Roboguru

Grafik berikut ini menunjukkan pengaruh .... terhadap aktivitas suatu enzim.

Pertanyaan

Grafik berikut ini menunjukkan pengaruh .... terhadap aktivitas suatu enzim.

space 

  1. konsentrasi substratspace 

  2. pHspace 

  3. suhuspace 

  4. ion logamspace 

  5. waktu reaksispace 

Pembahasan Soal:

Grafik di atas menunjukkan pengaruh konsentrasi substrat terhadap laju aktivitas suatu enzim. Semakin tinggi konsentrasi substrat, maka semakin cepat laju reaksi yang terjadi hingga mencapai kecepatan maksimum. Setelah mencapai kecepatan maksimum, penambahan substrat tidak akan mempercepat laju reaksi sehingga laju reaksi menjadi konstan.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fakhirah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan grafik berikut! Berdasarkan grafik tersebut, jelaskan pengaruh konsentrasi substrat terhadap kerja enzim jika jumlah enzim tetap!

Pembahasan Soal:

Semakin banyak substrat maka kecepatan reaksi juga semakin meningkat. Namun kecepatan reaksi juga memiliki titik maksimal (titik jenuh). Titik jenuh ini terbentuk jika sudah terbentuk kompleks enzim-substrat yang optimal. Sehingga kecepatan reaksinya akan tetap sama dan tidak akan meningkat lagi.undefined 

0

Roboguru

Pernyataan yang tepat tentang pengaruh konsekuensi substrat terhadap kecepatan reaksi enzim adalah...

Pembahasan Soal:

Penambahan konsentrasi substrat pada awalnya akan meningkatkan laju reaksi. Akan tetapi, ketika semua sisi aktif enzim bekerja, laju reaksi akan mencapai titik jenuh dan tidak bertambah lagi. Setelah mencapai titik jenuh, penambahan konsentrasi substrat tidak berpengaruh terhadap kecepatan laju reaksi.

0

Roboguru

Makin jauh di atas suhu optimum, enzim akan mengalami kerusakan (denaturasi). Mengapa demikian? Adakah hubungannya dengan sifat-sifat protein?

Pembahasan Soal:

Suhu sangat berpengaruh terhadap aktivitas enzim. Aktivitas enzim akan meningkat seiring dengan meningkatnya suhu hingga mencapai suhu optimum. Suhu optimum adalah suhu di mana enzim dapat bekerja secara maksimal. Di bawah dan di atas suhu optimum, aktivitas enzim berkurang. Makin jauh di atas suhu optimum, enzim akan mengalami kerusakan atau denaturasi. Enzim memiliki sifat seperti protein lainnya, yaitu menggumpal jika dipanaskan. Suhu yang panas akan mengubah struktur dan bentuk sisi aktif enzim (denaturasi). Denaturasi merupakan bentuk transformasi struktur protein yang berlipat menjadi terbuka. Perubahan bentuk protein akan memengaruhi sifat protein tersebut. Pada denaturasi, protein mengalami kerusakan mulai dari struktur tersier sampai struktur primernya.  

0

Roboguru

Tuliskan fungsi enzim dan hal-hal yang memengaruhi kerja enzim!

Pembahasan Soal:

Enzim atau disebut juga biokatalisator merupakan suatu senyawa protein yang memiliki kemampuan mengatalis. Suatu katalisator (seperti enzim), berfungsi meningkatkan kecepatan laju reaksi kimia, tetapi ia tidak ikut bereaksi. Dalam melakukan perannya sebagai biokatalisator, enzim dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang memengaruhi kerja enzim, antara lain suhu, pH, jumlah enzim, konsentrasi substrat, dan adanya zat penghambat (inhibitor).space space 

0

Roboguru

Sifat enzim berikut yang salah adalah....

Pembahasan Soal:

Enzim merupakan suatu Biokatalisator yaitu senyawa yang mampu mempercepat reaksi kimia pada suatu makhluk hidup dengan cara menurunkan energi aktivasi pada suatu reaksi kimia, tanpa ikut bereaksi. Enzim memiliki beberapa karakteristik, diantaranya:

  1. Enzim tersusun atas protein
    Umumnya enzim tersusun atas protein (apoenzim), namun juga terdapat enzim yang tersusun atas komponen protein dan non protein (gugus prostetik).
  2. Bekerja pada substrat yang spesifik
    Suatu jenis enzim hanya dapat bekerja pada satu jenis substrat dan tidak bisa bereaksi untuk substrat yang lain.
  3. Dapat bekerja bolak-balik
    Kemampuan dasar enzim adalah berikatan dengan substrat tertentu untuk menghasilkan produk, namun enzim juga dapat bekerja sebaliknya dengan cara berikatan dengan produk untuk membentuk kembali substrat.
  4. Bekerja dipengaruhi oleh pH tertentu
    Setiap jenis enzim dapat bekerja pada pH tertentu yang dapat berbeda (pH optimum). Ada enzim yang hanya dapat bekerja pada pH asam, ada yang bekerja pada pH netral, dan ada yang bekerja pada pH basa.
  5. Bekerja dipengaruhi oleh suhu tertentu.
    Enzim yang tersusun oleh protein sangat dipengaruhi oleh suhu untuk bekerja. Umumnya enzim akan bekerja lebih optimal mengikuti kaidah hukum Q10 = 2X, dimana apabila suhu naik 10 to the power of ring operator C aktivitas enzim naik dua kali lipat. Namun pada suhu yang terlalu tinggi, enzim dapat mengalami Denaturasi, dimana gugus proteinnya akan mengalami perubahan struktur sehingga enzim tidak dapat bekerja. Namun pada suhu yang terlalu rendah, enzim juga menjadi tidak aktif.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved