Gurumu memiliki beberapa kenalan mahasiswa Indonesia yang bersekolah dan berkuliah di luar negeri, rencanakanlah ide menulis surat untuk mereka! Ide tersebut bisa berupa keinginan untuk berkenalan, meminta informasi mengenai pendidikan di luar negeri, dan sebagainya. Buatlah surat pribadi dengan konteks tersebut!

Pertanyaan

Gurumu memiliki beberapa kenalan mahasiswa Indonesia yang bersekolah dan berkuliah di luar negeri, rencanakanlah ide menulis surat untuk mereka! Ide tersebut bisa berupa keinginan untuk berkenalan, meminta informasi mengenai pendidikan di luar negeri, dan sebagainya.


Buatlah surat pribadi dengan konteks tersebut!space

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

menulis surat pribadi berdasarkan ilustrasi adalah menentukan penerima surat (kenalan guru yang merupakan mahasiswa Indonesia yang bersekolah dan berkuliah di luar negeri), membuat kerangka berdasarkan struktur yang dimulai dari alamat dan tanggal penulisan surat, salam pembuka yang berisi pembuka pembicaraan dalam surat pribadi dan disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan, seperti Selamat pagi, Kak, paragraf pembuka yang berisi pertanyaan mengenai pesan-pesan penerima surat, seperti menanyakan kabar kepada mahasiswa tersebut dan memperkenalkan diri, paragraf isi berisi berbagai hal yang ingin disampaikan ke penerima surat, seperti menyampaikan bahwa kamu ingin berkenalan dan meminta informasi mengenai pendidikan di luar negeri, paragraf penutup berisi mengakhiri atau menutup surat pribadi yang dibuat, seperti ucapan terima kash atau harapan yang baik untuk ke depannya, dan mengembangkan kerangka isi berdasarkan struktur menjadi surat pribadi.space

Pembahasan

Surat pribadi adalah surat yang ditulis seseorang atau individu kepada orang lain yang bersifat pribadi. Menulis surat pribadi harus memerhatikan langkah-langkah. Langkah-langkah menulis surat pribadi adalah:
Pertama, menentukan penerima kenalan guru yang merupakan  mahasiswa Indonesia yang bersekolah dan berkuliah di luar negeri sehingga bahasa yang digunakan bisa disesuaikan, yaitu bahasa formal.
Kedua, mencermati kerangka isi yang disusun. Kerangka yang dimaksud adalah memerhatikan struktur surat. Struktur surat pribadi adalah sebagai berikut.

  1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
  2. Salam pembuka
  3. Paragraf Pembuka
  4. Paragraf Isi Surat
  5. Paragraf Penutup

Jika kita membuat surat berdasarkan ilustrasi di atas, menjadi:

  1. Alamat dan Tanggal Penulisan Surat: bagian ini berisi alamat secara singkat serta kapan surat tersebut ditulis.
  2. Salam Pembuka: bagian ini berisi salam pembuka untuk memulai sebuah pembicaraan dalam surat pribadi. Salam pembuka tersebut bisa beragam, tentunya tergantung kebiasaan dan kebutuhan. Contoh: Selamat pagi, Kak
  3. Paragraf Pembuka: bagian ini biasanya terdapat di paragraf pertama, akan terdiri dari pertanyaan mengenai pesan-pesan penerima surat. Di paragraf pembuka, kamu juga dapat menanyakan kabar kepada mahasiswa tersebut dan memperkenalkan diri.
  4. Paragraf Isi: bagian ini berisi berbagai hal yang ingin disampaikan dari penulis surat ke penerima surat. Kamu dapat menyampaikan kepada tersebut bahwa kamu ingin berkenalan dan meminta informasi mengenai pendidikan di luar negeri.
  5. Paragraf Penutup: paragraf ini bertujuan untuk mengakhiri atau menutup surat pribadi yang dibuat. Bagian ini juga dapat berisi ucapan terima kasih dan harapan yang baik untuk ke depannya.

Ketiga, mengembangkan kerangka isi menjadi surat. Setelah kerangka telah dibuat, maka selanjutnya mengembangkan kerangka tersebut menjadi surat pribadi kepada kenalan guru yang merupakan mahasiswa Indonesia yang bersekolah dan berkuliah di luar negeri.

Dengan demikian, menulis surat pribadi berdasarkan ilustrasi adalah menentukan penerima surat (kenalan guru yang merupakan mahasiswa Indonesia yang bersekolah dan berkuliah di luar negeri), membuat kerangka berdasarkan struktur yang dimulai dari alamat dan tanggal penulisan surat, salam pembuka yang berisi pembuka pembicaraan dalam surat pribadi dan disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan, seperti Selamat pagi, Kak, paragraf pembuka yang berisi pertanyaan mengenai pesan-pesan penerima surat, seperti menanyakan kabar kepada mahasiswa tersebut dan memperkenalkan diri, paragraf isi berisi berbagai hal yang ingin disampaikan ke penerima surat, seperti menyampaikan bahwa kamu ingin berkenalan dan meminta informasi mengenai pendidikan di luar negeri, paragraf penutup berisi mengakhiri atau menutup surat pribadi yang dibuat, seperti ucapan terima kash atau harapan yang baik untuk ke depannya, dan mengembangkan kerangka isi berdasarkan struktur menjadi surat pribadi.space

472

1.0 (2 rating)

Nandana Luqman Adika

Jawaban tidak sesuai

Pertanyaan serupa

Cermatilah ilustrasi berikut! Temanmu mengadakan pesta kebun pada hari ulang tahunnya dan menawarkan kepadamu melalui surat untuk berakhirnya pekan di rumahnya. Kamu akan membaca surat b...

143

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia