Roboguru

Hewan yang merupakan hasil domestikasi adalah. . . .

Pertanyaan

Hewan yang merupakan hasil domestikasi adalah. . . .space space 

  1. Ular phitonspace space 

  2. Harimau Siberiaspace space 

  3. Jalak balispace space 

  4. Bebek pekingspace space  

  5. Kerbau liarspace space 

Pembahasan Soal:

Domestifikasi adalah pembudidayaan makhluk hidup yang menyebabkan perubahan genetik pada tumbuhan ataupun hewan dilakukan oleh manusia. Proses domestikasi ini berlangsung lama dengan melibatkan sebuah seleksi dan pemuliaan untuk menghasilkan sebuah varietas atau spesies baru (spesiasi). Contohnya budidaya bebek peking.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kucing menjadi hewan peliharaan di rumah mulanya berasal dari kucing liar yang hidup di hutan. Kedua kucing tersebut telah menjadi spesies yang berbeda. Faktor yang menyebabkan terbentuknya spesies ya...

Pembahasan Soal:

Spesiasi di atas termasuk dalam Domestikasi. Selain domestikasi ada juga hal-hal yang dapat menghasilkan spesies berbeda seperti mutasi dan isolasi. Isolasi terdapat beberapa jenis yaitu isolasi geografi dan isolasi reproduksi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Spesiasi dapat terjadi melalui usaha manusia menjadikan hewan ternak dari hewan liar dan tanaman budi daya dari tumbuhan liar. Peristiwa ini disebut .....

Pembahasan Soal:

Domestikasi adalah usaha manusia untuk mengubah atau menjadikan hewan dan tumbuhan liar menjadi hewan dan tumbuhan budidaya. Pengubahan ini meliputi habitat, jenis makanan, atau perilakunya. Hewan-hewan yang dipelihara orang saat ini merupakan hewan yang telah berubah sifat aslinya melalui proses domestikasi, misalnya anjing, kucing, atau ayam. Pada umumnya, usaha domestikasi disertai dengan seleksi dan perkawinan silang sehingga memungkinkan terbentuknya spesies baru. Dengan kata lain, domestikasi akan mempercepat terjadinya evolusi.

0

Roboguru

Usaha manusia menjadikan hewan ternak dari hewan liar dan tanaman budidaya dari tumbuhan liar telah banyak dilakukan, Tindakan ini dapat berakibat timbulnya hewan atau tumbuhan yang menyimpang dari as...

Pembahasan Soal:

Domestikasi adalah pengadopsian tumbuhan dan hewan dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan sehari-hari manusia. Dalam arti sederhana, domestifikasi merupakan proses “penjinakan” yang dilakukan terhadap hewan liar.

0

Roboguru

Mengapa domestikasi dapat membentuk individu baru?

Pembahasan Soal:

Domestikasi (penjinakan) adalah usaha manusia untuk mengubah atau menjadikan hewan dan tumbuhan liar menjadi hewan dan jenis tumbuhan budidaya. Pengubahan ini meliputi habitat, makanan, atau perilakunya. Hewan-hewan yang dipelihara orang saat ini merupakan hewan yang telah berubah sifat aslinya melalui proses domestikasi, misalnya anjing, kucing, rubah atau ayam dan lain-lain. Dengan kata lain mengapa domestikasi dapat membentuk individu baru karena pada umumnya usaha domestikasi disertai dengan seleksi dan perkawinan silang, sehingga memungkinkan terbentuknya spesies baru. Dengan kata lain, domestikasi akan mempercepat terjadinya evolusi.

0

Roboguru

.... adalah proses menjadikan hewan atau tanaman liar menjadi hewan dan tanaman budi daya sesuai dengan keinginan manusia.

Pembahasan Soal:

Domestikasi adalah pembudidayaan makhluk hidup. Domestikasi merupakan suatu upaya agar hewan, ataupun tumbuhan, yang biasa hidup liar (tidak terkontrol) menjadi dapat hidup dan dikembangbiakkan dalam kondisi yang terkontrol. space space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved