Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hewan bersifat heterotrof artinya hewan tidak mampu membuat makanan sendiri. Bagaimana hewan memenuhi kebutuhan makananya?

Hewan bersifat heterotrof artinya hewan tidak mampu membuat makanan sendiri. Bagaimana hewan memenuhi kebutuhan makananya?space  

Iklan

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

hewan memenuhi kebutuhan makananya dengan cara memakan organisme lain bisa berupa tumbuhan ataupun hewan lainnya.

hewan memenuhi kebutuhan makananya dengan cara memakan organisme lain bisa berupa tumbuhan ataupun hewan lainnya.space 

Iklan

Pembahasan

Di dalam ekosistem tidak semua organisme dapat membuat makanan sendiri di dalam tubuhnya. Organisme yang mampu membuat makanan sendiri disebut organisme autotrof misalnya tumbuhan. Tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri dengan memanfaatkan cahaya matahari dan klorofil yang ada di dalam tubuhnya untuk melakukan fotosintesis. Fotosintesis mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik. Bahan organik hasil fotosintesis berupa glukosa dan pembebasan oksigen. Bahan tersebut dimanfaatkan oleh organisme heterotrof agar memperoleh energi. Organisme heterotrof merupakan organisme yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Oleh karena itu organisme ini sangat bergantung dengan organisme lain. Contohnya hewan. Hewan yang sumber makanannya adalah daun dan tumbuhan disebut hewan herbivora. Contoh dari herbivora adalah sapi, kelinci, kerbau, kuda dan lain-lain. Sedangkan hewan yang sumber makanannya berupa daging disebut hewan karnivora. Hewan ini memenuhi kebutuhan makanannya dengan cara memangsa hewan lain, biasanya sebagai predator untuk hewan lain. Misalnya macan, singa, ikan hiu, ular dan lain sebagainya. Jadi, hewan memenuhi kebutuhan makananya dengan cara memakan organisme lain bisa berupa tumbuhan ataupun hewan lainnya.

Di dalam ekosistem tidak semua organisme dapat membuat makanan sendiri di dalam tubuhnya. Organisme yang mampu membuat makanan sendiri disebut organisme autotrof misalnya tumbuhan. Tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri dengan memanfaatkan cahaya matahari dan klorofil yang ada di dalam tubuhnya untuk melakukan fotosintesis. Fotosintesis mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik. Bahan organik hasil fotosintesis berupa glukosa dan pembebasan oksigen. Bahan tersebut dimanfaatkan oleh organisme heterotrof agar memperoleh energi. Organisme heterotrof merupakan organisme yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Oleh karena itu organisme ini sangat bergantung dengan organisme lain. Contohnya hewan. Hewan yang sumber makanannya adalah daun dan tumbuhan disebut hewan herbivora. Contoh dari herbivora adalah sapi, kelinci, kerbau, kuda dan lain-lain. Sedangkan hewan yang sumber makanannya berupa daging disebut hewan karnivora. Hewan ini memenuhi kebutuhan makanannya dengan cara memangsa hewan lain, biasanya sebagai predator untuk hewan lain. Misalnya macan, singa, ikan hiu, ular dan lain sebagainya.

Jadi, hewan memenuhi kebutuhan makananya dengan cara memakan organisme lain bisa berupa tumbuhan ataupun hewan lainnya.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hewan bersifat heterotrof artinya hewan tidak mampu membuat makanan sendiri. Mengapa hewan tidak mampu membuat makanan sendiri?

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia