Roboguru

Hasil proses oogenesis yang dapat dilakukan proses fertilisasi ditunjukan oleh nomor ....

Pertanyaan

Hasil proses oogenesis yang dapat dilakukan proses fertilisasi ditunjukan oleh nomor ....space space 

  1. 1space space 

  2. 2space space 

  3. 3space space 

  4. 4space space 

Pembahasan Soal:

Oogenesis merupakan proses pembentukan sel kelamin perempuan yaitu sel telur atau ovum dan terjadi di dalam organ yang disebut ovarium.

Oogenesis dimulai saat seorang perempuan berada dalam kandungan, yaitu sel Oogonium atau sel induk telur yang bersifat diploid (2n) akan melakukan pembelahan secara Mitosis menghasilkan Oosit Primer. Oosit Primer kemudian melakukan Meiosis I tapi, Oosit Primer tidak akan menyelesaikan proses meiosis sampai menginjak pubertas. Dengan kata lain, Oogenesis akan berhenti (istirahat), dan berlanjut kembali ketika menginjak pubertas. Ketika masa pubertas, Oogenesis kembali menyelesaikan Meiosis, dimana Oosit Primer menghasilkan Oosit Sekunder dan Badan Polar. Oosit Sekunder akan keluar dari ovarium. Proses ini dikenal dengan Ovulasi. Oosit Sekunder melanjutkan Meiosis II, tapi tidak akan diselesaikan sampai Oosit Sekunder difertilisasi oleh sperma di Tuba Falopi. Pada saat fertilisasi ini lah, Oosit Sekunder menyelesaikan Meiosis II dan membentuk Ovum dan Badan Polar. Ovum yang sudah bersatu dengan sperma membentuk Zigot sedangkan badan polar akan lenyap. Sehingga, hasil Oogenesis yang bisa melakukan fertilisasi ialah nomor 3 Oosit Sekunder.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sel di bawah ini yang diploid saat gametogenesis ialah ....

Pembahasan Soal:

Gametogenesis adalah proses pembentukan gamet. Pada hewan, gametogenesis terdiri dari oogenesis dan spermatogenesis. Spermatogenesis dimulai dari spermatogonium mengalami pembelahan mitosis menjadi spermatosit primer (2n), spermatosit primer mengalami pembelahan meiosis I menjadi spermatosit sekunder (1n), spermatosit sekunder mengalami pembelahan meiosis II menjadi spermatid (1n), spermatid akan berkembang menjadi sperma (1n). 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Hasil akhir dari proses oogenesis adalah ....

Pembahasan Soal:

Oogenesis adalah proses pembentukan sel ovum. Oogenesis dimulai dari perkembangan oogonium membentuk oosit primer. Selanjutnya, oosit primer melakukan pembelahan meiosis I membentuk oosit sekunder dan badan polar pertama. Selanjutnya, oosit sekunder melakukan pembelahan meiosis II membentuk ootid dan badan polar kedua, sedangkan badan polar pertama membelah lagi menjadi dua badan polar. Sehingga hasil akhir oogenesis yaitu ootid haploid dengan tiga badan polar. Proses oogenesis dapat dilihat pada gambar berikut.
 

 


Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B. 

3

Roboguru

Pernyataan yang benar mengenai oogenesis adalah... .

Pembahasan Soal:

Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur atau ovum yang terjadi dalam ovarium. Pada akhir proses oogenesis akan dihasilkan 1 ovum yang fungsional dan 3 badan polar non-fungsional.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space

9

Roboguru

Oogonium membelah secara mitosis akan membentuk....

Pembahasan Soal:

Pada proses oogenesis, akan terjadi proses pembelahan mitosis yang menjadi dasar pembelahan sel. Pembelahan mitosis terjadi sebanyak satu kali. Pada prosesnya, oogonium membelah secara mitosis menjadi oosit primer.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Sel Induk/sel primordial dari sel telur pada ovarium janin perempuan ketika dalam kandungan ibunya mempunyai kromosom.....

Pembahasan Soal:

Oogenesis merupakan proses pembentukan ovum pada wanita. Berikut ini proses dari Oogenesis.

  • Diawal dari oogonium (sel induk) yang memiliki kromosom diploid (2n) mengalami pembelahan mitosis membentuk oosit primer (2n).
  • Oosit primer telah dibentuk pada saat organogenesis bayi di dalam rahim dan telah mencapai tahap profase I. Setelah oosit terbentuk, oosit mengalami masa penantian hingga akhirnya wanita tersebut mulai  memasuki masa subur yang ditandai dengan menstruasi.
  • Kemudian, oosit melanjutkan pembelahan meiosisnya menjadi dua buah oosit  sekunder. Oosit sekunder telah mengalami pengurangan kromosom menjadi kromosom haploid (n).  Salah  satu  dari oosit  tersebut,  akan  mengalami  degenerasi  sehingga  hanya  ada  satu  oosit yang akan berkembang.
  • Oosit degeneratif (badan polar) hasil meiosis I tidak akan ikut dalam meiosis II. Oosit sekunder lalu akan mengalami pembelahan meiosis  kedua menghasilkan satu buah oosit  fungsional. Oosit fungsional yang nantinya akan menjadi ovum (sel telur). Ovum memiliki kromosom haploid (n).

Jadi, sel Induk/sel primordial dari sel telur pada ovarium janin perempuan ketika dalam kandungan ibunya mempunyai kromosom diploid yaitu 46 kromosom (22AA +XX).space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved