Iklan

Iklan

Pertanyaan

Golongkanlah larutan di bawah ini apakah termasuk asam lemah atau basa lemah dan berikan alasan kenapa tergolong asam lemah atau basa lemah! a. HCN b. CH 3 COOH c. NH 4 OH d. HF e. Mg(OH) 2

Golongkanlah larutan di bawah ini apakah termasuk asam lemah atau basa lemah dan berikan alasan kenapa tergolong asam lemah atau basa lemah!space 

a.  HCN
b.  CH3COOH
c.  NH4OH
d.  HF
e.  Mg(OH)2

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

senyawa merupakan senyawa asam lemah, sedangkan senyawa adalah basa lemah dan adalah basa kuat .

senyawa H C N comma space C H subscript 3 C O O H space dan space H F space merupakan senyawa asam lemah, sedangkan senyawa N H subscript 4 O H adalah basa lemah dan Mg open parentheses O H close parentheses subscript 2 adalah basa kuat.

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan teori asam-basa Arrhenius, senyawa asam dan basa didefinisikan sebagai: Asam adalah suatu senyawa yang jika dilarutkan ke dalam air akan memberikan ion hidronium. Basaadalah senyawa yang jika dilarutkan ke dalam air akan memberikan ion hidroksida. a. HCN HCN merupakan senyawa asam lemah, karena mampu terionisasi sebagian membentuk ion hidrogen. Berikut adalah reaksi ionisasinya: b. merupakan senyawa asam lemah, karena mampu terionisasi sebagian membentuk ion hidrogen. Berikut adalah reaksi ionisasinya: c. merupakan senyawa basalemah, karena mampu terionisasi sebagian membentuk ion hidroksida. Berikut adalah reaksi ionisasinya: d. HF HFmerupakan senyawa asam lemah, karena mampu terionisasi sebagian membentuk ion hidrogen. Berikut adalah reaksi ionisasinya: e. merupakan senyawa basakuat, bukan basa lemah. Basa lemah akan membentuk suatu kesetimbangan, sedangkan tidak membentuk kesetimbangan karena terionisasi sempurna. Jadi, senyawa merupakan senyawa asam lemah, sedangkan senyawa adalah basa lemah dan adalah basa kuat .

Berdasarkan teori asam-basa Arrhenius, senyawa asam dan basa didefinisikan sebagai:

  • Asam adalah suatu senyawa yang jika dilarutkan ke dalam air akan memberikan ion hidronium.
  • Basa adalah senyawa yang jika dilarutkan ke dalam air akan memberikan ion hidroksida.

a. HCN

    HCN merupakan senyawa asam lemah, karena mampu terionisasi sebagian membentuk ion hidrogen. Berikut adalah reaksi ionisasinya:

H C N equilibrium H to the power of plus sign and C N to the power of minus sign  


b. C H subscript 3 C O O H 

    C H subscript 3 C O O H merupakan senyawa asam lemah, karena mampu terionisasi sebagian membentuk ion hidrogen. Berikut adalah reaksi ionisasinya:

C H subscript 3 C O O H equilibrium C H subscript 3 C O O to the power of minus sign and H to the power of plus sign  


c. N H subscript 4 O H 

   N H subscript 4 O H merupakan senyawa basa lemah, karena mampu terionisasi sebagian membentuk ion hidroksida. Berikut adalah reaksi ionisasinya:

N H subscript 4 O H equilibrium N H subscript 4 to the power of plus plus O H to the power of minus sign  


d. HF

    HF merupakan senyawa asam lemah, karena mampu terionisasi sebagian membentuk ion hidrogen. Berikut adalah reaksi ionisasinya:

H F equilibrium H to the power of plus sign and F to the power of minus sign  


e. Mg open parentheses O H close parentheses subscript 2 

    Mg open parentheses O H close parentheses subscript 2 merupakan senyawa basa kuat, bukan basa lemah. Basa lemah akan membentuk suatu kesetimbangan, sedangkan Mg open parentheses O H close parentheses subscript 2 tidak membentuk kesetimbangan karena terionisasi sempurna.

Mg open parentheses O H close parentheses subscript 2 yields Mg to the power of 2 plus sign and 2 O H to the power of minus sign 


Jadi, senyawa H C N comma space C H subscript 3 C O O H space dan space H F space merupakan senyawa asam lemah, sedangkan senyawa N H subscript 4 O H adalah basa lemah dan Mg open parentheses O H close parentheses subscript 2 adalah basa kuat.

Latihan Bab

Konsep pH dan pOH

Kekuatan dan pH Asam Kuat dan Asam Lemah

Kekuatan dan pH Basa Kuat dan Basa Lemah

Indikator Asam-Basa

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan diagram beberapa larutan berikut! Berdasarkan diagram tersebut, larutan asam lemah dan basa kuat secara berurutan ditunjukkan oleh angka...

198

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia