Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hormon apakah yang mengatur perubahan pada tubuh manusia ?

Hormon apakah yang mengatur perubahan pada tubuh manusia ?  

  1. . . .  

  2. . . .  

Iklan

P. Data

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Berikut ini adalah hormon yang mengatur perubahan pada wanita : Progesteron Hormon progesteron berpengaruh terhadap siklus menstruasi dan ovulasi. Saat wanita mengalami ovulasi atau sedang berada di masa subur, hormon progesteron akan membantu mempersiapkan lapisan dalam rahim yang disebut endometrium untuk menerima sel telur yang telah dibuahi oleh sperma. Estrogen Hormon estrogen berfungsi untuk membantu perkembangan dan perubahan tubuh saat pubertas, termasuk perkembangan fungsi organ seksual, dan memastikan proses ovulasi dalam siklus menstruasi bulanan. Testosteron Kadar hormon testosteron yang terdapat pada tubuh wanita memang tidak sebanyak pada pria, namun hormon ini tetap memiliki fungsi yang penting bagi kesehatan wanita. Hormon testosteron berperan dalam menjaga kesehatan vagina, payudara, dan kesuburan. Luteinizing hormone (LH) LH pada wanita bertugas untuk membantu tubuh mengatur siklus menstruasi dan ovulasi. Follicle-stimulating hormone (FSH) Hormon FSH membantu mengendalikan siklus menstruasi dan produksi sel telur di ovarium. Berikut ini adalah hormon yang mengatur perubahan pada pria: Follicle stimulating hormone (FSH) Hormon FSH berfungsi untuk mengendalikan produksi sperma dan perkembangan organ kelamin. Luteinizing hormone (LH) LH berfungsi merangsang produksi testosteron, yang memengaruhi tingkat produksi sperma pria. Testosteron Kadar hormon testosteron pada pria lebih tinggi dibandingkan wanita. Hormon ini akan mengalami peningkatan selama masa pubertas, kemudian mulai menurun sejak memasuki usia 30 tahun. Fungsi hormon testosteron pada pria antara lain mengendalikan gairah seksual, produksi sperma, kepadatan tulang, dan juga massa otot, sehingga hormon ini mampu memengaruhi perubahan fisik dan emosional pria secara signifikan. Estrogen Fungsi estrogen adalah mengontrol kesehatan sperma. Namun, jika kadar estrogen pada pria terlalu tinggi, dapat terjadi penurunan kualitas sperma dan disfungsi ereksi.

Berikut ini adalah hormon yang mengatur perubahan pada wanita :  

  1. Progesteron
    Hormon progesteron berpengaruh terhadap siklus menstruasi dan ovulasi. Saat wanita mengalami ovulasi atau sedang berada di masa subur, hormon progesteron akan membantu mempersiapkan lapisan dalam rahim yang disebut endometrium untuk menerima sel telur yang telah dibuahi oleh sperma.  
  2. Estrogen
    Hormon estrogen berfungsi untuk membantu perkembangan dan perubahan tubuh saat pubertas, termasuk perkembangan fungsi organ seksual, dan memastikan proses ovulasi dalam siklus menstruasi bulanan.  
  3. Testosteron
    Kadar hormon testosteron yang terdapat pada tubuh wanita memang tidak sebanyak pada pria, namun hormon ini tetap memiliki fungsi yang penting bagi kesehatan wanita. Hormon testosteron berperan dalam menjaga kesehatan vagina, payudara, dan kesuburan.  
  4. Luteinizing hormone (LH)
    LH pada wanita bertugas untuk membantu tubuh mengatur siklus menstruasi dan ovulasi. 
  5. Follicle-stimulating hormone (FSH)
    Hormon FSH membantu mengendalikan siklus menstruasi dan produksi sel telur di ovarium. 

Berikut ini adalah hormon yang mengatur perubahan pada pria :  

  1. Follicle stimulating hormone (FSH)
    Hormon FSH berfungsi untuk mengendalikan produksi sperma dan perkembangan organ kelamin.  
  2. Luteinizing hormone (LH)
    LH berfungsi merangsang produksi testosteron, yang memengaruhi tingkat produksi sperma pria.  
  3. Testosteron
    Kadar hormon testosteron pada pria lebih tinggi dibandingkan wanita. Hormon ini akan mengalami peningkatan selama masa pubertas, kemudian mulai menurun sejak memasuki usia 30 tahun. Fungsi hormon testosteron pada pria antara lain mengendalikan gairah seksual, produksi sperma, kepadatan tulang, dan juga massa otot, sehingga hormon ini mampu memengaruhi perubahan fisik dan emosional pria secara signifikan.  
  4. Estrogen
    Fungsi estrogen adalah mengontrol kesehatan sperma. Namun, jika kadar estrogen pada pria terlalu tinggi, dapat terjadi penurunan kualitas sperma dan disfungsi ereksi.   

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hormon yang dilepaskan ke urin wanita hamil dan dijadikan petunjuk kehamilan adalah ...

40

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia