Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hasil dari bioteknologi: 1. Tumbuhan transgenik 2. Hormon pertumbuhan 3. Nata de coco 4. Keju 5. Biopestisida 6. Vaksin Yang pembuatannya menggunakan bioteknologi modern adalah ....

Hasil dari bioteknologi:

1. Tumbuhan transgenik
2. Hormon pertumbuhan
3. Nata de coco
4. Keju
5. Biopestisida
6. Vaksin

Yang pembuatannya menggunakan bioteknologi modern adalah ....

  1. 1 - 2 - 3

  2. 1 - 2 - 6

  3. 2 - 4 - 6

  4. 3 - 4 - 5

  5. 3 - 5 - 6

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bioteknologi modern yaitu bioteknologi yang menggunakan teknik rekayasa tingkat tinggi dan terarah sehingga hasilnya dapat dikendalikan dengan baik. Teknik yang sering digunakan adalah dengan melakukan manipulasi genetik pada suatu jasad hidup secara terarah sehingga diperoleh hasil sesuai dengan yang diinginkan. Beberapa hasil bioteknologi modern yaitu pembuatan tanaman transgenik, pembuatan hormon pertumbuhan dan vaksin. Tanaman transgenik → t anaman transgenik merupakan tanaman yang memiliki gen atau telah disisipi gen dari organisme lain, dan dapat pula disebut sebagai Genetically Modified Organism (organisme yang termodifikasi secara genetik). Penyisipan gen ini biasanya lebih diarahkan ke tanaman pangan untuk menciptakan kualitas pangan yang lebih baik daripada sebelumnya. Contoh manfaatnya, agar tanaman pangan lebih tahan hama, lebih toleran terhadap panas, dingin ataupun kekeringan. Hormon pertumbuhan → dengan rekayasa DNA, dewasa ini telah digunakan mikroorganisme untuk memproduksi hormon. Hormon-hormon yang telah diproduksi, misalnya insulin, hormon pertumbuhan, kortison, dan testosteron. Vaksin → vaksin digunakan untuk mencegah serangan penyakit pada tubuh yang berasal dari mikroorganisme. Vaksin didapat dari virus dan bakteri yang telah dilemahkan atau racun yang diambil dari mikroorganisme itu.

Bioteknologi modern yaitu bioteknologi yang menggunakan teknik rekayasa tingkat tinggi dan terarah sehingga hasilnya dapat dikendalikan dengan baik. Teknik yang sering digunakan adalah dengan melakukan manipulasi genetik pada suatu jasad hidup secara terarah sehingga diperoleh hasil sesuai dengan yang diinginkan. Beberapa hasil bioteknologi modern yaitu pembuatan tanaman transgenik, pembuatan hormon pertumbuhan dan vaksin.

  1. Tanaman transgenik → tanaman transgenik merupakan tanaman yang memiliki gen atau telah disisipi gen dari organisme lain, dan dapat pula disebut sebagai Genetically Modified Organism (organisme yang termodifikasi secara genetik). Penyisipan gen ini biasanya lebih diarahkan ke tanaman pangan untuk menciptakan kualitas pangan yang lebih baik daripada sebelumnya. Contoh manfaatnya, agar tanaman pangan lebih tahan hama, lebih toleran terhadap panas, dingin ataupun kekeringan.  
  2. Hormon pertumbuhan  dengan rekayasa DNA, dewasa ini telah digunakan mikroorganisme untuk memproduksi hormon. Hormon-hormon yang telah diproduksi, misalnya insulin, hormon pertumbuhan, kortison, dan testosteron.
  3. Vaksin  vaksin digunakan untuk mencegah serangan penyakit pada tubuh yang berasal dari mikroorganisme. Vaksin didapat dari virus dan bakteri yang telah dilemahkan atau racun yang diambil dari mikroorganisme itu.

Latihan Bab

Bioteknologi Konvensional

Bioteknologi Modern

Peranan Bioteknologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Konsep Dasar Bioteknologi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan tahap-tahap rekayasa genetika untuk memproduksi insulin!

19rb+

4.9

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia