Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hasil persilangan dihibrid, kategori penyimpangan Mendel dengan per-bandingan fenotipe 15 : 1, terdapat pada peristiwa ....

Hasil persilangan dihibrid, kategori penyimpangan Mendel dengan per-bandingan fenotipe 15 : 1, terdapat pada peristiwa ....space 

  1. interaksi genspace  

  2. tautan seksspace 

  3. epistasis-hipostasisspace 

  4. kriptomeri space 

  5. polimeri space 

Iklan

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah E.

pilihan jawaban yang tepat adalah E.space 

Iklan

Pembahasan

Penyimpangan semu ada bermacam-macam, yaitu interaksi gen, kriptomeri, epistasis-hipostasis, polimeri, gen-gen komplementer, gen dominan rangkap, dan gen penghambat. Salah satunya adalah polimeri. Polimeri adalah gen dengan banyak sifat beda yang berdiri sendiri-sendiri, tetapi mempengaruhi bagian yang sama dari suatu organisme. Untuk memahami peristiwa itu, Nilson-Ehle mengadakan percobaan persilangan suatu jenis gandum, yaitu gandum bersekam merah dengan gandum bersekam putih. Peristiwa ini mirip dengan persilangan dihibrid semidominan yang menghasilkan warna peralihan seperti merah muda. Namun, warna yang dihasilkan ini tidak hanya dikontrol oleh satu pasang gen saja, melainkan oleh dua gen yang berbeda lokus, sehingga masih memengaruhi terhadap sifat yang sama. Perbandingan Fenotip yang diperoleh yaitu gandum bersekam merah : gandum bersekam putih = 15: 1. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Penyimpangan semu ada bermacam-macam, yaitu interaksi gen, kriptomeri, epistasis-hipostasis, polimeri, gen-gen komplementer, gen dominan rangkap, dan gen penghambat. Salah satunya adalah polimeri. Polimeri adalah gen dengan banyak sifat beda yang berdiri sendiri-sendiri, tetapi mempengaruhi bagian yang sama dari suatu organisme. Untuk memahami peristiwa itu, Nilson-Ehle mengadakan percobaan persilangan suatu jenis gandum, yaitu gandum bersekam merah dengan gandum bersekam putih. Peristiwa ini mirip dengan persilangan dihibrid semidominan yang menghasilkan warna peralihan seperti merah muda. Namun, warna yang dihasilkan ini tidak hanya dikontrol oleh satu pasang gen saja, melainkan oleh  dua  gen  yang  berbeda  lokus,  sehingga  masih  memengaruhi  terhadap sifat yang sama. Perbandingan Fenotip yang diperoleh yaitu gandum bersekam merah : gandum bersekam putih = 15: 1.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space 

Latihan Bab

Sejarah Hukum Mendel

Hukum Mendel I

Hukum Mendel II

Testcross, Backcross, Resiprok

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buktikan dan jelaskan bahwa peristiwa epistasis,hipostasis, gen-gen komplementer, polimeri, kriptomeri, dan atavisme merupakan penyimpangan semu hukumMendel!

487

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia