Roboguru

GMS (Geostationary Meteorological Satellite):   GMS, juga dinamai Himawari (“bunga matahari” dalam bahasa Jepang) adalah rangkaian satelit cuaca milik Jepang. Satelit ini terdiri dari 9 satelit yang diluncurkan sejak 1977. Satelit ini dihunakan dalam ramalan cuaca, pelacakan siklon tropis, dan penelitian meteorologi. Sebagian besar badan meteorologi di Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru menggunakan satelit ini untuk membantu pemantauan dan perkiraan cuaca mereka sendiri.

Pertanyaan

GMS (Geostationary Meteorological Satellite):  

GMS, juga dinamai Himawari (“bunga matahari” dalam bahasa Jepang) adalah rangkaian satelit cuaca milik Jepang. Satelit ini terdiri dari 9 satelit yang diluncurkan sejak 1977.

Satelit ini dihunakan dalam ramalan cuaca, pelacakan siklon tropis, dan penelitian meteorologi. Sebagian besar badan meteorologi di Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru menggunakan satelit ini untuk membantu pemantauan dan perkiraan cuaca mereka sendiri.

  1. Landsat - TM

  2. SPOT

  3. MOS-1

  4. Palapa

  5. NOAA

Pembahasan Soal:

GMS (Geostationary Meteorological Satellite) GMS, juga dinamai Himawari (“bunga matahari” dalam bahasa Jepang) adalah rangkaian satelit cuaca milik Jepang. Satelit ini terdiri dari 9 satelit yang diluncurkan sejak 1977. Satelit ini dihunakan dalam ramalan cuaca, pelacakan siklon tropis, dan penelitian meteorologi. Sebagian besar badan meteorologi di Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru menggunakan satelit ini untuk membantu pemantauan dan perkiraan cuaca mereka sendiri.

Jadi, tidak ada jawaban yang tepat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Julaika

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Benda langit yang mengelilingi sebuah planet disebut?

Pembahasan Soal:

Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain atau planet dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alami dan satelit buatan.space 

Roboguru

Salah satu ciri satelit alami bumi adalah ...

Pembahasan Soal:

Satelit alami adalah benda-benda luar angkasa bukan buatan manusia yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya. Ciri dari satelit alami yaitu berbentuk bulat dan mengitari planet, dan mengorbit sebuah benda planet atau benda yang lebih besar dari pada dirinya. Satelit alami dari Bumi yaitu Bulan yang mengobit bumi dan bersama bumi mengelilingi matahari.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Satelit pertama yang mengorbit bumi guna keperluan mengobservasi bumi diluncurkan tahun 1972 oleh USA, yaitu Satelit . . . .

Pembahasan Soal:

citra satelit Landsat dimulai pada tahun 1972 dengan meluncurkan satelit generasi pertama yaitu Landsat 1 diluncurkan 23 Juli 1972, Landsat 2 diluncurkan pada tanggal 22 Januari 1975, dan Landsat 3 pada tanggal 5 Maret 1978 tetapi landsat tersebut berakhir pada tanggal 22 Januari 1981.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Jelaskan perbedan antara: planet- satelit - komet - meteor, dan gambarkan lintasan peredarannya!

Pembahasan Soal:

Berikut ini merupakan perbedaan planet, satelit, komet dan meteor ditinjau dari karakteristiknya.

  1. Planet adalah benda angkasa yang tidak memancarkan cahaya sendiri dan beredar mengelilingi matahari. Karakteristik yang perlu diketahui tentang planet yaitu:
    - Planet tidak memiliki cahaya sendiri
    - Planet tidak berkelap-kelip
    - Planet terlihat seperti piringan atau cakram
    - Lintasan planet berupa bidang elips
    - Planet mengelilingi matahari dengan arah yang sama
    - Planet pada umumnya memiliki satelit
  2. Satelit diartikan sebagai pengikut. Satelit didefinisikan sebagai benda yang mengorbit benda lain (planet) dengan periode revolusi dan rotasi tertentu.
  3. Komet adalah benda langit yang diliputi oleh kabut tipis panjang dan menyerupai ekor. Komet sering disebut Bintang Berekor atau Lintang Kemukus. Komet terdiri atas inti, koma dan ekor. Komet beredar mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk parabola atau hiperbola.
  4. Meteor, meteorid merupakan fragmen atau potongan materi yang mengorbit mengitari matahari. Meteorid berasal dari serpihan asteroid. Meteorid yang memasuki atmosfer dan memancarkan cahaya akibat bergesekan dengan molekul cahaya disebut sebagai meteor. Meteorid melayang di angkasa akibat gaya tarik benda angkasa lain.

Berikut ini merupakan peredaran planet, komet, satelit dan meteorid.

space 

Roboguru

Satelit Pengintai milik Rusia adalah Satelit . . . .

Pembahasan Soal:

Cosmos adalah sebutan yang diberikan untuk sejumlah satelit  yang dioperasikan oleh Uni Soviet. Cosmos mencakup uji coba pesawat ruang angkasa dan satelit tanpa awak untuk penelitian ilmiah dan keperluan militer. Per Januari 2014, 2490 satelit Kosmos telah diluncurkan. Pesawat luar angkasa tidak membentuk satu program, tetapi terdiri dari hampir semua satelit militer Soviet dan Rusia, serta sejumlah satelit ilmiah, dan pesawat ruang angkasa yang gagal selama atau segera setelah peluncuran, tetapi masih mencapai orbit. Pesawat luar angkasa termasuk satelit pengintai optik satelit komunikasi, pesawat antariksa pertahanan rudal peringatan dini, satelit pengintai radar bertenaga nuklir, senjata anti-satelit dan targetnya, satelit navigasi dan demonstran teknologi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved