Roboguru

How many kinds of reports do you know? Explain.

Pertanyaan

How many kinds of reports do you know? Explain.

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal tersebut menanyakan ada berapa jenis report yang pembaca ketahui.

Berkaitan dengan dialog antara Mawar, Anggi, dan Bagus yang membahas tentang pembuatan teks report mengenai efisiensi bercocok tanam hidroponik, soal tersebut menanyakan jenis teks report yang ada. 

Perlu diperhatikan bahwa teks report berisikan informasi detail mengenai suatu hal (hewan, tumbuhan, planet, transportasi, dsb) yang ditulis secara ilmiah berdasarkan fakta dan hasil penelitian. 

Berdasarkan isi teksnya, ada beberapa jenis teks report. Namun, ada tiga jenis teks report yang harus diketahui, yaitu: 

  1. Technical report: a text describing the process, progress, or results of the state of a technical or scientific research problem, such as the development of nuclear energy (teks yang mendekskripsikan proses, perkembangan, atau hasil dari penelitian berdasar kepada permasalahan ilmiah atau teknis, seperti pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir).
  2. Field report: a text describing the observation results of people, places, and/or events in relation to the social life, such as the habit of having ketupat and chicken opor every celebrating Ied-Fitr (teks yang mendeskripsikan hasil observasi atas manusia, tempat, atau suatu kegiatan berhubungan dengan kehidupan sosial, seperti kebiasaan memakan kupat dan opor ayam saat perayaan hari raya Idul Fitri).
  3. Scientific report: a text describing the experiment results in laboratory, such as the role of light in photosynthesis (teks yang mendeskripsikan hasil eksperimen laboratorium, seperti peran cahaya dalam proses fotosintesis).

Oleh karena itu, ada tiga jenis teks report yang perlu diketahui, yaitu technical report, field report, dan scientific report

Jadi, jawaban yang tepat adalah technical report, field report, dan scientific report.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

The sentence is an example of ...

Pembahasan Soal:

Kalimat tersebut adalah contoh reported speech.

Jadi, opsi paling tepat adalah C.undefined

Roboguru

The text mainly discuss...

Pembahasan Soal:

Berikut adalah makna dari teks di atas dalam Bahasa Indonesia:

   Altruisme mengacu pada perilaku hewan yang menguntungkan hewan lain dari spesies yang sama. Hidup bersama hewan lain menghadirkan banyak kerugian, termasuk meningkatnya persaingan untuk mendapatkan makanan, lokasi sarang, dan pasangan, serta peningkatan visibilitas ke predator. Kita mungkin berharap hewan berusaha keras melakukan kompetisi bila memungkinkan, mengambil makanan terbaik dan sumber daya lain untuk diri mereka sendiri, dan menempatkan individu lain di antara mereka dan predator yang mengintai.

    Namun banyak hewan yang diamati bertindak dengan cara yang membantu satu sama lain: tupai tanah. melihat seekor elang pemburu, berpasir tinggi dan mengeluarkan suara alarm yang melengking, berpotensi menarik perhatian elang itu sendiri. Singa betina mengizinkan anaknya yang bukan miliknya untuk menyusu bersama anaknya, seekor lebah madu datang untuk melindungi sarangnya dengan menyengat pengganggu, tindakan yang terbukti fatal bagi lebah. Tindakan altruisme yang mengorbankan diri seperti itu membutuhkan penjelasan, karena tampaknya bertentangan dengan apa yang kita harapkan di dunia yang dibentuk oleh seleksi alam. Jika kompetisi adalah nama permainannya, mengapa kadang-kadang hewan harus menempatkan kepentingan makhluk lain sebelum mereka menang, bahkan sampai bunuh diri?

    Ahli biologi mengenali altruisme ketika seekor hewan, seperti tupai tanah yang memanggil alarm, menanggung sejumlah resiko untuk hadiahnya atau reproduksinya di masa depan dengan membantu hewan lain, yang keberhasilan reproduksinya diberi dorongan. Selain itu, jika tupai sedang mengawasi predator, ia tidak akan bisa mencari makan atau melakukan aktivitas lain dengan baik. Namun, tupai di dekatnya dapat mengambil untung karena mereka bersembunyi dari predator.

Soal di atas menanyakan apa isi dari teks di atas. Pilihan jawaban yang tersedia adalah:

A. Future animal reproduction: Reproduksi hewan di masa depan

B. Tight competition among animals: Persaingan ketat antar hewan

C. Animals' willingness to help others: Kesediaan hewan untuk membantu sesama

D. How animals take food resources: Bagaimana hewan mengambil sumber makanan

E. A world where natural selection takes places: Dunia tempat seleksi alam berlangsung

Dari pilihan jawaban yang ada, jawaban yang sesuai dengan isi teks di atas adalah 'Animals' willingness to help others: Kesediaan hewan untuk membantu sesama'.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Read the report text entitled What is Refrigerator? with correct intonation and pronunciation. Then answer the following questions. What is refrigerator?     A refrigerator is a machine for keepi...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan keterangan pada paragraf kedua kalimat pertama "There are also ice boxes available that do not use electricity because they are filled with ice to provide the colder temperature", menunjukkan bahwa kotak es tidak memerlukan listrik.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah the ice boxes do not use electricity.undefined

Roboguru

What do you know about a report?

Pembahasan Soal:

Report adalah salah satu jenis teks yang ditulis berdasarkan hasil pengamatan mengenai suatu objek secara ilmiah. Karena sifatnya yang memaparkan informasi faktual, report menggunakan Simple Present Tense dalam penulisannya. Secara sederhana, generic structure dari report text adalah general classification dan descriptions.

Atau dalam Bahasa Inggris bisa dijelaskan bahwa:

Report is a type of text written based on scientific observations about an object. Due to its nature that presents factual information, report texts use Simple Present Tense. The general structures of report text is general classification and descriptions.

Jadi, untuk menjawab soal di atas bisa kita gunakan penjelasan seperti di atas.

Roboguru

Read the report text entitled What is Refrigerator? with correct intonation and pronunciation. Then answer the following questions. What is refrigerator?     A refrigerator is a machine for keepin...

Pembahasan Soal:

Soal di atas menanyakan apa fungsi pompa kalor. Jawaban untuk soal ini terdapat pada paragraf kedua baris keenam yaitu "It takes heat away from the air inside the fridge" yang berarti "pompa kalor berfungsi memindahkan panas dari udara yang ada di dalam lemari es".


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah heat pump takes heat away from the air inside the fridge.undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved