Roboguru

Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis, yaitu ...

Pertanyaan

Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis, yaitu ...  

  1. sebagai sumber kayu bakar  

  2. sebagai tempat wisata  

  3. sebagai tempat hidup berbagai makhluk hidup  

  4. sebagai tempat memancing ikan  

Pembahasan Soal:

Hutan mangrove atau hutan bakau merupakan hutan yang berada di lingkungan perairan payau. Pepohonan yang hidup di hutan ini didominasi atau hampir semuanya adalah pepohonan mangrove atau pepohonan bakau. Seperti halnya hutan pada umumnya, hutan mangrove juga memiliki berbagai fungsi. Salah satu fungsi hutan mangrove adalah dari aspek ekologis. Adapun fungsi ekologis hutan mangrove adalah sebagai berikut.

  1. Melindungi pantai dari abrasi
  2. Menjadi habitat berbagai jenis flora dan fauna
  3. Sumber makanan bagi spesies yang ada di sekitarnya

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Handayani

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jika hutan bakau di Indonesia terus menerus berkurang akibat pembangunan di wilayah pesisir, hal yang mungkin terjadi adalah ....

Pembahasan Soal:

Ekosistem hutan bakau di Indonesia terus terancam oleh tingginya tingkat pembangunan di wilayah pesisir. Hal ini mengakibatkan luas hutan bakau makin berkurang. Jika hal ini terus menerus terjadi, berbagai dampak buruk akan melanda lingkungan dan kehidupan manusia di sekitarnya. Fungsi ekologis hutan bakau akan berkurang karena luasnya terus berkurang. Akibatnya adalah berbagai biota laut yang tinggal di sana akan berkurang jumlahnya karena kehilangan habitat dan menjadikan tangkapan biota laut oleh masyarakat setempat juga jadi berkurang. Selain itu, tingkat erosi air laut terhadap daratan makin meningkat karena tidak ada lagi hutan bakau yang menghalangi laju gelombang yang menerjang. Hal ini mengakibatkan daratan terus tergerus oleh air laut hingga massa daratannya berkurang.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Hutan mangrove berfungsi sebagai habitat atau tempat hidup binatang laut untuk berlindung, mencari makan, atau berkembang biak. Hal ini menunjukkan fungsi hutan mangrove secara ….

Pembahasan Soal:

Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yang penting untuk menjaga kelestarian lingkungannya. Salah satu fungsi ekologis dari hutan mangrove adalah sebagai habitat atau tempat hidup binatang laut untuk berlindung, mencari makan, atau berkembang biak. Jika hutan mangrove mengalami kerusakan, binatang laut yang tinggal di sana akan kehilangan habitatnya dan bisa mengalami kematian. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Salah satu cara menanggulangi kerusakan laut berbentuk abrasi adalah....

Pembahasan Soal:

Abrasi adalah suatu proses pengikisan pantai yang diakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut arus laut yang bersifat merusak. Abrasi biasanya disebut juga erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut. Salah satu cara menanggulangi kerusakan laut berbentuk abrasi adalah dengan menanam hutan mangrove di pinggir laut. Adapun, fungsi ekologis dari hutan mangrove yaitu sebagai habitat atau tempat hidup, berlindung, mencari makan, atau berkembang biak binatang laut. Selain itu, hutan mangrove dapat berfungsi sebagai stabilisator garis pantai. Adanya hutan mangrove dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke darat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Di wilayah pantai utara Jawa sekarang mengalami abrasi yang kuat sehingga banyak bangunan di pinggir pantai terancam roboh akibat terjangan gelombang laut. Fenoma tersebut dapat dikendalikan secara te...

Pembahasan Soal:

Reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang (tandus, gundul). Reboisasi berguna untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam, mencegah pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida dari udara, serta dimanfaatkan hasilnya (terutama kayu). Sesuai dengan penjabaran tersebut, maka untuk mencegah abrasi di pantai utara Jawa perlu dilakukan  reboisasi mangrove, selain dapat menahan abrasi juga dapat membuatak kawanan pantai menjadi teduh dan banyak terdapat biota laut.

0

Roboguru

Jelaskan secara singkat fungsi ekologis hutan mangrove?

Pembahasan Soal:

Fungsi ekologis (ecological functions) adalah proses-proses fisik, kimia, dan biologis yang berperan untuk memelihara keseimbangan ekosistem alam serta menyediakan sistem penunjang kehidupan seperti air, tanah dan udara. Beberapa fungsi hutan mangrove secara ekologis adalah sebagai berikut.

  1. Tempat mencari makan (feeding ground) ;
  2. Tempat memijah (spawning ground) ;
  3. Tempat berkembang biak (nursery ground) berbagai jenis ikan, udang, kerang dan biota laut lainnya ; dan
  4. Tempat bersarang berbagai jenis satwa liar terutama burung dan reptil

Jadi, dapat disimpulkan fungsi ekologis hutan mangrove adalah tempat mencari makan, tempat memijah, tempat berkembang biak dan tempat bersarang bagi satwa liar.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved