Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hormon apa saja yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan apa fungsinya?

Hormon apa saja yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan apa fungsinya?space 

Iklan

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Hormon pertumbuhan manusia yaitu: Hormon Tiroksin. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar gondok atau kelenjar tiroid. Hormon tiroksin memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh melalui pengaturan metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Kekurangan hormon ini pada masa dewasa dapat mengakibatkan myxedema atau myxoedema . Hormon Pertumbuhan ( Growth Hormone /GH). Hormon pertumbuhan dihasilkan hipofisis anterior. Hormon ini disebut juga hormon somatotropin (STH). Hormon pertumbuhan (GH) berfungsi memenganihi kecepatan pertumbuhan seseorang. Kekurangan hormon pertumbuhan menyebabkan seorang anak tidak dapat tumbuh dengan normal. Kelebihan hormon ini pada masa pertumbuhan dapat menyebabkan pertumbuhan raksasa (gigantisme). Sebaliknya, jika kekurangan GH, akan berakibat tubuh menjadi kerdil (kretinisme). Kelebihan GH pada usia dewasa, dapat menyebabkan akromegali, yaitu membesarnya bagian tubuh tertentu, seperti hidung atau telinga. Hormon Testosteron. Hormon ini mengatur perkembangan organ-organ- reproduksi dan munculnya tanda-tanda atau ciri-ciri kelamin sekunder pada laki-laki. Hormon Estrogen dan Progesteron. Kedua hormon ini berfungsi mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya tanda-tanda kelamin sekunder pada perempuan.

Hormon pertumbuhan manusia yaitu:

  1. Hormon Tiroksin. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar gondok atau kelenjar tiroid. Hormon tiroksin memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh melalui pengaturan metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Kekurangan hormon ini pada masa dewasa dapat mengakibatkan myxedema atau myxoedema.
  2. Hormon Pertumbuhan (Growth Hormone/GH). Hormon pertumbuhan dihasilkan hipofisis anterior. Hormon ini disebut juga hormon somatotropin (STH). Hormon pertumbuhan (GH) berfungsi memenganihi kecepatan pertumbuhan seseorang. Kekurangan hormon pertumbuhan menyebabkan seorang anak tidak dapat tumbuh dengan normal. Kelebihan hormon ini pada masa pertumbuhan dapat menyebabkan pertumbuhan raksasa (gigantisme). Sebaliknya, jika kekurangan GH, akan berakibat tubuh menjadi kerdil (kretinisme). Kelebihan GH pada usia dewasa, dapat menyebabkan akromegali, yaitu membesarnya bagian tubuh tertentu, seperti hidung atau telinga.
  3. Hormon Testosteron. Hormon ini mengatur perkembangan organ-organ- reproduksi dan munculnya tanda-tanda atau ciri-ciri kelamin sekunder pada laki-laki.
  4. Hormon Estrogen dan Progesteron. Kedua hormon ini berfungsi mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya tanda-tanda kelamin sekunder pada perempuan.  

Latihan Bab

Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan

Fase Embrionik

Lapisan Embrionik dan Rongga Tubuh Hewan

Fase Pasca Embrionik

8rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perubahan fisik pada remaja yang dipengaruhi hormon estrogen dan hormon testosteron secara berurutan adalah ….

36

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia