Roboguru

Ibu Asmirandah membeli barang-barang dari luar negeri untuk dijual kembali di Indonesia, berarti Ibu Asmirandah telah melakukan kegiatan ....

Pertanyaan

Ibu Asmirandah membeli barang-barang dari luar negeri untuk dijual kembali di Indonesia, berarti Ibu Asmirandah telah melakukan kegiatan .... space space 

  1. barter  space space 

  2. valas  space space 

  3. ekspor space space 

  4. impor space space 

Pembahasan Soal:

Impor adalah kegiatan membeli atau mendatangkan barang dari luar negeri. Kegiatan yang dilakukan Ibu Asmirandah yaitu kegiatan Impor. Bu Asmirandah sebagai importir.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah D. space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Kusumaningrum

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kegiatan impor bertujuan memperoleh bahan baku yang tidak tersedia di dalam negeri, jenis komoditas impor yang termasuk bahan baku adalah....

Pembahasan Soal:

Impor adalah suatu aktivitas memasarkan produk barang dari Daerah Pabean atau membeli suatu produk barang atau jasa dari negara lain untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar dalam negeri. Bahan Baku, Indonesia mengimpor berbagai jenis bahan baku untuk kebutuhan industri. Bahan baku industri bisa berupa bahan baku pokok dan bahan pendamping. Contoh bahan baku yang diimpor adalah kapas untuk industri tekstil, obat-obat kimia untuk industri pupuk, komponen kendaraan bermotor, gandum untuk industri mi instan dan makanan olahan, plastik, dan besi baja. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A. undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar dibawah ini! Kegiatan Bongkar muat container dari luar negeri di pelabuhan Mengapa suatu negara harus melakukan kegiatan impor?

Pembahasan Soal:

Impor merupakan salah satu kegiatan perdagangan antarnegara. Impor merupakan kegiatan membeli barang atau memesan barang dari luar negeri.

Ada beberapa alasan mengapa suatu negara harus melakukan impor antara lain:

  1. Tidak semua barang-barang tersebut bisa diproduksi oleh negara pengimpor.
  2. Keterbatasan sumber daya untuk melakukan produksi.
  3. Kebutuhan terhadap barang-barang tersebut cukup tinggi. undefined

0

Roboguru

Aktivitas membeli barang dan jasa dari luar negeri disebut ….

Pembahasan Soal:

Aktivitas menjual barang dan jasa ke luar negeri disebut ekspor. Sedangkan aktivitas membeli barang dan jasa dari luar negeri disebut impor. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah opsi A.  undefined

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan ekspor dan impor!

Pembahasan Soal:

Ekspor merupakan perpindahan suatu barang dari dalam negeri ke luar negeri dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Impor merupakan suatu kegiatan masuknya barang dari luar negeri ke dalam negeri dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. 

Perbedaan antara ekspor dan impor diantaranya adalah:

  • Pelaku ekspor: pelaku ekspor disebut juga dengan eksportir. Pelaku ekspor bisa dilakukan oleh siapa saja yang mampu memperdagangkan barang ke luar negeri. Pelaku ekspor bisa dari kalangan individu, perusahaan, maupun industri kecil di dalam negeri.
  • Pelaku impor: pelaku impor disebut juga dengan importir. Biasanya mereka yang memiliki kewenangan melakukan impor yang tujuannya adalah demi memenuhi kebutuhan di dalam negeri. 
  • Pengiriman barang: sebagai contoh perusahaan Indonesia mengirim karet ke Singapura. Hal ini karet merupakan barang ekspor bagi Indonesia, sedangkan karet tersebut disebut barang impor oleh Singapura.
  • Pemeriksaan barang: barang yang akan diekspor maupun diimpor harus melewati tahap pemeriksaan fisik terhadap barang tersebut maupun dokumen barang tersebut. undefined 

1

Roboguru

Salah satu akibat negatif impor yang tidak terkendali adalah ....

Pembahasan Soal:

Kegiatan impor diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa dalam suatu negara. Tetapi impor yang berlebihan dan tidak terkendali justru memberika dampak negatif yaitu dapat mematikan produksi barang tertentu di dalam negeri, sehingga dalam hal ini produsen dalam negeri akan dirugikan. Hal ini terjadi karena, tidak mampunya produsen dalam negeri untuk bersaing. Maka pemerintah menerapkan kebijakan kouta impor.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat A. space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved