Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gula di pasar tradisional semakin lama semakin sedikit hingga masyarakat kesulitan mendapatkannya. Pasokan yang sedikit di pasar membuat harga gula melambung tinggi. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk melakukan impor gula dari negara tetangga dengan harapan mampu memenuhi kebutuhan pasar. Namun, ternyata kebijakan ini membuat para i gula menjadi semakin terpuruk. Mereka mengeluhkan herga gula yang sangat murah dan tidak sebanding dengan biaya produksi yang mereka tanggung. Oleh karena itu, petani gula banyak yang gulung tikar. Pernyataan sebeb akibat yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...

     Gula di pasar tradisional semakin lama semakin sedikit hingga masyarakat kesulitan mendapatkannya. Pasokan yang sedikit di pasar membuat harga gula melambung tinggi. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk melakukan impor gula dari negara tetangga dengan harapan mampu memenuhi kebutuhan pasar. Namun, ternyata kebijakan ini membuat para i gula menjadi semakin terpuruk. Mereka mengeluhkan herga gula yang sangat murah dan tidak sebanding dengan biaya produksi yang mereka tanggung. Oleh karena itu, petani gula banyak yang gulung tikar.

Pernyataan sebeb akibat yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...

  1. Pasokan dula yang sedikit di pasar tradisional mengakibatkan harga gula melambung tinggi.

     

  2. Masyarak kesulitan mendapatkan gula sehingga kondisi pasar tradisiaonal sepi.

  3. Pemerintah melakukan impor gula untuk memenuhi kebutuhan pasar tradisional dan komsumen yang mampu.

  4. Pasokan gula yang sedikit di pasar tradisional membuat petani gula terpuruk.

     

  5. Harga gula yang murah mengakibatkan para petani meningkatkan produksi gula.

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Paragraf sebab akibat merupakan paragraf yang di dalamnya menjelaskan tentang sebab-sebab terjadinya sebuah masalah, kemudian diikuti dengan akibat yang muncul dari peristiwa tersebut. Dalam teks soal, pernyataan sebab akibat yang sesuai dengan isinya adalah (A) Pasokan gula yang sedikit di pasar tradisional mengakibatkan harga gula melambung tinggi. Kalimat tersebut merupakan kalimat kedua, yang menjelaskan bahwa harga gula melambung tinggi akibat sedikitnya pasokan gula yang tersedia di pasar tradisional. Kemudian, dalam kalimat berikutnya dijelaskan mengenai langkah yang diambil pemerintah akibat terjadinya hal tersebut, yakni dengan melakukan impor gula dari negara tetangga. Hal ini dilakukan sebagai upaya demi memenuhi kebutuhan pasar. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Paragraf sebab akibat merupakan paragraf yang di dalamnya menjelaskan tentang sebab-sebab terjadinya sebuah masalah, kemudian diikuti dengan akibat yang muncul dari peristiwa tersebut. Dalam teks soal, pernyataan sebab akibat yang sesuai dengan isinya adalah (A) Pasokan gula yang sedikit di pasar tradisional mengakibatkan harga gula melambung tinggi. Kalimat tersebut merupakan kalimat kedua, yang menjelaskan bahwa harga gula melambung tinggi akibat sedikitnya pasokan gula yang tersedia di pasar tradisional. Kemudian, dalam kalimat berikutnya dijelaskan mengenai langkah yang diambil pemerintah akibat terjadinya hal tersebut, yakni dengan melakukan impor gula dari negara tetangga. Hal ini dilakukan sebagai upaya demi memenuhi kebutuhan pasar. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

27

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Teks eksplanasi dapat dikembangkan menggunakan pola...

29

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia