Roboguru

Hormon yang berfungsi mengatur metabolisme  dan  adalah. . .

Pertanyaan

Hormon yang berfungsi mengatur metabolisme Ca dan P O subscript 4 adalah. . . 

Pembahasan Soal:

Kelenjar paratiroid merupakan kelenjar yang terletak di leher, tepatnya di belakang kelenjar tiroid. Salah satu fungsi dari kelenjar ini adalah mengatur kadar kalsium dalam darah dan juga meningkatkan penyerapan kalsium pada ginjal serta mencegah ginjal mengeluarkan kalsium melalui urine. Selain itu, kelenjar paratiroid ini juga membuat ginjal mengeluarkan kelebihan fosfat melalui urine. Intinya, kelenjar yang mengatur metabolisme Ca dan PO4 adalah kelenjar paratiroid dengan mengeluarkan hormon PTH

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hormon yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang terdapat di leher bagian depan di sebelah bawah jakun dan terdiri atas dua lobus. Hormon terpenting yang disekresikan kelenjar tiroid adalah tiroksin. Hormon tiroksin berfungsi untuk mengatur metabolisme, pertumbuhan, perkembangan, dan kegiatan sistem saraf.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

1

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Berdasarkan gambar diatas deskripsikan letak dari masing-masing kelenjar, hormon yang dihasilkan beserta fungsinya masing-masing!

Pembahasan Soal:

Gambar di atas merupakan gambar kelenjar-kelenjar endokrin penghasil hormon pada manusia. Berikut ini merupakan deskripsi dari masing-masing kelenjar berdasarkan nomor yang tertera pada gambar di atas:

  1. Nomor 1 Kelenjar Timus. Terletak di daerah dada, kelenjar ini merupakan kelenjar penimbunan hormon somatotrof atau hormon pertumbuhan dan setelah dewasa tidak berfungsi lagi.
  2. Nomor 2 Kelenjar Pituitari (Hipofisis). Pituitari terletak di dasar otak besar, kelenjar ini adlah yang terbesar dan dapat memengaruhi aktivitas kelenjar lainnya. Kelenjar hipofisis terbagi menjadi tiga lobus dan masing-masingnya menghasilkan hormon yang berbeda-beda, yaitu: Lobus anterior, menghasilkan hormon Tiroksin (TSH) untuk merangsang kelenjar tiroid untuk memproduksi tiroksin, Adenokortikotropin (ACTH) untuk merangsang korteks adrenal untuk memproduksi kortikosteroid, Focille Stimulating Hormone (FSH) untuk memacu perkembangan tubulus seminiferus dan spermatogenesis serta folikel dan oogenesis, Luteinizing Hormone (LH) untuk menstimulasi estrogen, Interstitial Cell Stimulating Hormone (ICSH) untuk menstimulasi testis dalam menghasilkan testosteron, dan Prolaktin (TH) untuk menstimulasi sekresi air susu. Lobus intermedia, menghasilkan hormon Somatotrof (STH) untuk merangsang tumbuhnya tulang, dan Melanosit Stimulating Hormone (MSH) untuk mengatur penyuburan pigmen dalam perubahan warna kulit. Lobus posterior, menghasilkan hormon Oksitosin untuk merangsang kontraksi otot di uterus, dan Antidiuretik Hormone (ADH) untuk mencegah pembentukan urin dalam jumlah banyak.
  3. Nomor 3 Kelenjar Adrenal. Terletak di atas ginjal, kelenjar ini terdiri dari dua bagian, yaitu korteks, menghasilkan hormon Korteks mineral untuk menyerap natrium darah dan mengatur reabsorpsi air di ginjal, Glukokortikoid untuk mengubah protein menjadi glikogen, mengubah glikogen menjadi glukosa, dan menaikkan kadar glukosa pada darah, Androgen untuk membentuk sifat kelamin sekunder laki-laki. Medula ginjal menghasilkan hormon Adrenalin untuk mengubah glikogen dalam otot menjadi glukosa dalam darah.
  4. Nomor 4 Kelenjar Hipotalamus. Terletak di otak bagian bawah, tepatnya dekat kelenjar pituitari menghasilkan hormon-hormon yang mengendalikan produksi hormon di kelenjar pituitari.
  5. Nomor 5 Kelenjar Tiroid. Terletak di daerah leher, dekat jakun, kelenjar ini adalah yang paling kaya pembuluh darah. Kelenjar tiroid menghasilkan tiga hormon, yaitu Tiroksin untuk membantu dalam proses metabolisme, pertumbuhan fisik, perkembangan mental, dan kematangan seks. Selanjutnya Triidotironin untuk mengatur distribusi air dan garam dalam tubuh dan Kalsitonin untuk menjaga keseimbangan kalsium dalam darah.
  6. Nomor 6 Testis (pada pria). Terletak di buah zakar dalam skrotum (laki-laki),  menghasilkan hormon Testosteron, untuk menentukan ciri pertumbuhan kelamin sekunder.
  7. Nomor 7 Kelenjar Paratiroid. Terletak di daerah kelenjar gondok, kelenjar ini dapat mengendalikan kadar kalsium dalam darah. Kelenjar paratiroid menghasilkan satu hormon, yaitu Parathormon untuk mengendalikan kadar kalsium dalam darah.
  8. Nomor 8 Kelenjar Pankreas. Terletak di dekat ventrikulus atau lambung, kelenjar ini menghasilkan dua hormon, yaitu Insulin untuk mengubah glukosa menjadi glikogen pada hati (shingga kadar gula darah akan turun) dan Glukogen untuk mengubah glikogen menjadi glukosa (sehingga kadar gula darah akan naik).
  9. Nomor 9 Ovarium (pada wanita). Terletak di daerah perut (wanita)  menghasilkan dua hormon yaitu Estrogen untuk menentukan ciri pertumbuhan kelamin sekunder dan Progesteron untuk menebalkan dinding uterus.space 

2

Roboguru

Tuliskan letak tujuh kelenjar buntu di dalam tubuh manusia..

Pembahasan Soal:

Terdapat 7 kelenjar buntu (endokrin) pada manusia, yaitu:

  1. Hipofisis (pituitari), terletak di bawah hipotalamus
  2. Tiroid (kelenjar gondok), terletak di bawah trakea di depan jakun
  3. Paratiroid, terletak menempel di belakang kelenjar tiroid
  4. Adrenal, terletak diatas ginjal dan berbentuk seperti topi
  5. Pankreas, terletak di belakang lambung
  6. Pineal, terletak di pusat otak
  7. Timus, terletak di depan percabangan trakea undefined 

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan fungsi hormon-hormon yang terdapat pada kelenjar endokrin!

Pembahasan Soal:

Kelenjar endokrin pada tubuh manusia diantaranya sebagai berikut.

  1. Kelenjar hipofisis terletak di dasar otak, di bawah hipotalamus.  Hipofisis memegang peranan penting dalam koordinasi kimia tubuh sehingga sering disebut master of glands.
  2. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang terdapat di leher bagian depan di sebelah bawah jakun dan terdiri atas dua lobus. Hormon terpenting yang disekresikan kelenjar tiroid adalah tiroksin. Tiroksin berfungsi untuk mengatur metabolisme, pertumbuhan, perkembangan, dan kegiatan sistem saraf.
  3. Kelenjar paratiroid menyekresikan hormon yang dinamakan parathormon (PTH). Peranan hormon ini adalah untuk metabolisme kalsium (Ca2+) dan fosfat (PO43+).
  4. Kelenjar timus merupakan kelenjar penimbunan hormon somatotrof atau hormon pertumbuhan dan setelah dewasa tidak berfungsi lagi.
  5. Kelenjar Langerhans (pankreas), menghasilkan hormon insulin dan glukagon. Insulin berfungsi mengubah gula darah (glukosa) menjadi gula otot (glikogen) di hati sehingga mengurangi kadar gula dalam darah. Glukagon berfungsi mengubah glikogen menjadi glukosa. 
  6. Kelenjar adrenal, menghasilkan hormon glukokortikoid dan mineralokortikoid. Glukokortikoid, misalnya kortisol, berfungsi mengatur kadar glukosa, menurunkan respons imun, dan membantu tubuh mengatasi stres. Mineralokortikoid, misalnya aldosteron, mengatur keseimbangan kadar natrium dan ka lium dalam tubuh.
  7. Kelenjar kelamin, testis merupakan kelenjar kelamin laki-laki yang mengandung sel Leydig. Sel-sel Leydig menghasilkan hormon testoteron yang berpengaruh terhadap pertumbuhan sekunder pada laki-laki. Ovarium adalah kelenjar kelamin wanita yang menyekresi hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini berpengaruh terhadap pertumbuhan kelamin sekunder pada perempuan. 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut!   merupakan kelenjar buntu karena tidak memiliki saluran pada umumnya hanya menyekresi satu jenis hormon memiliki sel sekretori yang dikelilingi pembuluh darah men...

Pembahasan Soal:

Kelenjar endokrin memiliki beberapa karakteristik yaitu merupakan kelenjar buntu karena tidak memiliki saluran (duktus), pada umumnya menyekresi lebih dari satu jenis hormon kecuali paratiroid, memiliki sejumlah sel sekretori yang dikelilingi banyak pembuluh darah, masa aktivitas kelenjar endokrin dalam menghasilkan hormon berbeda-beda, dan sekresi hormon dapat distimulasi atau dihambat oleh kadar hormon lainnya.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.begin mathsize 14px style space end style

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved