Iklan

Iklan

Pertanyaan

Humor atau lelucon merupakan kenyataan universal karena digunakan oleh setiap orang. Dalam komunikasi, lelucon dapat berfungsi sebagai bumbu percakapan. Dalam suasana kaku, lelucon berfungsi sebagai pemecah ketegangan. Dalam konteks sosial politik, lelucon berfungsi untuk kontrol sosial. Surat kabar, majalah, atau buletin sering memunculkan gambar komikal lucu .... menyampaikan kritik kepada pihak tertentu. Dalam dunia pendidikan, humor digunakan sebagai variasi pembelajaran untuk mengoptimalkan tercapainya tujuan pembelajaran itu...., ada kalanya lelucon juga mengundang kemarahan... seseorang tersinggung karena olok-olok temannya. Maka, dapat dikatakan sesungguhnya lelucon dapat diibaratkan bilah pisau bermata dua. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah

Humor atau lelucon merupakan kenyataan universal karena digunakan oleh setiap orang. Dalam komunikasi, lelucon dapat berfungsi sebagai bumbu percakapan. Dalam suasana kaku, lelucon berfungsi sebagai pemecah ketegangan. Dalam konteks sosial politik, lelucon berfungsi untuk kontrol sosial. Surat kabar, majalah, atau buletin sering memunculkan gambar komikal lucu .... menyampaikan kritik kepada pihak tertentu. Dalam dunia pendidikan, humor digunakan sebagai variasi pembelajaran untuk mengoptimalkan tercapainya tujuan pembelajaran itu...., ada kalanya lelucon juga mengundang kemarahan... seseorang tersinggung karena olok-olok temannya. Maka, dapat dikatakan sesungguhnya lelucon dapat diibaratkan bilah pisau bermata dua.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah

  1. untuk, lagi pula, atau

  2. sebagai, meskipun, dan

  3. dari, tetapi, serta

  4. untuk, namun, ketika

  5. untuk, atau, serta

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Partikel untuk memiliki arti sebagau “tujuan atau maksud”. Sementara itu, konjungsi namun berguna untuk memperjelas gagasan yang bertentangan. Kemudian, ketika merupakan partikel yang berguna sebagai kata penghubunng untuk menandai waktu yang bersamaan. Ketika dapat bersinonim dengan saat dan tatkala .

Partikel untuk memiliki arti sebagau “tujuan atau maksud”. Sementara itu, konjungsi namun berguna untuk memperjelas gagasan yang bertentangan. Kemudian, ketika merupakan partikel yang berguna sebagai kata penghubunng untuk menandai waktu yang bersamaan. Ketika dapat bersinonim dengan saat dan tatkala.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

65

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Konjungsi yang digunakan dalam teks editorial adalah ....

131

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia