Roboguru

Hormon yang berfungsi menaikkan kadar glukosa dalam darah diproduksi oleh kelenjar . . . .

Pertanyaan

Hormon yang berfungsi menaikkan kadar glukosa dalam darah diproduksi oleh kelenjar . . . .undefined 

Pembahasan Soal:

Kelenjar pankreas yang memproduksi hormon Glukagon. Hormon glukagon yaitu hormon yang dapat memicu pemecahan glikogen di dalam hati dan otot menjadi glukosa yang akan dimasukan ke dalam darah.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Ridho

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Selama tiga bulan Pak Iwan menderita penyakit gagal ginjal sehingga harus rutin melakukan cuci darah. Berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui bahwa kadar gula dalam darah Pak Iwan sangat tinggi. Oleh ...

Pembahasan Soal:

Kadar gula dalam darah dikontrol oleh hormon insulin dan glukagon yang diproduksi oleh sel beta dan alfa pada pankreas. Dalam sistem pencernaan, ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung amilum, maka amilum tersebut akan didegradasi menjadi monomer gula sederhana misalnya glukosa. Setelah terdegradasi, selanjutnya glukosa akan diserap di usus halus melalui kapiler-kapiler darah yang terhubung dengan dinding usus halus dan diedarkan ke seluruh tubuh yang membutuhkan. Apabila kadar glukosa dalam darah tinggi (lebih dari kisaran normal yaitu 70-110 mg/ml) maka sel beta akan memproduksi hormon insulin untuk mengubah glukosa menjadi glikogen dan disimpan di hati dan sel otot. Sebaliknya apabila kadar glukosa darah rendah maka sel alfa akan memproduksi hormon glukagon untuk memecah glikogen menjadi glukosa hingga kadar gula dalam darah menjadi normal kembali.

Selanjutnya, hubungan antara kelebihan kadar glukosa dan gagal ginjal yang dialami oleh pak Iwan seperti yang tertera di dalam soal. Berhubungan dengan sistem ekskresi, hal ini bisa terjadi karena salah satu fungsi ginjal dalam memfiltrasi darah dan mereabsorbsi senyawa yang masih dibutuhkan tubuh salah satunya adalah glukosa. Apabila sel-sel beta mengalami penurunan kinerja untuk memproduksi hormon insulin, maka kadar glukosa dalam darah akan meningkat dan berdampak terhadap semakin kerasnya kerja ginjal dalam mereabsorbsi glukosa dari dalam tubulus ginjal untuk digunakan lagi oleh tubuh. Hal inilah yang dapat mengakibatkan terjadinya gagal ginjal akibat kelebihan kadar glukosa dalam darah.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah C.

0

Roboguru

Ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Berikut ini respon tubuh yang akan dilakukan ketika kondisi tersebut . . . .

Pembahasan Soal:

Meningkatnya kadar glukosa darah di atas kisaran normal akan menjadi stimulus, yang mendorong sel beta yang ada di pankreas untuk menghasilkan hormon insulin. Hormon insulin ini berfungsi untuk menstabilkan gula dalam darah, caranya dengan menstimulasi penyimpanan glukosa ke dalam sel.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Pernyataan yang tepat terkait dengan regulasi gula darah yang terjadi setelah makan adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada kondisi setelah makan kandungan gula darah akan meningkat, peningkatan kadar glukosa darah di atas kisaran normalnya akan menjadi stimulus yang mendorong sel beta pankreas untuk menghasilkan hormon insulin. Hormon insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah dengan cara menstimulasi penyimpanan glukosa ke dalam sel. Setelah insulin diedarkan oleh pembuluh darah menuju sel target, yaitu sel hati dan sel otot, insulin akan berikatan dengan reseptor sel target. Selanjutnya, hormon insulin akan mendorong terjadinya transduksi sinyal yang mengaktifkan protein transporter glukosa (GLUT). Aktifnya GLUT memungkinkan glukosa dari kapiler darah dapat masuk ke dalam sel target untuk dimanfaatkan secara langsung untuk membentuk ATP maupun disimpan dalam bentuk glikogen, sehingga menyebabkan kadar gula darah menurun dan kembali di kisaran normal.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Kadar glukosa dan hormon adrenalin dalam darah seseorang dikur pada waktu yang sama selama 7 menit. Hasil pengukuran ditunjukkan oleh grafik berikut.   Dari grafik di atas, jawablah pertanyaan-per...

Pembahasan Soal:

Hormon adrenalin adalah hormon yang berperan mempersempit pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah, serta dapat mengubah glikogen (gula otot) menjadi glukosa (gula darah). Saat kadar hormon adrenalin meningkat, maka kadar glukosa juga meningkat.

Jadi, yang terjadi dengan orang tersebut pada waktu T adalah kadar hormon adrenalin mulai mengalami peningkatan begitu pula dengan kadar glukosa dalam darah.  undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Berdasarkan gambar diatas deskripsikan letak dari masing-masing kelenjar, hormon yang dihasilkan beserta fungsinya masing-masing!

Pembahasan Soal:

Berikut tabel penjelasan letak dari masing-masing kelenjar, hormon yang dihasilkan beserta fungsinya

No Kelenjar Hormon Fungsi
1 Timus Thymosin Menghasilkan sel limfosit-T dalam melawan infeksi dan sel kanker.
2 Hipofisis LH Mempengaruhi proses ovulasi
3 Adrenal Glukokortikoid Menaikkan glukosa darah
4 Hipotalamus dan Ovarium Estrogen Sifat kelamin sekunder pada wanita
5 Tiroid Tiroksin Membantu metabolisme tubuh
6 Testis Testosteron Menghasilkan sperma
7 Paratiroid Parathormon Mengendalikan kalsium darah
8 Pankreas Insulin Mengubah glukosa -> glikogen

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved