Roboguru

Have you ever had a holiday? What happened? How was the holiday? Write a recount about your holiday. Make the outline of your story below! Orientation (who, what, when, where): ____ Series of events: ____ Reorientation (stating personal comments about the events): ____

Pertanyaan

Have you ever had a holiday? What happened? How was the holiday? Write a recount about your holiday. Make the outline of your story below!

Orientation (who, what, when, where): ____

Series of events: ____

Reorientation (stating personal comments about the events): ____

Pembahasan Soal:

Soal di atas meminta kita untuk membuat Recount Text tentang liburan. Kita dapat membuatnya berdasarkan skema yang diberikan di atas.

Berikut ini contoh kalimat-kalimat yang biasanya ada dalam Recount Text, kita ambil contoh judul "Liburan di rumah Nenek" atau "My holiday in Grandmother's House".

Untuk bagian Orientation, yang merupakan sebuah pengenalan, kita dapat mengisinya dengan "My parents and I spent the summer in Grandmother's house in Malang. We went there at 7 a.m. by car."

Selanjutnya untuk bagian Series of Events, ini adalah bagian dimana kita menceritakan beberapa seri kejadian-kejadian yang terjadi selama perjalanan atau selama kunjungan tersebut. Contohnya, "Before we arrived, we stopped by a restaurant and mosque to eat lunch and to dhuhur. We had seafood as our lunch. After praying, we continued our trip to Grandmother's house. The trip was 3 hours or more from the restaurant, so I decided to take a nap for a while in the car. Finally, we arrived. Grandmother was so happy to see us. We spent four days in Malang."

Yang terakhir ada Reorientation, yaitu penutup dari teks Recount. Pada bagian ini kita dapat menambahkan komentar tentang perjalanan kita tersebut seperti "Grandmother looked a little bit sad when she saw us had to go back but she felt happy more because she could meet us even for a short time. I was happy too to meet my grandmother and I hope I can spend my holiday next year there again."

Demikian contoh yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab soal di atas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hariri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Arrange these sentences below into a good paragraph I had no chice but ti go to barber. It was to be bold. So, she started to snip my hair with a scissors. My father was overseas. He ususally cut...

Pembahasan Soal:

Untuk menyusun suatu paragraf dari kalimat-kalimat yang tidak beraturan, kita harus membaca semua kalimat tidak beraturan tersebut dan menentukan jenis teks paragraf yang akan disusun. Berdasarkan jenisnya, teks tersebut adalah recount yang menceritakan tentang pengalaman seseorang. Karena tidak adanya time sequence, maka carilah petunjuk yang lain dalam teks recount, yaitu pertama kalinya tokoh dan juga masalah dalam cerita tersebut. Dalam hal ini jawaban C yang dimulai dengan kalimat no. 4 adalah jawaban yang benar. Setelah kalimat tersebut adalah kalimat no.3. Ada kata kunci yang mengaitkan kedua kalimat tersebut, yaitu kata “my hair” dan “our hair”. Dengan demikian jawaban C adalah jawaban yang tepat karena disusun dengan urutan yang benar, yaitu 4-3-7-5-2-6-8-1.

0

Roboguru

1. It was long 2. My holiday was great 3. My family and I visited my grandparents 4. We stayed at my grandparent's house for five days 5. We did a lot of things together 6. After that we ate them...

Pembahasan Soal:

Sebelum menyusun kalimat menjadi suatu paragraph yang tepat, hal yang paling mudah dilakukan adalah menentukan jenis teksnya. Berdasarkan kalimat-kalimat di atas, jenis teksnya adalah recount yang menceritakan pengalaman berdasarkan urutan waktu. Kalimat no.2 adalah kalimat yang tepat untuk mengawali suatu cerita karena pada kalimat tersebut tokoh dalam cerita tersebut pertama kali diperkenalkan. Selain itu, ide pokok juga terdapat pada kalimat no.2. Setelah itu adalah kalimat no.1, It was long. Kata it di situ mengacu pada kata holiday pada kalimat no.2. Maka urutan yang tepat seluruh isi pararaf adalah: 2-1-3-7-4-5-8-6.

 

0

Roboguru

1. On the first day, the tour guide told them to check their travel documents 2. Mr and Mrs Kevin were on a tour to Indonesia 3. They were traveling on a guide tour 4. Such as their passports and v...

Pembahasan Soal:

Urutan yang paling logis dari cerita mengenai perjalanan liburan Mr. dan Mrs. Kevin ke Indonesia adalah Mr. dan Mrs. Kevin melakukan tur ke Indonesia, mereka melakukan perjalanan wisata dengan pemandu, pemandu wisata tersebut adalah orang Indonesia, pada hari pertama pemandu wisata mengatakan kepada mereka untuk memeriksa dokumen perjalanan mereka, seperti paspor dan visa, pemandu tersebut mengatakan untuk menyimpannya secara hati-hati, pemandu wisata menjelaskan tentang tempat-tempat bersejarah yang menarik kepada mereka, terkadang mereka berhenti di hotel terkenal untuk menginap sehingga pilihan jawaban yang tepat adalah (B).

0

Roboguru

Arrange the following sentences into a good paragraph. I was very happy when I realized I could ride motorcycle. Nonetheless, I got nervous when I passed the narrow strret. I lost my control and ...

Pembahasan Soal:

Untuk menentukan kalimat pertama suatu paragraf, pahamilah jenis teks tersebut lalu carilah kalimat yang memperkenalkan nama orang/benda/binatang yang akan dibahas. Berdasarkan kalimat-kalimat di atas jenisnya adalah recount yang awalnya dimulai dengan keterangan waktu. Pada jawaban D urutan pertama untuk membuka paragra tersebut adalah dengan kalimat no. 4 yang mana kalimat tersebut mempunyai keterangan waktu “One day” (suatu hari). Selain itu pada kalimat tersebut, pertama kalinya tokoh dan benda dalam bacaan disebutkan atau diperkenalkan yaitu “my father” (ayah saya) dan “an old motorcycle” (sebuah sepeda motor bekas) sehingga bisa dikaitkan dengan kalimat-kalimat yang akan dibahas berikutnya. Karena pada pilihan jawaban lain tidak ada yang diawali dengan kalimat no.4, maka jawaban D adalah jawaban yang tepat. Urutan lengkap paragraf tersebut adalah 4-5-6-7-1-2-3.

0

Roboguru

What are the generic structures of recount text?

Pembahasan Soal:

Struktur recount text terdiri dari:

1) Orientation: Introducing the participants, place, and time. (Memperkenalkan peserta, tempat, dan waktu)

2) Events: Describing series of event that happened in the past. (Menjelaskan beberapa kejadian yang terjadi di masa lalu)

3) Re-orientation: It is optional. Stating personal comment of the writer to the story ( Ini pilihan. Menyatakan komentar pribadi tentang penulis ke dalam cerita)

Jadi, jawaban untuk soal ini adalah seperti yang disebutkan di atas.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved