Roboguru

Gubernur jenderal yang dianggap sebagai peletak dasar kebijakan dan penjajahan oleh VOC (Belanda) di Indonesia adalah...

Pertanyaan

Gubernur jenderal yang dianggap sebagai peletak dasar kebijakan dan penjajahan oleh VOC (Belanda) di Indonesia adalah...

  1. J.P. Coen

  2. H.W. Daendels 

  3. Pieter Both

  4. Johannes van den Bosch

  5. Gerard Reynst

Pembahasan Soal:

Jan Pieterszoon Coen adalah Gubernur Jenderal Hindia Belanda peletak dasar fondasi koloni. Fondasi utama yang dibentuk JP Coen adalah menjadikan Batavia, sekarang Jakarta sebagai pusat pemerintahan Kompeni (VOC) Belanda yang beroperasi di Asia. Dengan sistem pemerintahan yang sepenuhnya baru di zamannya. Sistem yang dibangun dengan di atas puing rasionalitas, jauh dari struktur feodal kerajaan yang ada di nusantara. Coen memerintah selama dua periode, pada 1619-1623 dan 1627-1629.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari pembentukan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) adalah...

Pembahasan Soal:

Persaingan antarpedagang Belanda ataupun dengan pedagang asing lainnya, seperti Portugal dan Inggris, dalam perniagaan rempah-rempah tentu saja sangat tidak menguntungkan Belanda. Persaingan tersebut mengakibatkan merosotnya keuntungan perusahaan-perusahaan pelayaran niaga Belanda. Untuk mengatasi persaingan yang tidak sehat, dibentuklah suatu wadah yang merupakan perserikatan dari berbagai perusahaan niaga yang tersebar di enam kota di Belanda. Pada 20 Maret 1602, perserikatan tersebut resmi dibentuk dengan nama Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Adapun tujuan dibentuknya VOC adalah sebagai berikut.

  1. Menghindari terjadinya persaingan tidak sehat di antara pedagang-pedagang (kongsi-kongsi dagang) Belanda.
  2. Memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dengan serikat dagang Eropa lainnya, seperti East India Company dari Inggris.
  3. Memonopoli perdagangan rempah-rempah di Nusantara.
  4. Membantu pemerintah Belanda yang sedang berjuang melawan pendudukan Spanyol.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

Roboguru

Faktor-faktor yang mendorong didirikannya VOC adalah ...

Pembahasan Soal:

VOC atau Vereenidge Oostindische Compagnie yang berarti Persekutuan Perusahaan Hindia Timur. Kongsi dagang asal Belanda ini didirikan untuk memonopoli aktivitas perdagangan di Asia dan menyatukan perdagangan rempah-rempah dari wilayah timur. Penggagas berdirinya VOC adalah anggota parlemen bernama Johan Van Oldebanevelt. Van Oldebadenevel mengajukan usulan agar para pedagang Belanda bersatu untuk membentuk sebuah serikat dagang. Maka pada tanggal 20 Maret 1602, atas prakarsa Pangeran Maurits dan Oldebanevelt, didirikanlah kongsi dagang pertama di Belanda yang disebut Verenigde Oost-Indische Compagnie disingkat VOC atau Perkumpulan Dagang India Timur. Salah satu faktor kuat yang melatarbelakangi pendirian VOC adalah untuk menghindari persaingan antarpedagang Belanda dan pedagang lain yang sudah tidak sehat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Peran penting Prints Maurits dalam aktivitas perdagangan di dunia Timur adalah ....

Pembahasan Soal:

Prins Maurits merupakan wali negara Belanda dalam Staaten General (parlemen). Prins Maurits adalah tokoh yang mencetuskan pembentukan VOC (Vereenigde Oost Indische-Compagnie). Menurutnya, perlu adanya kerja sama antar kongsi dagang untuk membentuk perusahaan dagang yang lebih besar.

Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud VOC ...

Pembahasan Soal:

Sejarah berdirinya VOC dimulai pada 1598 ketika Parlemen Belanda mengusulkan pembentukan sebuah kongsi dagang yang memiliki tujuan awal untuk melindungi perdagangan Belanda di kawasan Samudra Hindia dan membantu kerajaan berperang melawan persekutuan Portugis dan Spanyol. Lalu, pada tahun 1602 terbentuklah Perserikatan Maskapai Hindia Timur atau lebih dikenal dengan nama VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie). Markas VOC berada di Amsterdam dan dikepalai oleh Heeren Zeventien (Dewan Tujuh Belas).

Dengan demikian, maka VOC merupakan kongsi dagang milik Belanda yang tujuan untuk memonopoli perdagangan di kawasan Hindia Timur. 

Roboguru

Dalam kajian sejarah Indonesia, kekuasaan VOC dianggap cukup penting karena ....

Pembahasan Soal:

Pada kajian sejarah Indonesia, kekuasaan VOC dianggap sebuah masa penting karena masa ini dianggap menjadi akar kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. Walaupun kedudukannya hanya sebagai kongsi dagang, namun kekuasaannya cukup besar seperti sebuah negara.  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved