Roboguru

Hewan yang suhu tubuhnya tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan atau tetap disebut ....

Pertanyaan

Hewan yang suhu tubuhnya tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan atau tetap disebut ....

Pembahasan Soal:

Hewan yang suhu tubuhnya tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan atau tetap disebut hewan berdarah panas (homoiterm). Hewan yang termasuk dalam homoiterm adalah bangsa Aves dan Mamalia.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang disebut dengan organisme Endoterm dan organisme Ektoterm . . . .

Pembahasan Soal:

Endoterm dan eksoterm berkaitan dengan asal suhu tubuh organisme. Endoterm adalah organisme yang mampu mengatur suhu tubuhnya, panas tubuhnya berasal dari dalam tubuh sebagai hasil dari proses metabolisme sel tubuh.spaceContohnya pada seluruh kelompok Aves dan Mammalia. Eksoterm adalah organisme yang bergantung dengan suhu lingkungan untuk meningkatkan suhu tubuhnya karena panas yang dihasilkan dari keseluruhan sistem metabolismenya hanya sedikit. Contohnya kelompok ikan (Pisces), Amfibia dan Reptil. undefined 

Roboguru

Salah satu ciri dari kelompok vertebrata adalah sebagian anggotanya yang bersifat poikiloterm dan homoiterm. Pernyataan yang tepat tentang sifat poikiloterm adalah ….

Pembahasan Soal:

Organisme yang bersifat poikiloterm merupakan organisme yang memiliki suhu tubuh yang berubah-ubah mengikuti suhu lingkungan. Mereka tidak memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu tubuhnya. Suhu tubuh organisme poikiloterm dipengaruhi oleh lingkungan. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Perhatikan ciri-ciri pada kelas anggota kingdom animalia berikut! Homoiterm Poikiloterm Permukaan tubuh ditutupi bulu Permukaan tubuh ditutupi rambut Reproduksi dengan cara bertelur Reproduksi...

Pembahasan Soal:

Beruang termasuk kedalam kelas mamalia. Mamalia memiliki ciri yaitu :

  1.  memiliki suhu tubuh yang stabil atau homoiterm,
  2. tubuh ditutupi rambut 
  3. melakukan reproduksi dengan cara melahirkan
  4. memiliki kelenjar susu.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Perhatikan Tabel di bawah ini! Berdasarkan tabel di atas, urutan hewan yang memerlukan energi terkecil ke terbesar untuk beradaptasi terhadap perubahan suhu lingkungan adalah ....

Pembahasan Soal:

Hewan mempunyai kemampuan adaptasi terhadap perubahan suhu lingkungan. Berdasarkan pengaruh suhu pada lingkungan, hewan dikelompokkan menjadi :

  • Poikiloterm, adalah hewan yang suhu tubuhnya selalu berfluktuasi mendekati suhu lingkungan atau dipengaruhi oleh lingkungan.
  • Homoioterm, adalah hewan yang suhu tubuhnya cenderung stabil karena tidak dipengaruhi oleh lingkungan.

Hewan poikiloterm cenderung memerlukan energi dalam jumlah kecil untuk beradaptasi terhadap perubahan suhu lingkungan, sedangkan hewan homoioterm memerlukan energi dalam jumlah besar untuk beradaptasi terhadap perubahan suhu lingkungan.

Berdasarkan soal, hewan yang memiliki suhu tubuh yang paling mendekati suhu lingkungan yaitu berturut-turut hewan 2,1,3, dan 4. Hal ini berkorelasi dengan banyaknya energi yang diperlukan untuk beradaptasi terhadap perubahan suhu lingkungan. Dengan demikian urutan hewan yang memerlukan energi terkecil ke terbesar untuk beradaptasi terhadap perubahan suhu lingkungan yaitu 2-1-3-4.

Oleh karena itu jawaban yang benar adaah C.space 

Roboguru

Pernyataan mana yang paling menjelaskan mengapa mamalia ada yang hidup atau ditemukan di daerah yang sangat dingin di dunia tetapi kadal tidak?

Pembahasan Soal:

Homoiterm atau hewan berdarah panas adalah hewan dengan suhu tubuh yang stabil. Hewan homoiterm mempertahankan suhu tubuhnya dengan menggunakan panas dari proses metabolisme. Contohnya burung (Aves) dan Mamalia.

Poikiloterm atau hewan berdarah dingin adalah hewan dengan suhu tubuh yang dipengaruhi oleh lingkungan. Contohnya ikan (Pisces), Amfibia dan Reptilia.

Oleh karena itu, hewan Mamalia yang berdarah panas dapat ditemukan di daerah yang sangat dingin sedangkan kadal yang termasuk kelompok Reptilia dan berdarah dingin tidak ditemukan di daerah yang sangat dingin.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved