RoboguruRoboguru
SD

Hasil pengamatan terhadap simbol segitiga bernomor yang terdapat di bawah kemasan produk plastik sebagai berikut:  Menurut Anda, sudah sesuaikah penggunaan plastik dalam produk-produk tersebut? Jelaskan!

Pertanyaan

Hasil pengamatan terhadap simbol segitiga bernomor yang terdapat di bawah kemasan produk plastik sebagai berikut: 

Menurut Anda, sudah sesuaikah penggunaan plastik dalam produk-produk tersebut? Jelaskan!

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Penggunaan plastik nomor 1, 2,  dan 4 dalam produk-produk tersebut telah sesuai.

  1. Simbol pada air mineral menunjukkan jenis plastik yang digunakan sehingga memudahkan proses daur ulang (recycle). Simbol di atas adalah simbol daur ulang dengan kode angka 1 dan kode PETE pada bagian bawah. Simbol tersebut menunjukkan bahwa plastik tersebut berasal dari bahan Polyethylene terephthalate. Plastik ini digunakan untuk kemasan makanan dan minuman karena kemampuannya untuk menjaga makanan tetap kedap udara, juga memastikan keutuhan gas karbon dioksida di dalam minuman berkarbonasi. Namun, jenis plastik ini hanya bisa digunakan untuk sekali pakai.
    Penggunaan sesuai.
  2. Simbol dengan kode angka 2 dan kode HDPE atau PEHD. Simbol ini digunakan untuk sebuah plastik yang terbuat dari high density polyethylene. Jenis plastik dengan simbol ini biasanya digunakan untuk galon air minum, botol susu, botol sabun, botol deterjen, botol shampo, dan plastik kemasan tebal lainnya. Jenis plastik ini termasuk golongan plastik yang cukup aman digunakan berulang kali, karena paling sering didaur ulang dengan nilai ekonomi dan proses daur ulang yang sederhana. 
    Penggunaan sesuai.

  3. Simbol dengan kode angka 3 dan PVC atau V adalah simbol yang digunakan untuk plastik yang berasal dari polyvinyl chloride. Misalnya plastik untuk pipa air, ubin, kabel listrik, wrapping, dan mainan anak/hewan peliharaan. Barang-barang plastik yang terbuat dari plastik polyvinyl chloride ini lebih kuat dibandingkan etilena, kaku, keras, dan tahan panas.
    Penggunaan tidak sesuai, harusnya botol sampo plastik no 2.

  4. Untuk simbol plastik kelima yaitu simbol dengan kode angka 5 dan kode PP. Simbol ini digunakan untuk plastik yang terbuat dari polypropylene. Misalnya tempat makanan/minuman, botol sirup,  kotak yogurt, sedotan plastik, selotip, dan tali berbahan plastik. Barang plastik dengan simbol ini baik digunakan sebagai tempat makanan maupun minuman, karena terbuat dari  polypropylene yang sangat kuat dan cukup aman digunakan meski pada suhu yang panas.
    Penggunaan sesuai.

53

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Kita mengenal begitu banyak jenis plastik. Apakah perbedaan antara plastik yang satu dengan yang lainnya?

266

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia