Iklan

Iklan

Pertanyaan

Horman relaksin merupakan salah satu hormonyang penting bagiprosespersalinan secaranormal. Hormon ini berfungsi untuk melunakkanserviks dan melonggarkan tulang panggul sehinggamemudahkan pengeluaran janin. Berdasarkanpernyataan tersebut, apakah hormon relaksin akantetap diproduksi apabila proses persalinandilakukan secara caesar ? Jelaskan!

Horman relaksin merupakan salah satu hormon yang penting bagi proses persalinan secara normal. Hormon ini berfungsi untuk melunakkan serviks dan melonggarkan tulang panggul sehingga memudahkan pengeluaran janin. Berdasarkan pernyataan tersebut, apakah hormon relaksin akan tetap diproduksi apabila proses persalinan dilakukan secara caesar? Jelaskan! 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

T. TA.KakRivani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

hormon tersebut tetap telah diproduksi pada wanita yang menjalani persalinan secara caesar .

hormon tersebut tetap telah diproduksi pada wanita yang menjalani persalinan secara caesar.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Proses kehamilan dan persalinan melibatkan peran berbagai hormon pada tubuh wanita. Salah satu di antaranya adalah hormon relaksin. Fungsinya adalah membuat serviks dan sendi-sendi menjadi lembut selama masa kehamilan. Hasilnya, sendi tulang punggung dan panggul menjadi lebih lentur dan lebih siap untuk proses persalinan. Hormonini akan disekresikan ke dalam sirkulasi oleh korpus luteum di ovarium.Kadar relaksinmeningkat setelah ovulasi selama paruh kedua siklus menstruasi wanita, yang diyakini dapat melemaskan dinding rahim dan mempersiapkannya untuk kehamilan.Ketika terjadi kehamilan,tingkat relaksin terus meningkat selama trimester pertama, membantu implantasi dan pertumbuhan plasenta. Hormon ini juga menghentikan kontraksi dinding rahim saat janintumbuh untuk mencegah persalinan prematur. Pada akhir kehamilan, saat persalinan dimulai, relaksin membantu melemaskan ligamen di panggul agar bisa meregang saat bayi meninggalkan tubuh ibunya. Hal ini menunjukkan sekresi relaksin sudah terjadi sejak awal kehamilan. Dengan demikian, hormon tersebut tetap telah diproduksi pada wanita yang menjalani persalinan secara caesar .

Proses kehamilan dan persalinan melibatkan peran berbagai hormon pada tubuh wanita. Salah satu di antaranya adalah hormon relaksin. Fungsinya adalah membuat serviks dan sendi-sendi menjadi lembut selama masa kehamilan. Hasilnya, sendi tulang punggung dan panggul menjadi lebih lentur dan lebih siap untuk proses persalinan.

Hormon ini akan disekresikan ke dalam sirkulasi oleh korpus luteum di ovarium. Kadar relaksin meningkat setelah ovulasi selama paruh kedua siklus menstruasi wanita, yang diyakini dapat melemaskan dinding rahim dan mempersiapkannya untuk kehamilan. Ketika terjadi kehamilan, tingkat relaksin terus meningkat selama trimester pertama, membantu implantasi dan pertumbuhan plasenta. Hormon ini juga menghentikan kontraksi dinding rahim saat janin tumbuh untuk mencegah persalinan prematur. Pada akhir kehamilan, saat persalinan dimulai, relaksin membantu melemaskan ligamen di panggul agar bisa meregang saat bayi meninggalkan tubuh ibunya. 

Hal ini menunjukkan sekresi relaksin sudah terjadi sejak awal kehamilan. Dengan demikian, hormon tersebut tetap telah diproduksi pada wanita yang menjalani persalinan secara caesar.space 

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hormon yang hanya dimiliki oleh ibu hamil adalah ....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia