Roboguru

Hormon yang mempengaruhi proses ovulasi yaitu ...

Pertanyaan

Hormon yang mempengaruhi proses ovulasi yaitu ... 

  1. FSH dan LH 

  2. LH dan progesterone 

  3. FSH dan estrogen 

  4. FSH dan ADH 

  5. ADH dan LH 

Pembahasan Soal:

Hormon adalah senyawa kimia yang diproduksi tubuh untuk mengatur berbagai macam proses alami yang terjadi di dalam tubuh. Dalam ovulasi dan kehamilan, hormon FSH bertugas merangsang pematangan sel telur, sementara hormon LH bertugas membuat sel telur dilepaskan ke dalam saluran fallopi dan disanalah sel telur siap untuk dibuahi. Pada wanita ada dua hormon yang mempengaruhi proses ovulasi dan kehamilan, yakni Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan Luteinizing Hormone (LH). Keduanya berperan sebagai pengantar untuk memberitahu ovarium kapan waktu yang tepat untuk melepaskan sel telur.space 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Yunita

Mahasiswa/Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hormon yang menyebabkan ovulasi pada wanita adalah ....

Pembahasan Soal:

Hormon yang menyebabkan ovulasi yaitu hormon Luteinizing Hormone (LH) hormon ini menimbulkan efek terhadap folikel utama yaitu oosit primer berkembang menjadi oosit sekunder serta sintesis enzim dan hormon prostaglandin. Hormon prostaglandin berfungsi merobek folikel matang sehingga terjadi ovulasi. Ovulasi pada umumnya terjadi pada hari ke-14 (wanita dalam kedaan subur).space 

0

Roboguru

Menjelang kelahiran, serviks menjadi lunak dan tulang panggul menjadi longgar. Hormon apa yang memengaruhi peristiwa tersebut?

Pembahasan Soal:

Menjelang kelahiran, serviks menjadi lunak dan tulang panggul akan menjadi longgar, kondisi tersebut terjadi karena tubuh memproduksi dan melepaskan hormon relaksin, dimana keberadaan hormon tersebut mampu membuat ikatan sendi menjadi lebih lunak dan tulang panggul menjadi lebih lentur sehingga memberi ruang yang cukup untuk persalinan agar bayi dapat mudah keluar. 

1

Roboguru

Hormon reproduksi yang dilepaskan oleh folikel yang ditinggalkan ovum adalah ....

Pembahasan Soal:

Setelah ovulasi terjadi, folikel akan berubah menjadi korpus luteum. Korpus luteum ini akan memproduksi hormon progesteron untuk mempertahankan ketebalan endometrium sebagai persiapan jika terjadi fertilisasi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Organ atau struktur yang menghasilkan estradiol dan progesteron ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Hormon reproduksi estradiol atau estrogen dan progesteron dihasilkan oleh ovarium. Selain menghasilkan hormon, kelenjar ini juga menghasilkan ovum atau sel telur. Pada gambar, ovarium ditunjukkan oleh nomor 2, dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Berikut ini adalah jenis jenis hormon yang dihasilkan didalam tubuh manusia. Adrenalin Insulin Ekstrogen Tiroksin Progesteron Testosteron Prolaktin Gastrin Diantara hormon-hormon diatas ya...

Pembahasan Soal:

  • Hormon progesteron berpengaruh terhadap siklus menstruasi dan ovulasi. Saat wanita mengalami ovulasi atau sedang berada di masa subur, hormon progesteron akan membantu mempersiapkan lapisan dalam rahim yang disebut endometrium untuk menerima sel telur yang telah dibuahi oleh sperma. Selama kehamilan, kadar hormon progesteron dalam tubuh tetap tinggi. Hal ini mencegah tubuh menghasilkan sel telur baru dan mempersiapkan tubuh untuk memproduksi ASI. Bila tidak terjadi pembuahan, kadar hormon progesteron dalam tubuh akan turun dan memicu menstruasi.
  • Hormon estrogen diproduksi di ovarium atau indung telur. Selain itu, hormon ini juga diproduksi oleh kelenjar adrenal dan plasenta, tetapi hanya dalam jumlah yang sedikit. Hormon estrogen berfungsi untuk membantu perkembangan dan perubahan tubuh saat pubertas, termasuk perkembangan fungsi organ seksual, dan memastikan proses ovulasi dalam siklus menstruasi bulanan. Hormon ini juga berperan dalam proses keluarnya ASI setelah persalinan, mengatur mood atau suasana hati, dan proses penuaan. Penurunan produksi estrogen dapat menimbulkan berbagai gangguan, seperti menstruasi yang tidak teratur, vagina kering, suasana hati tidak menentu, menopause, dan osteoporosis pada wanita lanjut usia.

Hormon reproduksi pada wanita ditunjukkan oleh nomor 3 dan 5.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved