Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hitung bilangan oksidasi semua unsur dalam senyawa atau ion berikut: HCOOH

Hitung bilangan oksidasi semua unsur dalam senyawa atau ion berikut:


 

  1.  ...space 

  2.  ...undefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Bilangan Oksidasi atom Cadalam senyawa adalah .

Bilangan Oksidasi atom C adalam senyawa undefined adalah begin mathsize 14px style plus 2 end style.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Biloks adalah singkatan dari bilangan oksidasi yang didefinisikan sebagai jumlah muatan negatif dan positif dalam atom, yang secara tidak langsung menunjukkan jumlah elektron yang telah diterima atau diserahkan ke atom lain. Beberapa atom hanya mempunyai satu biloks, namun ada beberapa atom yang mempunyai lebih dari satu biloks. Jika inginmenemukan nilai dari sebuah bilangan atom pada suatu molekul ataupun senyawa, makaharus mengetahui terlebih dahulu biloks atom unsur lainnya yang mempunyai sifat umum (standar). aturan dalam mengerjakan biloks adalah: Bilangan oksidasi unsur dari golongan IA adalah +1 dan unsur dari golongan IIA adalah +2, dan golongan IIIA adalah +3 Bilangan oksidasi unsur H yang berkaitan pada senyawa logam adalah +1, apabila berkaitan dengan senyawa non-logam -1. Bilangan oksidasi oksigen (O) dalam senyawa peroksida = -1. Bilangan oksidasi O dalam senyawa non-peroksida = -2. Dalam senyawa , biloks atom H adalah +1, dan biloks atom O adalah -2. maka biloks atom Cadalah: Jadi, Bilangan Oksidasi atom Cadalam senyawa adalah .

Biloks adalah singkatan dari bilangan oksidasi yang didefinisikan sebagai jumlah muatan negatif dan positif dalam atom, yang secara tidak langsung menunjukkan jumlah elektron yang telah diterima atau diserahkan ke atom lain. Beberapa atom hanya mempunyai satu biloks, namun ada beberapa atom yang mempunyai lebih dari satu biloks. Jika ingin menemukan nilai dari sebuah bilangan atom pada suatu molekul ataupun senyawa, maka harus mengetahui terlebih dahulu biloks atom unsur lainnya yang mempunyai sifat umum (standar). 

aturan dalam mengerjakan biloks adalah:

  1. Bilangan oksidasi unsur dari golongan IA adalah +1 dan unsur dari golongan IIA adalah +2, dan golongan IIIA adalah +3
  2. Bilangan oksidasi unsur H yang berkaitan pada senyawa logam adalah +1, apabila berkaitan dengan senyawa non-logam -1.
  3. Bilangan oksidasi oksigen (O) dalam senyawa peroksida = -1. Bilangan oksidasi O dalam senyawa non-peroksida = -2. 

Dalam senyawa begin mathsize 14px style H C O O H end style , biloks atom H adalah +1, dan biloks atom O adalah -2. maka biloks atom C adalah:


begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Biloks space H C O O H end cell equals 0 row cell left parenthesis plus 1 right parenthesis plus open parentheses C close parentheses plus left parenthesis minus sign 2 right parenthesis plus left parenthesis minus sign 2 right parenthesis plus left parenthesis plus 1 right parenthesis end cell equals 0 row cell Biloks space C end cell equals cell plus 2 end cell end table end style


Jadi, Bilangan Oksidasi atom C adalam senyawa undefined adalah begin mathsize 14px style plus 2 end style.

Latihan Bab

Pendahuluan Redoks

Konsep Redoks Melibatkan Oksigen

Konsep Redoks Melibatkan Hidrogen

Konsep Redoks Melibatkan Elektron

586

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berapakah bilangan oksidasi masing-masing unsur dalam ion berikut? CrO 4 2 − ​

56

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia