Roboguru

Golongan enzim yang bertugas memindahkan gugus tertentu disebut ....

Pertanyaan

Golongan enzim yang bertugas memindahkan gugus tertentu disebut ....space space 

  1. oksidoreduktasespace space 

  2. isomerasespace space 

  3. transferasespace space 

  4. liase space space 

  5. ligasespace space 

Pembahasan Soal:

Enzim adalah substansi yang dihasilkan oleh sel-sel hidup dan berperan sebagai katalisator pada reaksi kimia yang berlangsung dalam mikroorganisme. Katalisator adalah substansi yang mempercepat reaksi tetapi pada akhir reaksi, substansi tersebut tidak berubah. Enzim transferase adalah enzim-enzim yang mengkatalisis pemindahan suatu gugus, G (lain dari hidrogen), antara sepasang substrat S dan S.space space 

Jadi, jawaban yang benar adalah Cspace spacespace space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. El

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan grafik hubungan antara aktivasi sel dengan enzim berikut! Kesimpulan yang tepat tentang katalisator berdasarkan grafik tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Enzim merupakan biokatalisator atau katalis organik yang dihasilkan oleh sel. Enzim bekerja secara spesifik terhadap substrat tertentu, sehingga terdapat banyak macam enzim yang bekerja dalam mempercepat laju reaksi di dalam proses metabolisme tubuh kita. Grafik tersebut merupakan grafik pengaruh enzim terhadap energi aktivasi. Enzim menurunkan pembatas energi aktivasi reaksi kimia, tanpa mengubah keadaan awal atau letak akhir keseimbangan sehingga reaksi kimia dapat berlangsung cepat.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.space

0

Roboguru

Enzim dikatakan sebagai biokatalisator karena ….

Pembahasan Soal:

Enzim dikatakan sebagai biokatalisator karena dapat mempercepat reaksi kimia namun tidak ikut bereaksi. Enzim membantu substrat untuk bereaksi lebih cepat, akan tetapi enzim tidak ikut bereaksi dalam reaksi kimia tersebut. Oleh karena itu, setelah melakukan reaksi dan terbentuk produk, enzim tersebut akan melakukan reaksi yang sama lainnya hingga semua subtrat terpecah menjadi produk.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined  

0

Roboguru

Perhatikan grafik berikut! Berdasarkan gambar di atas jelaskan ciri-ciri enzim!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan grafik pada soal dapat diketahui bahwa suatu reaksi dapat berjalan lebih cepat ketika melibatkan enzim. Ciri-ciri enzim berdasarkan grafik tersebut yaitu enzim bersifat sebagai biokatalisator pada suatu reaksi. Biokatalisator merupakan suatu zat yang mempercepat reaksi biologis dengan cara menurunkan energi aktivasinya, namun zat tersebut tidak ikut bereaksi. Energi aktivasi merupakan jumlah energi yang harus dimasukkan agar reaksi dapat dimulai. Enzim bekerja dengan mengikat molekul reaktan dan menahannya sedemikian rupa sehingga proses pemutusan ikatan kimia dan pembentukan ikatan berlangsung lebih mudah.

0

Roboguru

Enzim merupakan mempercepat reaksi metabolisme. Pada reaksi tersebut enzim tidak ikut bereaksi sehingga disebut ....

Pembahasan Soal:

Enzim memiliki sifat struktural dan fungsional. Sifat fungsional enzim adalah enzim dapat berperan sebagai biokatalisator. Hal tersebut berarti enzim dapat mempercepat suatu reaksi metabolisme dalam makhluk hidup dengan menurunkan energi aktivasi, namun enzim tidak ikut bereaksi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space  

0

Roboguru

Dalam tubuh manusia, terdapat berbagai macam enzim yang membantu proses pencernaan. Menurut pendapat anda, apa yang akan terjadi jika manusia kekurangan salah satu enzim?

Pembahasan Soal:

Enzim berperan penting dalam proses metabolisme. Enzim adalah senyawa protein di dalam sel yang memiliki peran sebagai biokatalisator.  Enzim meningkatkan laju reaksi metabolisme tetapi tidak ikut bereaksi. Ada berbagai jenis enzim untuk fungsi yang berbeda contohnya enzim yang membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh. Kekurangan produksi suatu enzim dapat menyebabkan gangguan metabolisme yang berujung pada penyakit-penyakit serius. Misalnya kekurangan enzim protease yang berfungsi untuk mengubah protein menjadi asam amino, jika kekurangan enzim protease maka protein dalam tubuh tidak dapat dicerna dan akan menggangu pertumbuhan manusia. Jika kekurangan enzim amilase, tubuh akan kekurangan glukosa. Glukosa dibutuhkan untuk membentuk ATP atau energi. Jika kekurangan glukosa akan mengakibatkan badan lemas, pusing dan kelaparan.

Jadi, jika manusia kekurangan salah satu enzim maka metabolisme dalam tubuh akan terganggu.undefined 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved