Roboguru

Hubungan pelayaran antara India dan Indonesia pada awal abad masehi memicu terjadinya....

Pertanyaan

Hubungan pelayaran antara India dan Indonesia pada awal abad masehi memicu terjadinya....

Pembahasan Soal:

Proses masuknya pengaruh agama hindu maupun agama budha ke indonesa melalui hubungan perdagangan india dengan Indonesia. Dalam hubungan dagang itu, terjadi interalso di antara para pedagang. Interaksi tersebut berlangsung cukup lama, dalam interaksi tersebut, terjadi saling tukar pikiran di antara mereka. Kepada bangsa kita, orang-orang india bercerita tentang agamanya,  yaitu agama Hindu dan Buddha sehingga agama hindu dan budda dikenal bangsa Indonesia. Sebagai akibat dari hubungan perdagangan dan pelayaran, selain dominasi pedagang india di sejumlah pelabuhan Indonesia timbullah pertemuan kebudayaan yang melahirkan kebudayaan baru bagi masyarakat Nusantara. Proses percampuran antara dua atau lebih kebudayaa yang saling bertemu dan memengaruhi itu disebut akulturasi kebudayaan.

Adanya hubungan dagang pada awal abad tarikh Masehi, didasarkan adanya sumber-sumber baik estern ataupun intern. Adapun sumber ekstern adalah. 

1. Sumber dari india
Bukti adanya hubungan dagang tersebut dapat diketahui dari kitab Jataka dan kita Ramayana tetapi tidak menyebutkan kapan India mengenal Indonesia. Kitab sastra india yang dapat dipercaya adalah Kitab Mahaniddesa yang member petunjuk bahwa masyarakat india telah mengenal beberapa tempat di Indonesia pada abad ke-3 Masehi. Dalam kitab Geograpihike yang ditulis pada abad ke-2 juga disebutkan telah ada hubungan dagang antara india dan Indonesia. Dari kedua keterangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara intensif terjadinya hubungan dagang antara Indonesia dan india mulai abad-abad tersebut (abad ke 2-3 Masehi0

2. Sumber dari Cina
Hubungan Indonesia dengan cina diperkirakan telah berkembang pada abad ke-5. Bukti-bukti yang memperkuat hubungan itu di antaranya adalah perjalanan seorang pendeta budha, fahien.
Pada sekitar tahun 413 M, Fa Hien melakukan perjalanan dari india ke YE-PO-TI (tarumanegara) dan kembali ke cina melalui jalur laut. Selanjutnya, kaisar Cina, Wen Ti mengirim utusan ke She-Po (Pulau  Jawa).

3. Sumber dari Yunani
Hubungan dagang antara Indonesia dengan india, dan cina dapat diketahui dari Claudius Ptolomeus, seorang ahli ilmu bumi Yunani. Dalam kitabnya yang berjudul Geographike yang ditulis pada abad ke 2. Ptolomeus menyebutkan nama Labadio yang artinya pulau jelai. Mungkin kata itu ucapan Yunani untuk menyebut Yawadwipa, yang artinya juga pulau jelai. Dengan demikian, seperti yang disebutkan dalam kitab Ramayana bahwa Yawadwipa yang dimaksud ialah pula jawa.

Adanya sumber-sumber dari luar, seperti dari india, cina dan Yunani, diperkuat adanya sumber-sumber yang ada di Indonesia sendiri.

1. Prasasati
Prasasti-Prasasti tertua di Indonesia yang menunjukkan hubungan Indonesia dengan india, misalnya prasati Mulawarman di Kalimantan timur yang berbentuk Yupa. Semua prasasati ditulis dalam bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa

2. Kitab-kitab kuno
Kitab-kitab kuno yang ada di Indonesia biasanya ditulis pada daun lontar yang ditulis dengan menggunakan bahasa dan tulisan jawa kuno yang juga merupakan pengaruh dari bahasa sanskerta dan tulisan pallawa

3. Bangunan-Bangunan kuno
Bangunan-bangunan kuno yang bercorak hindu ataupun budha terdiri atas candi, stupa, relief, dan arca.

Agama hindu yang berkembang di indonesi berbeda dengan agama hindu yang berkembang di india. Agama dan kebudayaan hindu disesuaikan dengan kebudayaan dan kepercayaan asli Indonesia yang berintikan pemujaan roh leluhur (animisme dan dinamisme). Dalam bidang sastrapun terjadi penyesuaian, misalnya huruf Pallawa berubah menjadi huruf kawi dan huruf jawa kuno. Demikian pula dalam seni bangunan, bentuk candi di Indonesia lain dengan yang ada di india.


Berdasarkan penjelasan di atas maka hubungan pelayaran memicu terjadinya dominasi pedagang india di sejumlah pelabuhan Indonesia serta timbulnya pertemuan kebudayaan yang melahirkan kebudayaan baru bagi masyarakat Nusantara. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Masuknya agama Hindu ke Indonesia terjadi pada abad ke…. Masehi

Pembahasan Soal:

Perkembangan agama Hindu ke Indonesia tidak terlepas dari peranan para pedagang asing yang masuk dan melakukan aktivitas perdagangan di Nusantara. Asal mula masuknya agama Hindu di Indonesia diperkirakan berawal pada abad ke-4 M. Peralihan pra-sejarah menjadi zaman sejarah di Indonesia terjadi pada saat masuknya agama Hindu yang berasal dari India. Ciri khas zaman pra-sejarah ialah belum dikenalnya tulisan. Namun, pada saat Hindu hadir, masyarakat Indonesia telah mengenal tulisan dan inilah yang menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia telah masuk ke zaman sejarah. Kerajaan Hindu yang pertama kali berdiri adalah Kerajaan Kutai dengan peninggalannya berupa prasasti Yupa. Prasasti Yupa diperkirakan dibuat sekitar abad ke-4 Masehi yang berisi mengenai Raja Mulawarman memberikan sedekah sebanyak 20.000 ekor sapi kepada kaum brahmana.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Terangkan bukti masuknya agama Hindu di Indonesia...

Pembahasan Soal:

Hubungan dagang antara Indonesia dengan India berpengaruh terhadap masuknya budaya Hindu dan Buddha ke Indonesia. Agama Buddha disebarluaskan ke Indonesia oleh para biksu, sedangkan mengenai penyebaran agama Hindu ke Indonesia dikenal dengan empat teori, seperti :
Berikut ini merupakan beberapa teori terkait proses masuknya Hindu ke Indonesia, seperti :

  • Teori Brahmana
    menurut teori yang dikemukakan oleh J. C. van Leur, Hindu di Indonesia datang dibawa oleh para golongan Brahmana atas undangan pemimpin suku dalam rangka melegitimasi kekuasan mereka,
  • Teori Ksatria
    menurut teori yang dikemukakan oleh F. D. K. Bosch, Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh raja dan bangsawan yang pergi meninggalkan India karena kalah dalam peperangan,
  • Teori Waisya
    menurut teori yang dikemukakan oleh N. J. Krom, Hindu di Indonesia masuk atas dasar karena wilayah Indonesia sudah lama terlibat aktif dalam perdagangan Internasional, sehingga dari interaksi ini tidak menutup kemungkinan bahwa Hindu sendiri dibawa oleh para pedagang,
  • Teori Arus Balik
    menurut teori yang dikemukakan oleh G. Coedes, bahwa perkembangan Hindu di Indonesia tidak terlepas dari masyarakat Indonesia sendiri. Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya pergi ke India untuk memperdalam agam Hindu. Setelah itu, mereka akan kembali ke Indonesia untuk menyebarkannya.

Adapun bukti tertua adanya pengaruh Buddha di Indonesia adalah ditemukannya Arca Buddha dari perunggu di Sempaga, Sulawesi Selatan. Sedangkan bukti adanya pengaruh Hindu yaitu ditemukannya tujuh buah Yupa di sekitar Sungai Muara Kaman, Kutai, Kalimantan Timur.

Dengan demikian, bukti masuknya agama Hindu di Indonesia ditunjukkan dengan ditemukannya tujuh buah Yupa di Kalimantan Timur.

Roboguru

Agama Hindu muncul di Indonesia pada tahun …. SM.

Pembahasan Soal:

Agama Hindu-Budha masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang yang berasal dari India. Berdasarkan catatan sejarah, masuknya agama Hindu ke Indonesia diperkirakan terjadi sekitar awal abad ke-4 dan diketahui berasal dari India. Hal itu ditandai dengan berdirinya kerajaraan Kutai dan Tarumanegara yang bercorak Hindu. Masuknya agama HIndu dibuktikan dari beberapa prasasti yang ditemukan yang berasal dari Kerajaan Kutai, yaitu Prasasti Yupa yang menggunakan tulisan Pallawa, tulisan asli India. Dengan adanya bukti tersebut menandakan bahwa agama Hindu sudah mulai berkembang di Indonesia sekitar abad ke-4 atau kurang lebih tahun 1500 SM.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan menulis jawaban langsung pada titik-titik di dalam soal! Penyebaran Hindu Budha di kepulauan Indonesia dimulai dari pintu masuk melalui ... dan puncaknya ditand...

Pembahasan Soal:

Terdapat berbagai macam teori mengenai kapan dan siapa penyebar ajaran Hindhu-Buddha di Indonesia. Diperkirakan, proses penyebaran Hindhu-Buddha di Indonesia telah berlangsung sejak abad ke-3 M. Sedangkan untuk orang atau golongan yang menyebarkan ajaran Hindhu-Buddha di Indonesia terdapat 4 pendapat, mulai dari golongan brahmana, ksatria, waisya, hingga sudra. Namun, banyak yang percaya bahwa golongan waisya lah atau golongan pedagang yang membawa ajaran serta kebudayaan Hindhu-Buddha di Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dari letak geografis Indonesia yang strategis dengan dilewati jalur perdagangan internasional. Kebudayaan Hindhu-Buddha di Indonesia selanjutnya mencapai puncaknya pada masa perkembangan kerajaan-kerajaan seperti Sriwijaya, Mataram Kuno, Singasari, dan Majapahit.

Dengan demikian pintu masuk penyebaran Hindhu-Buddha di Indonesia melalui perdagangan dan mencapai puncaknya pada masa kerajaan.

Roboguru

Jelaskan sosial budaya dari datangnya kehidupan Hindu - Buddha ke Indonesia!

Pembahasan Soal:

Pengaruh budaya datangnya agama Hindu Buddha terlihat ari berbagai sisi, di antaranya seni bangunan, kesusastraan, bahasa dan tulisan. Sementara dalam bidang sosial terlihat dari adanya sistem kemasyarakatan yang terdiri dari beberapa kasta dan sistem kepemimpinan yang semula dipimpin oleh kepala suku menjadi dipimpin oleh seorang raja. Jadi, jawabannya adalah bangunan, sastra, bahasa, tulisan, sistem kasta, dan sistem kepemimpinan.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved