Roboguru

Hidrogen iodida (HI) merupakan asam paling lemah dibandingkan HF, HCl, dan HBr sebab ion H+ pada HI terikat paling kuat sehingga tidak mudah lepas.

Pertanyaan

Hidrogen iodida (HI) merupakan asam paling lemah dibandingkan HF, HCl, dan HBr

sebab

ion H+ pada HI terikat paling kuat sehingga tidak mudah lepas.space 

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space 

  5. Pernyataan dan alasan salah.space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Untuk menentukan kekuatan asam halogen dapat dilihat dari jari-jari atom halogen. Kecenderungan jari-jari atom dalam satu gologan adalah meningkat seiring bertambahnya nomor atom atau dalam kata lain semakin ke bawah jari-jari atom semakin besar.

Ketika jari-jari atom bertambah menyebabkan semakin lemah gaya tarik inti atom halogen terhadap elektron terluar sehingga ion H+ mudah dilepaskan. Semakin besar kemungkinan ion H+ dilepaskan maka semakin kuat sifat keasaman dari asam halida.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa HI adalah asam halida terkuat karena jari-jari atom I yang lebih panjang menyebabkan gaya tarik inti lebih lemah sehingga paling mudah untuk melepaskan ion H+.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 08 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Energi disosiasi ikatan F2​ lebih rendah dari pada Cl2​ Hal ini disebabkan ....

Pembahasan Soal:

Energi disosiasi merupakan energi yang diperlukan untuk memutuskan 1 mol ikatan kimia dalam suatu molekul gas. Energi disosiasi ikatan halogen (dari F ke At) cenderung semakin kecil. Tetapi terdapat penyimpangan dimana energi disosiasi ikatan F subscript 2 lebih rendah Cl subscript 2. Hal ini disebabkan karena ukuran atom F yang kecil sehingga kerapatan pada molekul F subscript 2sangat tinggi.  Akibat adanya pengaruh gaya tolak-menolak antara pasangan elektron bebas pada F subscript 2, gaya tarik inti terhadap pasangan elektron ikatan menjadi berkurang.

Jadi, energi disosiasi ikatan senyawa Cl subscript 2 lebih besar dibandingkan dengan senyawa F subscript 2 karena kerapatan molekul Cl subscript 2 yang lebih kecil sehingga menyebabkan energi disosiasi meningkat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Mengapa energi ikatan X−X cenderung berkurang dari atas ke bawah? Jelaskan.

Pembahasan Soal:

Energi ikatan adalah jumlah energi yang diperlukan untuk memutus satu mol molekul menjadi atom atom individual. Energi ikatan memiliki satuan kJ/mol. Semakin tinggi energi ikatan suatu senyawa, maka semakin sulit pula ikatan tersebut untuk diputuskan karena dibutuhkan lebih banyak energi yang diperlukan untuk memutuskannya.

Energi ikatan pada unsur halogen (X bond X) cenderung berkurang dari atas ke bawah, hal ini berbanding lurus dengan jari-jari atom unsur halogen. Dalam 1 golongan, dari atas ke bawah, jari-jari atom semakin panjang, sehingga ikatan yang terbentuk antar halogen semakin lemah dan semakin mudah diputuskan, sehingga energi ikatan pun berkurang.

Namun demikian, energi ikatan F bond F lebih kecil dibandingkan energi ikatan Cl bond Cl. Hal tersebut karena F (fluor) merupakan atom yang berukuran kecil, oleh karenanya tolakan pasangan elektron bebas pada F bond F sangat besar menyebabkan ikatan antara F bond F mudah putus.


Jadi, energi ikatan X bond X cenderung berkurang dari atas ke bawah karena jari-jari atom unsur halogen semakin bertambah dari atas ke bawah, sehingga ikatan yang terbentuk semakin lemah.space space space

0

Roboguru

Terangkan perihal berikut! Jari-jari halida lebih besar daripada jari-jari atomnya.

Pembahasan Soal:

Halida adalah senyawa biner yang dibentuk antara unsur-unsur halogen (unsur golongan VII A) dengan unsur lain yang lebih elektropositif, misalkan AgBr, NaCl, dan KI.

Jari-jari halida lebih besar daripada jari-jari atomnya. Hal ini dikarenakan halida merupakan molekul (gabungan lebih dari satu atom) sehingga jari-jarinya lebih besar daripada jari-jari satu atom. Misalkan saja jari-jari halida NaCl, adalah jari-jari Na yang telah berikatan dengan Cl dalam bentuk molekulnya sehingga memiliki jari-jari yang lebih besar jika dibandingkan dengan atom Na sendiri atau Cl sendiri.space 

0

Roboguru

Jika dibandingkan dengan asam halida lainnya, sifat keasaman HF lebih rendah, hal ini disebabkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Asam yang tergolong dalam asam halida adalah HF, HCl, HBr dan HI. Kekuatan asam halida bergantung pada ikatan antara HX atau kemudahan senyawa halida untuk memutuskan ikatan antara HX.

Pada golongan halogen, ikatan antara HX akan semakin berkurang dari atas ke bawah karena jari-jarinya semakin besar. Semakin besar jari-jari maka semakin lemah gaya tarik menarik antara inti dengan elektron terluar. Oleh karena F memiliki jari-jari atom paling kecil dibandingkan unsur halogen lainnya, maka ikatan yang terjadi antara H dengan F akan kuat. Oleh karena itu, ketika HF dilarutkan dalam air maka jumlah ion H to the power of plus sign yang terionisasi atau dilepaskan akan sangat sedikit sehingga sifat asamnya lebih rendah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Urutkan unsur-unsur halogen berdasarkan jari-jari atomnya, dimulai dari yang terbesar.

Pembahasan Soal:

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom sampai kulit terluar. Semakin bawah jari jari atom semakin besar. Hal ini karena nomor atom semakin besar, sehingga jumlah elektron semakin banyak. Semakin banyak jumlah elektron dalam atom menyebabkan atom memiliki jumlah kulit yang semakin banyak pula jumlah kulit yang semakin banyak menyebabkan jarak antara inti dengan elektron terluar semakin jauh. Urutan jari-jari atom unsur golongan halogen dari yang terbesar adalah At > I > Br > Cl > F.


Jadi, jawaban yang benar adalah At > I > Br > Cl > F.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved