Roboguru

Hormon yang menjaga penebalan endometrium pada masa hamil adalah ...

Pertanyaan

Hormon yang menjaga penebalan endometrium pada masa hamil adalah ... 

  1. FSH 

  2. Estrogen 

  3. Progesteron 

  4. LH 

  5. Androgen 

Pembahasan Soal:

Hormon progesteron adalah hormon seks wanita yang mengatur siklus haid dan menjaga kehamilan. Hormon progesteron berperan dalam menjaga otot rahim tetap rileks selama kehamilan berlangsung, menjaga ketebalan dinding rahim selama janin berkembang, menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap kehadiran janin di tubuh, menyiapkan payudara untuk memproduksi ASI.space 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Yunita

Mahasiswa/Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hormon yang bertanggung jawab pada awal kehamilan adalah. . . .

Pembahasan Soal:

Hormon progesteron dihasilkan oleh plasenta. Hormon ini berfungsi menjaga ketebalan otot dinding rahim pada masa awal kehamilan sehingga dapat menghindari risiko bayi lahir prematur (lebih awal). Hormon progesteron akan terus meningkat hingga akhirnya menurun setelah persalinan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space space 

0

Roboguru

Jelaskan fungsi hormon estrogen, progesteron, FSH, LH, dan testosteron!

Pembahasan Soal:

Hormon estrogen, progesteron, FSH, LH, dan testosteron merupakan hormon-hormon yang berperan dalam sistem reproduksi manusia. Adapun fungsi dari masing-masing hormon tersebut adalah:

  • FSH (Follicle Stimulating Hormone). Pada wanita, berfungsi merangsang perkembangan folikel pada ovarium dan sekresi estrogen. Pada pria, berperan dalam menstimulasi testis untuk menghasilkan sperma.
  • LH (Luteinizing Hormone). Pada wanita, bersama dengan estrogen menstimulasi ovulasi dan pembentukan progesteron oleh korpus luteum pada ovarium. Pada pria, menstimulasi sel-sel interstitial pada testis untuk berkembang dan menghasilkan testosteron.
  • Testosteron, berfungsi merangsang pematangan dari sel-sel kelamin (sperma) dan pembentukan tanda-tanda kelamin sekunder pada pria, seperti pertumbuhan rambut (kumis, janggut, bulu dada), bahu yang melebar, dan suara yang membesar.
  • Estrogen, bertanggung jawab terhadap pematangan proses oogenesis (pembentukan sel telur), pemeliharaan fungsi organ kelamin, merangsang perkembangan ciri-ciri kelamin sekunder, seperti pembesaran payudara, penimbunan lemak di daerah tertentu (bahu, pinggul, dan paha), pertumbuhan rambut kelamin, dan merubah suara menjadi lembut.
  • Progesteron menyebabkan dinding rahim (endometrium) mensekresikan getahnya sehingga siap menerima sel telur yang sudah dibuahi. Bersama-sama dengan estrogen, progesteron berperan dalam memproduksi air susu ibu, membentuk dan memelihara plasenta kehamilan, serta memelihara kondisi kehamilan.space space 

0

Roboguru

Fungsi hormon progesteron yang dihasilkan kelenjar kelamin wanita adalah ....

Pembahasan Soal:

Hormon progesteron adalah hormon seks wanita yang diproduksi oleh indung telur (ovarium) dan kelenjar adrenal. Hormon ini berfungsi untuk memengaruhi dinding endometrium dalam mempersiapkan proses kehamilan, mencegah ovarium menghasilkan terlalu banyak sel telur selama kehamilan, mencegah kehamilan ganda, menghentikan kontraksi otot pada tuba falopi posterior untuk perpindahan sel telur, perkembangan janin, penguatan otot panggul untuk persiapan persalinan, dan produksi ASI.

0

Roboguru

Progesteron merupakan salah satu hormon yang dihasilkan oleh folikel de graaf dalam ovarium. Hormon ini mempunyai peran bagi manusia, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Progesteron merupakan hormon yang dihasilkan oleh korpus luteum dalam ovarium. Korpus luteum adalah badan kuning hasil perubahan dari folikel de Graaf yang telah ditinggalkan oosit sekunder. Progesteron berfungsi untuk menebalkan dan mempertahankan endometrium. Penebalan endometrium berguna untuk persiapan implantasi atau penempelan calon embrio hasil fertilisasi.

1

Roboguru

Hormon reproduksi yang dilepaskan oleh folikel yang ditinggalkan ovum adalah ....

Pembahasan Soal:

Setelah ovulasi terjadi, folikel akan berubah menjadi korpus luteum. Korpus luteum ini akan memproduksi hormon progesteron untuk mempertahankan ketebalan endometrium sebagai persiapan jika terjadi fertilisasi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved