Roboguru

Hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Konsumen memakan produsen. Produsen melepas energi kepada konsumen. Konsumen itu lalu menjadi mangsa konsumen yang lain. Mangsa adalah semua hewan yang diburu untuk dimakan oleh hewan lain. Dengan demikian, mangsa akan melepas energinya kepada pemangsa. Pemangsa atau predator adalah konsumen yang berburu makanan. Jadi, energi dialirkan dari produsen kepada konsumen di dalam rantai makanan ....

Pertanyaan

Hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Konsumen memakan produsen. Produsen melepas energi kepada konsumen. Konsumen itu lalu menjadi mangsa konsumen yang lain. Mangsa adalah semua hewan yang diburu untuk dimakan oleh hewan lain. Dengan demikian, mangsa akan melepas energinya kepada pemangsa. Pemangsa atau predator adalah konsumen yang berburu makanan. Jadi, energi dialirkan dari produsen kepada konsumen di dalam rantai makanan ....space

  1. Ekosistemspace

  2. Habitatspace

  3. Jaring-jaring makananspace

  4. Rantai makananspace

Pembahasan Soal:

Rangtai makanan adalah proses makan dan dimakan antar makhluk hidup dengan urutan tertentu. Di dalam rantai makanan energi dialirkan dari produsen kepada konsumen.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Hernandez

Mahasiswa/Alumni Universitas Riau

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan rantai makanan berikut! Makhluk hidup yang tepat untuk mengganti huruf X adalah....

Pembahasan Soal:

Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antarmakhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. Setiap makhluk hidup dalam rantai  makanan memiliki  peran  masing-masing. Secara  umum, terdapat tiga peran  makhluk hidup di dalam rantai  makanan yaitu produsen, konsumen dan pengurai.

  1. Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Contohnya, rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau.
  2. Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri sehingga mendapatkan energi dari makhluk hidup lain. Contoh konsumen adalah hewan. Di dalam rantai makanan, konsumen dapat dikelompokkan menjadi Konsumen tingkat I, yaitu kelompok hewan yang memakan tumbuhan (produsen). Konsumen tingkat I merupakan kelompok hewan herbivor. Contohnya rusa, kelinci, dan belalang. Konsumen tingkat II, yaitu kelompok hewan yang memakan hewan lain (konsumen I). Konsumen tingkat II merupakan kelompok hewan karnivor atau omnivor. Contohnya katak, ular, tikus, dan ayam. Konsumen puncak, yaitu kelompok hewan karnivor yang tidak ada pemangsanya. Contohnya, singa, elang, dan harimau.
  3. Pengurai adalah makhluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh makhluk hidup lain yang telah mati. Contoh pengurai antara lain cacing tanah, jamur, dan bakteri.

Berdasarkan rantai makanan di atas katak akan dimakan oleh konsumen yang tingkatannya lebih rendah dibandingkan elang. Sehingga jawaban yang tepat adalah ular. urutan rantai makanan yang benar adalah katak rightwards arrow ular rightwards arrow Elang.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Dalam rantai makanan maka padi berperan sebagai ….

Pembahasan Soal:

Pada rantai makanan terdapat produsen yang dapat melakukan fotosintesis untuk membuat makanannya sendiri. Padi dapat melakukan fotosintesis. Maka dari itu, padi termasuk produsen.

Jadi, jawaban yang benar adalah Dspace 

0

Roboguru

Perhatikan makhluk hidup dibawah ini : Tikus Padi Ular Bakteri Elang Dari data di atas yang menempati konsumen tingkat 2 adalah ….

Pembahasan Soal:

Konsumen tingkat 2 diduduki oleh hewan karnivora yang memakan konsumen 1. Pada soal di atas, urutan rantai makanannya sebagai berikut: padi (produsen) - tikus (konsumen 1) - ular (konsumen 2) - elang ( konsumen 3) - bakteri (pengurai).

Jadi, jawaban yang benar adalah Cspace 

0

Roboguru

Urutan dari rantai makan di bawah ini yang benar adalah ….

Pembahasan Soal:

Urutan rantai makanan yag benar dimulai dari rumput (produsen) - belalang (konsumen 1) - katak ( konsumen 2) - ular (konsumen 3) - elang (konsumen 4). 

Jadi, jawaban yang benar adalah Dspace 

0

Roboguru

Makhluk hidup dalam rantai makanan yang dapat melakukan fotosintesis berperan sebagai....

Pembahasan Soal:

Rantai makanan merupakan rangkaian peristiwa makan dan dimakan antarmakhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. Setiap makhluk hidup dalam rantai makanan memiliki peran masing-masing. Secara umum, terdapat tiga peran makhluk hidup di dalam rantai makanan yaitu produsen, konsumen dan pengurai. Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis. Produsen mampu mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi kimia. Contohnya, rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau. Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri sehingga mendapatkan energi dari makhluk hidup lain. Contoh konsumen adalah hewan. Pengurai adalah makhluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh makhluk hidup lain yang telah mati. Penguraian tersebut menghasilkan zat-zat kimia dan nutrisi yang dibutuhkan produsen. Contoh pengurai antara lain cacing tanah, jamur, dan bakteri.

Jadi, makhluk hidup dalam rantai makanan yang dapat melakukan fotosintesis berperan sebagai produsen.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved