Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hubungan antara volume dan tekanan dalam ruang tertutup adalah P.V = konstan di mana P adalah tekanan dan V adalah volume ruang tertutup. Jadi di dalam suatu ruangan jika P diperbesar maka V mengecil, begitu sebaliknya. Berdasarkan hukum tersebut, jelaskan proses pernafasan yautusaat mengambil nafas dan membuang nafas!

Hubungan antara volume dan tekanan dalam ruang tertutup adalah P.V = konstan di mana P adalah tekanan dan V adalah volume ruang tertutup. Jadi di dalam suatu ruangan jika P diperbesar maka mengecil, begitu sebaliknya. Berdasarkan hukum tersebut, jelaskan proses pernafasan yautu saat mengambil nafas dan membuang nafas! 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Iklan

S. Syifa

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Saat mengambil nafas, diafragma akan berkontraksi (cenderung menjadi lurus horizontal) yang membuat volume rongga paru-paru membesarmenjadikan tekanan udara di dalam paru-paru menjadi lebih kecil dibandingkan dengan tekanan udara luar, dengan begitu udara dari luar akan masuk melalui saluran pernafasan dan mengisi rongga paru-paru hingga tekanan udara pada rongga paru-paru dengan udara luar seimbang. Sebaliknya ketika membuang nafas, diafragma akan berelaksasi yang menyebabkan rongga paru-paru menjadi lebih sempit (volume mengecil) sehingga tekanan naik dan udara mengalir dari rongga paru-paru menuju ke luar sampai dengan tekanan menjadi seimbang kembali.

Saat mengambil nafas, diafragma akan berkontraksi (cenderung menjadi lurus horizontal) yang membuat volume rongga paru-paru membesar menjadikan tekanan udara di dalam paru-paru menjadi lebih kecil dibandingkan dengan tekanan udara luar, dengan begitu udara dari luar akan masuk melalui saluran pernafasan dan mengisi rongga paru-paru hingga tekanan udara pada rongga paru-paru dengan udara luar seimbang. Sebaliknya ketika membuang nafas, diafragma akan berelaksasi yang menyebabkan rongga paru-paru menjadi lebih sempit (volume mengecil) sehingga tekanan naik dan udara mengalir dari rongga paru-paru menuju ke luar sampai dengan tekanan menjadi seimbang kembali.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

31

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu gas di ruang tertutup yang volumenya 20 dm 3 dan tekanan 2 atm. Jika gas dipindahkan ke ruang dengan volume 5 , tekanan gas tersebut adalah....

15

3.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia