Roboguru

Historiografi kolonial biasanya ditulis oleh ....

Pertanyaan

Historiografi kolonial biasanya ditulis oleh ....

  1. Orang-orang Indonesia, maka sifatnya Indonesia sentris

  2. Orang-orang daerah koloni, maka sifatnya kolonial sentris

  3. Para pujangga istana, maka sifatnya istana sentris

  4. Para penulis Belanda, maka sifatnya Nederland sentris

  5. Orang-orang Belanda dengan menggunakan metode wawancara dengan orang-orang di tanah koloni

Pembahasan Soal:

Historiografi kolonial merupakan penulisan sejarah yang dilakukan oleh orang-orang Belanda maupun penjajah lain dengan fokus perhatian pada kebijakan pemerintah kolonial dan kehidupan masyarakat Eropa. Ciri-ciri historiografi kolonial adalah bersifat Belanda sentris dan aktivitas masyarakat jajahan jarang ditulis. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini contoh historiografi kolonial adalah….

Pembahasan Soal:

Historiografi kolonial adalah penulisan sejarah yang ditulis pada masa kolonial. Fokus utama historiografi kolonial adalah kehidupan warga Belanda (Eropa) di Hindia Belanda karena ditulis oleh orang-orang Belanda atau Eropa. Tujuan penulisannya untuk memperkuat kedudukan mereka di Indonesia. Contoh: History of Java (1817) karya Thomas S. Raffles yang mengenai hal-hal tentang Jawa mulai dari geografi, kependudukan, hingga adat istiadat yang berkembang. Selain itu, ada pula Oud en Niew Oost Indien (1724-1726) karya François Valentijn yang menuliskan mengenai kegiatan-kegiatan kongsi dagang Belanda, yaitu VOC, di Nusantara dan Asia.  

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Historiografi kolonial merupakan penulisan sejarah yang bersifat Belanda-sentris, artinya...

Pembahasan Soal:

Historiografi kolonial merupakan penulisan sejarah yang membahas masalah penjajahan Belanda atas Bangsa Indonesia. Penulisan tersebut dilakukan oleh orang-orang Belanda dan banyak di antara penulisnya yang tidak pernah melihat Indonesia. Sumber-sumber yang dipergunakan berasal dari arsip negara di negeri Belanda dan di Jakarta (Batavia); pada umumnya tidak menggunakan atau mengabaikan sumber-sumber Indonesia. Sesuai dengan namanya, yaitu historiografi kolonial, maka sebenarnya kuranglah tepat bila disebut penulisan sejarah Indonesia. Lebih tepat disebut sejarah Bangsa Belanda di Hindia Belanda (Indonesia). Mengapa demikian? Hal ini tidaklah mengherankan, sebab fokus pembicaraan adalah Bangsa Belanda, bukanlah kehidupan rakyat atau kiprah Bangsa Indonesia di masa penjajahan Belanda. Itulah sebabnya, sifat pokok dari historiografi kolonial ialah Eropa sentris atau Belanda sentris. Yang diuraikan atau dibentangkan secara panjang lebar adalah aktivitas Bangsa Belanda, pemerintahan kolonial, aktivitas para pegawai kompeni (orang-orang kulit putih), seluk beluk kegiatan para gubernur jenderal dalam menjalankan tugasnya di tanah jajahan, yakni Indonesia. Aktivitas rakyat tanah jajahan (rakyat Indonesia) diabaikan sama sekali.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Berikut yang bukan ciri-ciri Historiografi Kolonial adalah...

Pembahasan Soal:

Historiografi kolonial adalah penulisan sejarah yang ditulis pada masa kolonial. Fokus utama historiografi kolonial adalah kehidupan warga Belanda (Eropa) di Hindia Belanda karena ditulis oleh orang-orang Belanda atau Eropa. Tujuan penulisannya untuk memperkuat kedudukan mereka di Indonesia. Ciri-ciri historiografi masa kolonial adalah Belanda atau Eropa sentris, bersifat diskriminatif, bersifat mitologsi, bersifat subjektif dan mengabaikan sumber lokal.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Historiografi kolonial memberi tekanan pada aspek .…

Pembahasan Soal:

Historiografi merupakan penulisan suatu peristiwa sejarah dengan menggunakan sumber, teknik, dan pendekatan teoretis tertentu. Historiografi mengkaji bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi di masa lampau, tokoh-tokoh yang terlibat, waktu kejadian, hingga tempat dimana kejadian tersebut berlangsung. Dalam perkembangannya, historiografi terbagi menjadi berbagai jenis. Ada historiografi tradisional, kolonial, hingga nasional. Historiografi kolonial merupakan penulisan sejarah yang dilakukan oleh orang-orang Eropa pada masa kolonialisme. Historiografi kolonial memiliki berbagai ciri, mulai dari bersifat Eropasentris, mengedepankan peran politik dan ekonomi orang Eropa di wilayah pendudukan, hingga bersifat diskriminatif dengan tidak menuliskan peran orang-orang pribumi. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah E. 

0

Roboguru

Perlawanan terhadap penguasa asing dianggap sebagai pemberontakan. Hal ini terjadi pada penulisan sejarah masa ....

Pembahasan Soal:

Fokus utama dari historiografi kolonial adalah kehidupan warga Belanda yang tinggal di Indonesia. Contohnya adalah aktivitas-aktivitas warga Belanda, pemerintahan kolonial, pegawai kompeni, dan kegiatan para gubernur jenderal dalam menjalankan tugasnya di Indonesia. Kondisi rakyat Indonesia yang tidak terjajah tidak mendapatkan perhatian. Bangsa Belanda menganggap dirinya adalah tuan yang diperlakukan dengan terhormat dan mulia, sementara orang Indonesia disebut sebagai bumiputera yang menyiratkan bahwa kita tidak diperlakukan sebagai bangsa, melainkan sebagai alat untuk kepentingan Belanda. Karena fokusnya pada kepentingan Belanda, banyak penulisan tentang perlawanan rakyat Indonesia terhadap Belanda yang berlawanan dengan kenyataan yang sebenarnya. Sebagai contoh, Pangeran Diponegoro yang memunculkan dua interpretasi. Dari sudut pandang penulisan sejarah nasional Belanda, maka Pangeran Diponegoro dianggap sebagai pemberontak, namun dari sudut pandang penulisan sejarah Indonesia, Pangeran Diponegoro adalah pahlawan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved