Iklan

Iklan

Pertanyaan

I would go to my friend’s party, ____ I have a lot of homework.

I would go to my friend’s party, ____ I have a lot of homework.

  1. Nevertheless

  2. Therefore

  3. Whereas

  4. While

Iklan

N. Mulyandini

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Bagian rumpang pada kalimat tersebut perlu diisi dengan conjunction yang tersedia. Kalimat tersebut bila diterjemahkan menjadi "Saya ingin pergi ke pesta temanku, ____ saya punya banyak PR." Keempat konjungsi pada pilihan jawaban memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu menggabungkan dua kalimat. "Nevertheless" dan "whereas" menunjukan dua hal yang saling bertolak belakang, namun memiliki perbedaan cara penulisan dalam penggunaannya; "nevertheless" bisa ditulis di depan kalimat dan diikuti oleh koma, sedangkan "whereas" tidak perlu didahului maupun diikuti koma. "Therefore" menggabungkan dua klausa dengan hubungan sebab akibat, sedangkan "while" menunjukan dua pekerjaan terjadi di waktu yang sama. Pada soal terdapat dua kalimat yang perlu dihubungkan, yaitu "I would go to my friend's party" dan "I have a lot of homework" . Kedua kalimat tersebut memiliki konteks dua hal yang saling bertentangan dan dipisahkan oleh tanda baca koma. Dengan demikian, konjungsi "nevertheless" adalah yang paling tepat melengkapi kalimat tersebut. Kalimat tersebut akan lebih baik lagi apabila ditulis menjadi "I would go to my friend's party. Nevertheless, I have a lot of homework." Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Bagian rumpang pada kalimat tersebut perlu diisi dengan conjunction yang tersedia. Kalimat tersebut bila diterjemahkan menjadi "Saya ingin pergi ke pesta temanku, ____ saya punya banyak PR." 

Keempat konjungsi pada pilihan jawaban memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu menggabungkan dua kalimat. "Nevertheless" dan "whereas" menunjukan dua hal yang saling bertolak belakang, namun memiliki perbedaan cara penulisan dalam penggunaannya; "nevertheless" bisa ditulis di depan kalimat dan diikuti oleh koma, sedangkan "whereas" tidak perlu didahului maupun diikuti koma. "Therefore" menggabungkan dua klausa dengan hubungan sebab akibat, sedangkan "while" menunjukan dua pekerjaan terjadi di waktu yang sama.

Pada soal terdapat dua kalimat yang perlu dihubungkan, yaitu "I would go to my friend's party" dan "I have a lot of homework". Kedua kalimat tersebut memiliki konteks dua hal yang saling bertentangan dan dipisahkan oleh tanda baca koma. Dengan demikian, konjungsi "nevertheless" adalah yang paling tepat melengkapi kalimat tersebut. Kalimat tersebut akan lebih baik lagi apabila ditulis menjadi "I would go to my friend's party. Nevertheless, I have a lot of homework."

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Latihan Bab

Coordinating Conjunction

Subordinating Conjunction

Conjunction of Goals

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

613

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Andra failed the test ____he never studied seriously. The word that CANNOT be used to fill in the blank is ....

21

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia