Pertanyaan

Hukum dasar kimia yang kita pelajari ada berapa?

Hukum dasar kimia yang kita pelajari ada berapa? 

M. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

hukum dasar kimia yang kita pelajari ada 5 hukum dasar.

hukum dasar kimia yang kita pelajari ada 5 hukum dasar.

Pembahasan

Hukum dasar Kimia berisi metode-metode ilmiah skala laboratorium yang sudah terstandarisasi. Hukum dasar tersebut adalah: Hukum Kekekalan Massa yang dicetuskan oleh Antoine Lavoisier. Bunyi Hukum Kekekalan Massa adalah "massa zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama'. Hukum Perbandingan Tetap yang dicetuskan oleh Proust. Bunyi Hukum Perbandingan Tetap adalah "perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa adalah tetap." Hukum Perbandingan Berganda yang dicetuskan oleh John Dalton. Bunyi hukum Dalton "Apabila dua unsur dapat membentuk lebih dari satu senyawa, massa salah satu unsur tersebut tetap (sama), maka perbandingan massa unsur yang lain dalam senyawa-senyawa tersebut merupakan bilangan bulat dan sederhana." Hukum Perbandingan Volume yang dicetuskan oleh Gay Lussac. Bunyi Hukum Gay Lussac adalah "Pada Suhu dan tekanan yang sama, perbandingan volume gas yang bereaksi dan hasil reaksi merupakan bilangan bulat sederhana." Hipotesis Avogadro yang dicetuskan oleh Avogadro. Bunyi Hipotesis Avogadro adalah "Pada Suhu dan tekanan yang sama, perbandingan volume gas yang volumenya sama memiliki jumlah volume yang sama pula." Jadi, hukum dasar kimia yang kita pelajari ada 5 hukum dasar.

Hukum dasar Kimia berisi metode-metode ilmiah skala laboratorium yang sudah terstandarisasi. Hukum dasar tersebut adalah:undefined 

  1. Hukum Kekekalan Massa yang dicetuskan oleh Antoine Lavoisier. Bunyi Hukum Kekekalan Massa adalah "massa zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama'.
  2. Hukum Perbandingan Tetap yang dicetuskan oleh Proust. Bunyi Hukum Perbandingan Tetap adalah "perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa adalah tetap."
  3. Hukum Perbandingan Berganda yang dicetuskan oleh John Dalton. Bunyi hukum Dalton "Apabila dua unsur dapat membentuk lebih dari satu senyawa, massa salah satu unsur tersebut tetap (sama), maka perbandingan massa unsur yang lain dalam senyawa-senyawa tersebut merupakan bilangan bulat dan sederhana."
  4. Hukum Perbandingan Volume yang dicetuskan oleh Gay Lussac. Bunyi Hukum Gay Lussac adalah "Pada Suhu dan tekanan yang sama, perbandingan volume gas yang bereaksi dan hasil reaksi merupakan bilangan bulat sederhana."
  5. Hipotesis Avogadro yang dicetuskan oleh Avogadro. Bunyi Hipotesis Avogadro adalah "Pada Suhu dan tekanan yang sama, perbandingan volume gas yang volumenya sama memiliki jumlah volume yang sama pula."undefined 

Jadi, hukum dasar kimia yang kita pelajari ada 5 hukum dasar.

903

3.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan 4 Hukum Dasar Kimia dan sebutkan nama penemu hukum tersebut!

1rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia