Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hasil proses oogenesis yang dapat dilakukan proses fertilisasi ditunjukan oleh nomor ....

Hasil proses oogenesis yang dapat dilakukan proses fertilisasi ditunjukan oleh nomor ....space space 

  1. 1space space 

  2. 2space space 

  3. 3space space 

  4. 4space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah C.

pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Oogenesis merupakan proses pembentukan sel kelamin perempuan yaitu sel telur atau ovum dan terjadi di dalam organ yang disebut ovarium. Oogenesis dimulai saat seorang perempuan berada dalam kandungan, yaitu sel Oogonium atau sel induk telur yang bersifat diploid (2n) akan melakukan pembelahan secara Mitosis menghasilkan Oosit Primer . Oosit Primer kemudian melakukan Meiosis I tapi, Oosit Primer tidak akan menyelesaikan proses meiosis sampai menginjak pubertas. Dengan kata lain, Oogenesis akan berhenti (istirahat), dan berlanjut kembali ketika menginjak pubertas. Ketika masa pubertas,Oogenesis kembali menyelesaikan Meiosis, dimana Oosit Primer menghasilkan Oosit Sekunder dan Badan Polar . Oosit Sekunder akan keluar dari ovarium. Proses ini dikenal dengan Ovulasi . Oosit Sekunder melanjutkan Meiosis II, tapi tidak akan diselesaikan sampai Oosit Sekunder difertilisasi oleh sperma di Tuba Falopi. Pada saat fertilisasi ini lah, Oosit Sekunder menyelesaikan Meiosis II dan membentuk Ovum dan Badan Polar . Ovum yang sudah bersatu dengan sperma membentuk Zigot sedangkan badan polar akan lenyap.Sehingga, hasil Oogenesis yang bisa melakukan fertilisasi ialah nomor 3 Oosit Sekunder . Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Oogenesis merupakan proses pembentukan sel kelamin perempuan yaitu sel telur atau ovum dan terjadi di dalam organ yang disebut ovarium.

Oogenesis dimulai saat seorang perempuan berada dalam kandungan, yaitu sel Oogonium atau sel induk telur yang bersifat diploid (2n) akan melakukan pembelahan secara Mitosis menghasilkan Oosit Primer. Oosit Primer kemudian melakukan Meiosis I tapi, Oosit Primer tidak akan menyelesaikan proses meiosis sampai menginjak pubertas. Dengan kata lain, Oogenesis akan berhenti (istirahat), dan berlanjut kembali ketika menginjak pubertas. Ketika masa pubertas, Oogenesis kembali menyelesaikan Meiosis, dimana Oosit Primer menghasilkan Oosit Sekunder dan Badan Polar. Oosit Sekunder akan keluar dari ovarium. Proses ini dikenal dengan Ovulasi. Oosit Sekunder melanjutkan Meiosis II, tapi tidak akan diselesaikan sampai Oosit Sekunder difertilisasi oleh sperma di Tuba Falopi. Pada saat fertilisasi ini lah, Oosit Sekunder menyelesaikan Meiosis II dan membentuk Ovum dan Badan Polar. Ovum yang sudah bersatu dengan sperma membentuk Zigot sedangkan badan polar akan lenyap. Sehingga, hasil Oogenesis yang bisa melakukan fertilisasi ialah nomor 3 Oosit Sekunder.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

273

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Di balik terciptanya seorang manusia, ada tahapan panjang yang melibatkan pembentukan sel sperma dan sel telur melalu proses yang disebut sebagai spermatogenesis dan oogenesis, sebelum akhirnya saling...

4

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia