang akan ikut menikmati hasilnya. Pada dasarnya, keuntungan dari barang dan jasa yang diproduksi bukan hanya untuk konsumen saja . Melainkan ada pihak-pihak lain yang menerima keuntungan. Dalam soal tersebut telah ditentukan bahwa Ibu Tati membuka usaha minuman dalam berbagai rasa dari buah-buahan segar. Ia memakai gelas dengan corak yang lucu-lucu agar konsumen tertarik. Karena soal tersebut menekankan pada usaha untukmembuat minuman dengan kemasan yang bagus, maka terkait hal tersebut pilihan jawaban mengenai masalah what? Adalah tidak benar, sehingga jawaban yang benar adalah terkait masalah how?

Soal tersebut berkaitan dengan masalah ekonomi modern. Adapun masalah-masalah tersebut sebagai berikut:

  • Barang dan Jasa Apa yang Diproduksi dan Seberapa Banyak (what?) : Masalah pokok pertama yang penting dalam ekonomi adalah bagaimana produsen dapat menentukan barang dan jasa apa yang diproduksi.
  • Bagaimana Cara Memproduksi Barang Tersebut (how?) : Setelah barang dan jasa sudah ditentukan jenis dan jumlahnya, maka masalah selanjutnya adalah teknik produksinya. Dengan sumberdaya yang ada, produsen harus bisa menentukan teknik produksi yang paling efisien untuk mereka.
  • Untuk Siapa Barang Tersebut Diproduksi? (for whom?) : Masalah ini menyangkut soal siapa yang memerlukan barang/jasa, dan, siapa saja yang akan ikut menikmati hasilnya. Pada dasarnya, keuntungan dari barang dan jasa yang diproduksi bukan hanya untuk konsumen saja. Melainkan ada pihak-pihak lain yang menerima keuntungan.

Dalam soal tersebut telah ditentukan bahwa Ibu Tati membuka usaha minuman dalam berbagai rasa dari buah-buahan segar. Ia memakai gelas dengan corak yang lucu-lucu agar konsumen tertarik. Karena soal tersebut menekankan pada usaha untuk membuat minuman dengan kemasan yang bagus, maka terkait hal tersebut pilihan jawaban mengenai masalah what? Adalah tidak benar, sehingga jawaban yang benar adalah terkait masalah how?

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

58

gatau Ya

Makasih ❤️

Nurul Aulia

Makasih ❤️ Bantu banget

sauzan oktavia

Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kegiatan yang dilakukan ilustrasi di atas berdasarkan masalah pokok ekonomi modern adalah...

27

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia