Roboguru

Hipofisis sering disebut sebagai master of glands ...

Hipofisis sering disebut sebagai master of glands karena memproduksi banyak hormon. Hipofisis terbagi atas tiga bagian, yaitu posterior, intermedia, dan anterior. Apa yang terjadi apabila seseorang mengalami kerusakan pada bagian posterior hopofisisnya?

Jawaban:

Kelenjar hipofisis posterior menghasilkan hormon oksitosin dan hormon antidiuretik (ADH). Hormon oksitosin berfungsi untuk menstimulasi kontraksi sel otot polos pada rahim wanita hamil pada saat akan melahirkan dan menstimulasi kontraksi sel-sel kontraktil dari kelenjar susu agar mengeluarkan air susu. Hormon antidiuretik berfungsi menurunkan volume urine dan meningkatkan tekanan darah dengan cara menyempitkan pembuluh darah. Apabila hipofisis posterior mengalami kerusakan maka hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tersebut akan terganggu (mengalami kekurangan) kondisi seperti itu disebut Hipoptuitarisme, yaitu penyakit akibat kekurangan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis.

Dengan demikian apabila seseorang mengalami kekurangan ADH yang disebabkan oleh kerusakan pada hipofisis posterior maka orang tersebut akan beresiko terkena penyakit diabetes insipidus.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved