Roboguru

Pertanyaan

Hewan vertebrata adalah... .Dan sebutkan contoh dan ciri cirinya !

S. Dianita

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

hewan vertebrata  adalah kelompok hewan yang memiliki yang memiliki tulang belakang dan memiliki ciri-ciri yaitu tubuh simetri bilateral, memiliki otak di dalam kranium (tulang tengkorak), memiliki endoskeleton dengan ruas tulang belakang sebagai kerangka penguat tubuh, mempunyai selom yang dindingnya dilapisi selaput peritonium. Contoh hewan vertebrata adalah kelompok Pisces (ikan) seperti belut (Anguilla sp.), kelompok Amphibia seperti katak hijau (Rana pipiens), kelompok Reptilia seperti biawak (Varanus salvator), kelompok Aves (burung) seperti ayam buras (Gallus domestica) dan kelompok Mamalia (hewan menyusui) seperti tikus (Mus muculus) .

Pembahasan

Kingdom Animalia adalah klasifikasi taksonomi organisme yang tidak memiliki dinding sel serta kloroplas sehingga mereka bergantung pada organisme lain untuk makanan. Selain itu, Organisme yang tergolong dalam kingdom animalia adalah eukariota. Berdasarkan keberadaan tulang belakang, Animalia dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu kelompok invertebrata yaitu kelompok hewan yang tidak mempunyai tulang belakang dan kelompok vertebrata yang memiliki tulang belakang. Hewan vertebrata memiliki kolumna vertebalis (ruas tulang belakang) dan memiliki korda dorsalis hanya terdapat pada masa tingkatan embrio. Ciri-ciri hewan vertebrata adalah tubuh simetri bilateral, memiliki otak di dalam kranium (tulang tengkorak), memiliki endoskeleton dengan ruas tulang belakang sebagai kerangka penguat tubuh, mempunyai selom yang dindingnya dilapisi selaput peritonium. Contoh hewan vertebrata adalah kelompok Pisces (ikan) seperti belut (Anguilla sp.), kelompok Amphibia seperti katak hijau (Rana pipiens), kelompok Reptilia seperti biawak (Varanus salvator), kelompok Aves (burung) seperti ayam buras (Gallus domestica) dan kelompok Mamalia (hewan menyusui) seperti tikus (Mus muculus) .

Jadi, hewan vertebrata  adalah kelompok hewan yang memiliki yang memiliki tulang belakang dan memiliki ciri-ciri yaitu tubuh simetri bilateral, memiliki otak di dalam kranium (tulang tengkorak), memiliki endoskeleton dengan ruas tulang belakang sebagai kerangka penguat tubuh, mempunyai selom yang dindingnya dilapisi selaput peritonium. Contoh hewan vertebrata adalah kelompok Pisces (ikan) seperti belut (Anguilla sp.), kelompok Amphibia seperti katak hijau (Rana pipiens), kelompok Reptilia seperti biawak (Varanus salvator), kelompok Aves (burung) seperti ayam buras (Gallus domestica) dan kelompok Mamalia (hewan menyusui) seperti tikus (Mus muculus) .

125

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar hewan berikut. Tentukan kelompok dalam tingkat takson terendah yang menggabungkan kedua hewan tersebut menjadi satu.

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia