Pertanyaan

Hyracotherium ( Eohippus ) dan Equus merupakan kuda yang memiliki karakteristik yang berbeda serta ditemukan pada masa yang berbeda. Hal tersebut juga didukung oleh hasil penelitian para ahli yang menyimpulkan bahwa fosil Hyracotherium ( Eohippus ) berumur 60 juta tahun yang lalu sedangkan fosil Equus yang berumur 2 juta tahun yang lalu. Cabang ilmu biologi yang terkait dengan hal tersebut adalah ….

Hyracotherium (Eohippus) dan Equus merupakan kuda yang memiliki karakteristik yang berbeda serta ditemukan pada masa yang berbeda. Hal tersebut juga didukung oleh hasil penelitian para ahli yang menyimpulkan bahwa fosil Hyracotherium (Eohippus) berumur 60 juta tahun yang lalu sedangkan fosil Equus yang berumur 2 juta tahun yang lalu. Cabang ilmu biologi yang terkait dengan hal tersebut adalah ….

  1. evolusi dan genetikaundefined

  2. evolusi dan paleontologiundefined undefined 

  3. genetika dan taksonomiundefined  

  4. fisiologi dan  biologi molekulerundefined 

  5. paleontologi dan biologi molekulerundefined

W. Carwati

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

evolusi sangat berkaitan dengan paleontologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang fosil. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

evolusi sangat berkaitan dengan paleontologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang fosil. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B. undefined  

Pembahasan

Fosil kuda merupakan salah satu bukti evolusi makhluk hidup terlengkap yang pernah ditemukan. Mulai dari fosil Hyracotherium ( Eohippus ) yang berumur 60 juta tahun yang lalu hingga fosil Equus yang berumur 2 juta tahun yang lalu. Berdasarkan pendapat para ahli, telah terjadi perubahan-perubahan pada fosil-fosil tersebut, seperti ukuran tubuh yang bertambah besar, jarak antara mata dan mulut semakin jauh, leher semakin panjang, terjadi perubahan bentuk geraham, anggota tubuh semakin panjang, serta reduksi jumlah jari kaki. Cabang ilmu yang terkait dengan hal tersebut adalah evolusi dan paleontologi. Evolusi merupakan Cabang ilmu biologi yang mempelajari proses perubahan pada makhluk hidup. Dalam evolusi akan dipelajari bagaimana proses evolusi menyebabkan adanya keanekaragaman makhluk hidup dengan cara membandingkan struktur makhluk hidup pada saat ini dengan kerabatnya yang hidup di masa lampau. Sehingga evolusi sangat berkaitan dengan paleontologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang fosil. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Fosil kuda merupakan salah satu bukti evolusi makhluk hidup terlengkap yang pernah ditemukan. Mulai dari fosil Hyracotherium (Eohippus) yang berumur 60 juta tahun yang lalu hingga fosil Equus yang berumur 2 juta tahun yang lalu. Berdasarkan pendapat para ahli, telah terjadi perubahan-perubahan pada fosil-fosil tersebut, seperti ukuran tubuh yang bertambah besar, jarak antara mata dan mulut semakin jauh, leher semakin panjang, terjadi perubahan bentuk geraham, anggota tubuh semakin panjang, serta reduksi jumlah jari kaki. Cabang ilmu yang terkait dengan hal tersebut adalah evolusi dan paleontologi. Evolusi merupakan Cabang ilmu biologi yang mempelajari proses perubahan pada makhluk hidup. Dalam evolusi akan dipelajari bagaimana proses evolusi menyebabkan adanya keanekaragaman makhluk hidup dengan cara membandingkan struktur makhluk hidup pada saat ini dengan kerabatnya yang hidup di masa lampau. Sehingga evolusi sangat berkaitan dengan paleontologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang fosil. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B. undefined  

47

Iklan

Pertanyaan serupa

Fosil merupakan salah satu bukti adanya kehidupan di masa lampau. Cabang ilmu yang mempelajari tentang fosil adalah ….

227

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia