Roboguru

Hasil penelitian arkeologi terhadap kapak batu dan mata panah batu menunjukkan bahwa bangsa Indonesia diduga berasal dari tanah Melayu SEBAB Perpindahan bangsa Melayu ke Indonesia terjadi secara ber

Hasil penelitian arkeologi terhadap kapak batu dan mata panah batu menunjukkan bahwa bangsa Indonesia diduga berasal dari tanah Melayu

SEBAB

Perpindahan bangsa Melayu ke Indonesia terjadi secara bergelombang dan atas desakan dari suku-suku Cina Selatan

  1. jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat

  2. jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat

  3. jika pernyataan benar, alasan salah

  4. jika pernyataan salah, alasan benar

  5. jika pernyataan dan alasan salah

Jawaban:

Pernyataan benar karena menurut Von Heine Geldern  banyak peralatan manusia purba masa lampau yang berupa batu beliung berbentuk persegi di seluruh wilayah Indonesia meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Peralatan manusia purba ini sama persis dengan peralatan manusia purba di wilayah Asia lainnya seperti Myanmar, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja terutama di sekitar wilayah Yunan yang merupakan bangsa Proto Melayu.

Alasan Benar karena migrasi bangsa Melayu ke Indonesia dilakukan melalui dua gelombang yaitu gelombang Proto Melayu (1500 SM) dan Deutro Melayu (500 SM). Proto Melayu melakukan migrasi disebabkan adanya desakan suku-suku liar yang datangnya dari Asia Tengah Suku-suku dari Asia Tengah yakni bangsa Aria dan terjadinya peperangan antar suku di Cina Selatan. Bangsa Melayu Tua yang terdesak, meninggalkan Yunan dan yang tetap tinggal bercampur dengan bangsa Aria dan Mongol.

Pernyataan dan Alasan tidak berhubungan sebab akibat karena Pernyataan menjelaskan bukti bahwa nenek moyang Indonesia berasal dari Melayu sedangkan Alasan menjelaskan tentang alasan bangsa Proto Melayu bermigrasi.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved