Roboguru

Gula merah dan gula pasir merupakan barang yang memiliki hubungan substitusi. Jika harga gula merah turun, hal yang terjadi terhadap permintaan gula merah dan gula pasir adalah ….

Pertanyaan

Gula merah dan gula pasir merupakan barang yang memiliki hubungan substitusi. Jika harga gula merah turun, hal yang terjadi terhadap permintaan gula merah dan gula pasir adalah …. space space space 

  1. permintaan gula merah turun, sedangkan permintaan gula pasir naik space space space 

  2. permintaan gula merah naik, sedangkan permintaan gula pasir naik space space space 

  3. permintaan gula merah naik, sedangkan permintaan gula pasir naik space space space 

  4. permintaan gula merah naik, sedangkan permintaan gula pasir turun space space space 

  5. permintaan gula merah turun, sedangkan permintaan gula pasir naik space space space 

Pembahasan Soal:

Salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan adalah harga barang substitusi. Jika terdapat dua barang yang memiliki hubungan substitusi, maka penurunan harga suatu barang akan menurunkan permintaan barang lainnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka ketika harga gula merah turun, jumlah gula merah yang diminta akan naik, di sisi lain jumlah gula pasir yang diminta akan turun. Konsumen lebih memilih gula merah karena harganya lebih murah dibandingkan gula pasir.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin Dspace space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Elsera

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Faktor yang menyebabkan meningkatnya permintaan terhadap mobil hemat energi adalah .... Harga mobil naik. Ekspektasi pendapatan di masa depan yang lebih tinggi.  Ditemukannya teknologi baru untuk...

Pembahasan Soal:

Permintaan adalah  jumlah yang diminta pada berbagai tingkat harga. Faktor yang mempengaruhi permintaan:

  1. Harga barang itu sendiri, apabila harga suatu barang semakin murah, kecenderungan permintaan terhadap barang itu akan bertambah dan hal ini berlaku juga sebaliknya.
  2. Harga barang lain yang terkait, apabila harga barang substitusinya turun, maka permintaan akan barang tersebut akan berkurang. Apabila harga barang komplementernya turun maka permintaan akan barang tersebut akan menurun pula.
  3. Tingkat pendapatan, semakin tinggi tingkat pendapatan, maka semakin meningkat permintaan terhadap suatu barang tersebut.
  4. Selera masyarakat, jika selera masyarakat terhadap suatu barang meningkat, permintaan terhadap barang itu pun akan meningkat.
  5. Jumlah penduduk, semakin besar jumlah penduduk suatu daerah atau negara, semakin tinggi permintaan suatu barang untuk harga tertentu.
  6. Prediksi konsumen tentang kondisi pada masa mendatang, bila masyarakat memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik, mendorong orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di masa mendatang.

Analisis pernyataan:

  1. Harga mobil naik. [Salah, seharusnya permintaan menurun]
  2. Ekspektasi pendapatan di masa depan yang lebih tinggi. [Salah, asumsinya masih ekspektasi sehingga permintaan terhadap mobil tidak terpengaruh]
  3. Ditemukannya teknologi baru untuk membuat mobil hemat energi. [Salah, teknologi berpengaruh terhadap penawaran]
  4. Kenaikan harga bahan bakar. [Benar, mobil hemat energi bisa menjadi substitusi mobil boros bahan bakar]

Oleh karena itu, jawaban yang benar D

 

0

Roboguru

Pak Budi adalah peternak ikan lele, setiap hari 1 kuintal dijual ke Pasar Induk Gedebage. Menjelang hari raya, permintaan ikan lele meningkat dan harga ikan lele akan naik.  Berdasarkan hukum penawar...

Pembahasan Soal:

Hukum penawaran memiliki hubungan yang positif antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan, Jika harga naik, jumlah barang dan jasa yang ditawarkan juga naik, sedangkan jika harga turun maka jumlah barang dan jasa yang ditawarkan juga ikut turun.

Ilustrasi dalam soal menjelaskan bahwa harga ikan lele di Pasar Induk Gedebage meningkat. Berdasarkan hukum penawaran, maka hal tersebut akan menyebabkan penjualan (jumlah barang yang ditawarkan) ikan lele Pak Budi akan meningkat.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin Bspace space space 

0

Roboguru

Diketahui fungsi permintaan suatu barang adalah Pd = 45-3Q dan fungsi penawarannya adalah Ps=-15+2Q. Pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp3,00 per unit. Berdasarkan fungsi tersebut, kurva yang men...

Pembahasan Soal:

Diketahui

  • Fungsi permintaan Pd = 45-3Q
  • Fungsi penawaran Ps=-15+2Q
  • Subsidi sebesar Rp3,00 per unit

Ditanya
Keseimbangan pasar setelah pajak

Jawab
Untuk mengetahui titik keseimbangan pasar setelah pajak langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Langkah pertama mengubah fungsi penawaran setelah subsidi
Fungsi penawaran
Ps = -15 + 2Q
Ps= -15 + 2Q - 3
Pss = -18+2Q.

Langkah kedua, keseimbangan pasar setelah subsidi

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Pd space end cell equals cell space Pss space space end cell row cell 45 minus 3 straight Q end cell equals cell negative 18 plus 2 straight Q space space end cell row cell negative 3 straight Q minus 2 straight Q end cell equals cell negative 18 minus 45 space space end cell row cell negative 5 straight Q end cell equals cell negative 63 space space space end cell row cell straight Q space end cell equals cell space 12 comma 6 end cell end table end style 

Substitusikan Q ke salah satu fungsi (Pd/Pss)

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Pd space end cell equals cell 45 minus 3 straight Q space space end cell row cell Pd space end cell equals cell space 45 minus 3 left parenthesis 12 comma 6 right parenthesis space space end cell row cell Pd space end cell equals cell space 45 minus 37 comma 8 space space end cell row straight P equals cell space 7 comma 2 end cell end table end style 

Berdasarkan perhitungan di atas, maka titik keseimbangan pasar setelah subsidi adalah 12,6 dan 7,2. Hal tersebut menunjukkan dampak subsidi terhadap keseimbangan pasar adalah menambah jumlah barang dan menurunkan harga seperti kurva berikut.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. undefined 

0

Roboguru

Ibu Rina belanja beras setiap bulan 20 kg dengan harga Rp15.000,00/kg. Karena ada operasi pasar dari BULOG harga beras turun menjadi Rp10.000,00/kg. Berdasarkan hukum permintaan Ibu Rina akan membeli ...

Pembahasan Soal:

Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Berdasarkan ilustrasi tersebut pada saat harga beras Rp15.000,00/kg permintaannya adalah 20kg. Oleh karena itu ketika harga turun menjadi Rp10.000,00/kg, maka jumlah permintaan akan meningkat, yaitu lebih dari 20 kg.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin Dspace space space 

0

Roboguru

Pada saat musim hujan tingkat produksi padi meningkat, namun apabila musim kemarau tingkat produksi padi menurun. Berdasarkan ilustrasi tersebut, faktor yang memengaruhi jumlah penawaran padi adalah …...

Pembahasan Soal:

Salah satu faktor yang memengaruhi tingkat penawaran adalah kondisi alam. Contohnya tingkat produksi padi pada saat musim hujan bertambah sehingga beras yang ditawarkan akan banyak, namun pada saat musim kemarau berkurang sehingga beras yang ditawarkan akan berkurang.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin Dspace space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved