Roboguru

Hal yang menjadi penyebab bangsa Eropa mencari sendiri rempah-rempah ke tempat asalnya di Asia adalah ...

Pertanyaan

Hal yang menjadi penyebab bangsa Eropa mencari sendiri rempah-rempah ke tempat asalnya di Asia adalah ...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1453, Sultan Turki Usmani, Sultan Mehmed II menaklukkan kota Konstantinopel dan mengakhiri Kekaisaran Romawi Timur. Turki Usmani lalu menjadikan Konstantinopel sebagai ibukota baru, menggantikan Edirne. Penaklukkan ini memiliki dampak besar bagi Eropa. Takluknya Konstantinopel menutup jalur perdagangan Eropa ke Asia. Sebelumnya Konstantinopel merupakan pusat perdagangan penting. Ini karena kota ini merupakan terminus jalur perdagangan dari Asia ke Eropa. Dengan takluknya kota ini, Turki Usmani bisa melarang para pedagang Eropa ini beraktivitas dan memonopoli perdagangan Eropa dengan Asia. Akibatnya harga rempah-rempah di Eropa naik akibat penguasaan ini. Ini mendorong negara Eropa seperti Portugal dan Spanyol untuk mencari jalur perdagangan alternatif ke Asia dengan mengitari benua Afrika. Awalnya bangsa Eropa hanya berdagang saja, sehingga disambut baik di Nusantara. Namun perlahan bangsa Eropa berupaya menguasai perdagangan rempah-rempah, dan memaksa menerapkan monopoli dengan menguasai pusat perdagangan penting. Ini misalnya terjadi dengan penaklukan Portugis ke Malaka pada tahun 1511. Akibatnya terjadi banyak pertentangan terhadap bangsa Eropa oleh bangsa-bangsa di Nusantara, seperti perang rakyat Maluku melawan Portugis.

Dengan demikian, jatuhnya Konstantinopel di anggap sebagai salah satu faktor pendorong bangsa Eropa mencari daerah rempah-rempah sendiri sebab dengan jatuhnya kota ini, jalur perdagangan rempah-rempah dari Asia ke Eropa terputus dan harganya mahal, sebab sulit membelah rempah-rempah yang diperdagangkan di kota itu yang sekarang dikuasai Turki Usmani.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang yang dikerjakan oleh tenaga manusia atau hewan menjadi tenaga mesin, sering disebut ....

Pembahasan Soal:

Perubahan secara cepat dan menyeluruh dalam cara pembuatan atau memproduksi barang-barang dengan menggunakan mesin-mesin, baik untuk tenaga penggerak maupun untuk tenaga pemproses. Dengan digunakannya mesin-mesin menjadikan tenaga manusia tidak terpakai lagi, sehingga terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas produksi barang disebut Revolusi Industri.
Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Pada awal kedatangan Belanda ke Indonesia bertujuan untuk ....

Pembahasan Soal:

Kedatangan Belanda di Indonesia pertama kali pada tahun 1596 dibawah pimpinan Cornelis de Houtman yang berlabuh di Banten. Pada awalnya kedatangan Belanda ke Indonesia adalah untuk berdagang serta mencari rempah-rempah. Kedatangan Belanda pun disambut dengan baik oleh rakyat Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, Belanda memiliki ambisi untuk menguasai kekayaan alam Kepulauan Indonesia hingga selanjutnya melakukan kolonisasi di Indonesia.

Dengan demikian, kedatangan Belanda ke Indonesia pada awalnya adalah untuk berdagang dan mencari rempah-rempah.

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Menguasai perdagangan rempah Menguasai wilayah strategis untuk perdagangan Ikut campur dalam urusan politik suatu wilayah Berlibur ke wilayah baru Tujuan kedatan...

Pembahasan Soal:

Ada beberapa faktor yang mendorong bangsa Eropa melakukan pelayaran hingga akhirnya menemukan Indonesia sebagai salah satu surga dari rempah-rempah, adapun faktor-faktor tersebut adalah. 

  1. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani, berakibat pada terputusnya satu-satunya akses bangsa Eropa ke Asia melalui darat. Akses bangsa-bangsa Eropa untuk mendapatkan rempah-rempah yang lebih murah di kawasan Laut Tengah menjadi tertutup. Harga rempah-rempah melambung sangat tinggi di pasar Eropa. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari dan menemukan daerah-daerah penghasil rempah-rempah ke timur. Itulah salah satu tujuan dari dimulainya periode petualangan, penjelajahan, dan penemuan dunia baru. Upaya tersebut mendapat dukungan dan partisipasi dari pemerintah dan para ilmuwan
  2. Berkembangnya Merkantilisme di Eropa, suatu teori mengenai kesejahteraan suatu negara yang di pengaruhi oleh banyaknya aset atau modal yang dimiliki serta besarnya volume perdagangan global suatu negara. Untuk mencapai hal tersebut negara-negara di Eropa berupaya untuk memonopoli jalur perdagangan. Negara-negara di Eropa bersaing satu sama lain untuk menopoli  perdagangan atau menguasai suatu wilayah strategis  di luar Eropa untuk mendapatkan emas dan perak sebanyak-banyaknya dari luar Eropa. 
  3. Lahirnya Imperalisme dan Kolonialisme (penjelajahan samudra) ke Asia-Afrika. Adapun pengertian dari Imperialisme adalah suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya sedangkan Kolonialisme adalah upaya yang dilakukan negara-negara penguasa dalam rangka menguasai suatu daerah/wilayah untuk mendapatkan sumber daya.

 

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah A

Roboguru

Alasan awal bangsa asing datang ke Indonesia yaitu untuk...

Pembahasan Soal:

Bangsa asing datang ke Indonesia dengan tujuan untuk menguasai daerah penghasil rempah-rempah seperti Maluku serta memonopoli perdagangan, membangun basis militer untuk menaklukan dunia, melakukan kolonialisme dan imperialisme pada negeri jajahan, ikut campur dalam urusan politik dan pemerintahan Indonesia untuk memperkuat kedudukan penjajah. Selain itu semangat 3G yakni: Gold atau keinginan untuk memperoleh kekayaan sebanyak-banyaknya, Glory atau memperoleh kejayaan, dan Gospel atau menyebarkan agama Nasrani di Indonesia.

Dengan demikian, alasan awal bangsa asing datang ke Indonesia adalah untuk menguasai rempah-rempah, melakukan penaklukan atas negeri jajahan baik melalui militer maupun ikut campur persoalan internal kerajaan, dan munculnya semangat 3G (Gold, Glory, dan Gospel).

Roboguru

Dahulu banyak bangsa Eropa yang ingin menguasai Indonesia, antara lain dikarenakan...

Pembahasan Soal:

Bangsa Eropa ingin menguasai Indonesia disebabkan beberapa hal.
1. Indonesia kaya akan sumber daya alam yang dapat diambil dan dikelola oleh Bangsa Eropa.
2. Indonesia memiliki sumber daya manusia yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Bangsa Eropa.
3. Indonesia kaya akan rempah-rempah yang bernilai jual tinggi.

Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved